10+ Contoh Mind Mapping Simple dan Unik, Pilih yang Mana?

Pengertian dari mind mapping yaitu salah satu dari media pembelajaran yang dinilai cukup efektif dan dapat membantu Anda untuk menghafalkan ataupun memahami dari sebuah materi.

Dengan bantuan mind mapping, kesulitan-kesulitan yang dihadapi akan dapat diuraikan sebaik mungkin. Hal tersebut disebabkan karena mind mapping menjelaskan poin-poin yang terdapat di dalam materi tersebut dengan singkat tetapi isinya tetaplah lengkap.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu untuk memahami bahwasanya sebenarnya mind mapping tidaklah selalu berisikan mengenai materi maupun teori pelajaran saja.

Tetapi media ini dapat digunakan juga untuk menjelaskan suatu ide, laporan kerja, dan rancangan dari suatu proyek maupun yang lainnya. Singkatnya, mind mapping yaitu media yang dapat dikatakan multi fungsi.

Contoh Mind Mapping dan Penjelasannya

Mind mapping dapat digambarkan semenarik mungkin agar enak untuk dibaca. Menggambarkan suatu mind mapping juga memerlukan kreativitas, yang mana dengan menggabungkan warna dan juga gambar yang unik dapat membuat orang lebih tertarik untuk membacanya.

Dibawah ini akan menerangkan beberapa contoh mind mapping seperti contoh mind mapping tujuan hidup, diri sendiri, pendidikan, liburan dan juga bisnis.

1. Contoh Mind Mapping Tujuan Hidup

tujuan hidup

Diatas merupakan contoh dari mind mapping tujuan hidup, dimana kita dapat melihat dari tujuan si pembuat mind mapping tersebut ia memiliki tujuan hidup dalam beberapa hal seperti pekerjaan, kepribadian, menikmati segala hal, dan lain sebagainya.

Anda dapat membuat mind mapping tujuan hidup Anda sendiri seperti diatas. Tetapi Anda dapat mengganti isinya sesuai dengan tujuan hidup Anda sendiri. Dengan melihat mind mapping tujuan hidup Anda tersebut Anda dapat semangat dalam meraih mimpi Anda di kehidupan ini.

Karena segala hal yang Anda impikan telah terkonsep pada gambar mind mapping yang telah Anda buat sendiri. Dengan begitu, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mencapai tujuan hidup Anda sendiri.

2. Contoh Mind Mapping Diri Sendiri

Contoh Mind Mapping Diri Sendiri

Permasalahan pada setiap orang yaitu dia tidak dapat menjelaskan tentang dirinya dengan baik. Sedangkan di dalam kehidupan ini, menjelaskan diri sendiri juga termasuk hal yang sangat penting.

Contohnya yaitu ketika Anda ingin melamar kerja, maka suatu perusahaan tersebut akan meminta Anda untuk menjelaskan tentang diri Anda.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk bisa mengetahui sifat diri dan kondisi diri kita sendiri. Pastinya untuk mengenali diri sendiri tidaklah hanya untuk keperluan dalam hanya mencari kerja, tetapi juga bisa untuk bisa meningkatkan suatu taraf hidup.

Seperti berguna untuk mencari informasi dan mengenalkan hal di dalam diri sendiri, contoh caranya yaitu bisa dengan menggunakan mind mapping.

Terdapat beberapa contoh dari mind mapping yang membahas mengenai penjelasan dari konsep diri. Dan menggunakan mind mapping, Anda dapat menjelaskan bermacam-macam sifat yang terdapat dalam diri Anda.

Tidak hanya itu, apabila Anda menggunakan mind mapping, Anda juga dapat menjelaskan secara baik siapa diri Anda yang sebenarnya dan juga apa yang bisa menjadi daya tarik untuk orang lain.

3. Contoh Mind Mapping Pendidikan

Contoh Mind Mapping Pendidikan

Di dalam pendidikan, mempunyai suatu target dalam belajar juga dianggap menjadi suatu hal yang penting. Terdapatnya suatu target di dalam pencapian pembelajaran itu, maka semangat dalam belajar juga akan semakin terbangun. Kondisi tersebut tentunya pasti sangat penting bagi Anda yang masih berkaitan di dalam dunia pendidikan.

Terget ini pun dapat menjadi suatu pengingat mengenai apa yang sebenarnya telah Anda pahami didalam suatu kondisi tertentu.

Maka dari itu, untuk mempermudah dan juga untuk memacu dri Anda di dalam meraih suatu target yang sukses di dalam belajar tersebut, Anda dapat membuat suatu gambaran mind mapping dalam hal sukses belajar. Hal ini merupakan contoh dari mind mapping yang wajib Anda ketahui.

Dan dengan menggunakan mind mapping tersebut, Anda dapat menuliskan apa yang mau Anda pelajari. Dan buatlah cabang-cabang dan kemudian tuliskan materi tersebut untuk Anda pelajari, dan juga tuliskan suatu targer yang mau Anda raih.

4. Contoh Mind Mapping Liburan

Contoh Mind Mapping Liburan

Biasanya setiap orang yang ingin pergi berlibur pasti memiliki rencana sebelum pergi ke tempat berlibur tersebut. Dan biasanya juga mereka telah merancangkan apa-apa saja yang akan dibawa pada saat berlibur nantinya.

Tidak sedikit juga orang-orang yang tidak terlalu mempedulikan barang apa saja yang akan dia bawa, sehingga ia tidak perlu untuk mencatat apa saja yang akan dibawanya.

Tetapi biasanya dengan kebiasaan seperti akan membuat seseorang tersebut menyesalkan suatu hal seperti kelupaan dalam membawa sesuatu barang, maka dari itu kita tidak bisa hanya mengingat dengan kepala kita ketika ingin berkemas untuk melakukan liburan.

Kita harus mencatat berbagai macam barang yang akan kita bawa, dan memikirkannya secara matang, apakah barang tersebut sangat dibutuhkan atau tidak.

Nah, untuk itu kita perlu menggambarkan suatu mind mapping untuk liburan. Dimana di dalamnya terdapat beberapa hal seperti beberapa perlengkapan yang harus dibawa nantinya, aktivitas apa saja yang akan dilakukan disana, dan siapa-siapa sajakah yang akan dibawa untuk berlibur. Dengan begitu kegiatan liburan kita akan terorganisir secara baik.

5. Contoh Mind Mapping Bisnis

Contoh Mind Mapping Bisnis

Bisnis merupakan suatu hal yang dinilai sangat penting didalam kehidupan manusia. Karena dengan melakukan bisnis, kebutuhan manusia tersebut akan terpenuhi dan dapat menjadi suatu hal yang mudah untuk di penuhi juga.

Maka dari itu, pebisnis atau pengusaha pasti selalu mengkonsepkan bisnis yang mereka jalani terlebih dahulu. Dengan begitu, mind mapping dapat menjadi media dalam membuat konsep suatu bisnis.

Ketika menggunakan mind mapping juga bisa menjelaskan dari suatu konsep bisnis yang dapat di lakukan secara lebih baik, sederhana dan juga praktis.

Tidak hanya itu, mind mapping dapat digunakan membuat suatu kesimpulan mengenai laporan proyek. Karena dengan menggunakan mind mapping, laporan proyek tersebut cenderung lebih dapat dipahami.

Cara Membuat Mind Mapping

Untuk membuat suatu mind mapping yang menarik dan unik, maka Anda dapat membuatnya dengan cara-cara di bawah ini :

1. Tentukan Poin Terpenting pada Tiap Bab maupun Sub Bab

Sebelum membuat suatu mind map, maka Anda harus menentukan poin terpenting pada tiap bab maupun sub bab-nya. Bila perlu, Anda dapat mencatat poin-poin tersebut ke dalam sebuah kertas yang kecil.

2. Peralatan Haruslah Lengkap

Jangan sampai pada saat membuat sebuah mind map Anda terhambat hanya karena peralatan Anda tidak lengkap. Maka dari itu, Anda harus memastikan terlebih dahulu peralatan tersebut lengkap. Contohnya seperti kertas, spidor warna maupun pensil warna.

3. Anda Harus Menuliskan Tema Besar di Tengah Kertas

Tema besar pada sebuah mind map merupakan suatu hal yang menjadi pokok permasalahan dalam mind map tersebut.

Maka Anda dapat menuliskan tema besar tersebut di tengah-tengah kertas dan memadukannya dengan warna-warna yang menarik dan mencolok agar terlihat lebih menarik.

4. Buatlah Cabang di Tiap Judul

Umumnya, yang membuat mind map menjadi salah yaitu karena mind map tersebut tidak memiliki cukup ruang untuk menuliskan seluruh poin yang penting pada satu kertas.

Untuk mengatasinya, Anda dapat membuat cabang-cabang pada setiap judul. Hal tersebut juga berguna untuk memastikan terdapatnya ruang yang bisa untuk menuangkan ide ke dalam bentuk suatu mind mapping.

5. Buatlah Cabang dari Sub Judul di Tiap judul

Setelah Anda telah membuat beberapa cabang untuk di tiap judul, maka buatlah cabang-cabang di tiap judul untuk bisa menuliskan di sub judul..

6. Berikan Warna yang Berbeda Pada Setiap Judul

Untuk mempermudah Anda dalam mengingat mind map, maka Anda dapat memberikan warna yang berbeda pada setiap judul di mind map Anda.

7. Menggunakan Satu Kata Saja

Melabelkan suatu judul atau sub judul dalam suatu mind map, maka Anda dapat menggunakan satu kata saja.

Itulah contoh mind mapping berbagai topik yang simple dan unik. Contoh-contoh diatas bisa Anda jadikan referensi ketika ingin membuat mind mapping. Semoga bermanfaat!

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Reply

Send this to a friend