10+ Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign yang Baik dan Benar

Adakalanya beberapa hal pada saat kita sudah bekerja di suatu instansi maupun perusahaan membuat kita malah merasa tidak nyaman untuk bekerja lagi. Dan ketika kita sudah merasa tak nyaman lagi dengan keadaan maupun apapun yang terdapat dalam pekerjaan tersebut, maka hal pertama yang kita lakukan yaitu membuat suatu surat pengunduran diri.

Alasan dari memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan juga bermacam-macam, contohnya seperti sakit, stress dan fokus pada hal yang lebih di prioritaskan seperti keluarga dan usaha yang dibangun sendiri.

Maka dari itu, apabila Anda ingin memutuskan untuk keluar dari suatu pekerjaan, Anda harus memikirkannya dengan matang. Jangan sampai pilihan Anda tersebut membuat Anda menyesal.

Tidak hanya itu, sebelum Anda mengirimkan surat pengunduran diri ke perusahaan Anda bekerja, maka Anda harus memastikan terlebih dahulu proses pengunduran diri dari pekerjaan sudah benar dengan prosedur dari pengunduran diri karyawn yang berlaku di perusahaan tempat Anda bekerja.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Anda dapat mengikuti struktur dan format dari contoh surat pengunduran diri ini. Berikut beberapa contoh surat pengunduran diri yang dapat Anda jadikan pedoman dalam membuat surat pengunduran diri :

1. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

Diatas merupakan salah satu dari contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan. Anda dapat mengikuti format dan struktur dari contoh surat pengunduran diri diatas. Dan apabila ditelaah dengan seksama, pada contoh surat pengunduran diri diatas menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan juga sopan.

Hal tersebut sangat berguna, karena dengan bahasa Indonesia yang baku dan sopan akan membuat perusahaan tempat Anda bekerja merasa lebih dihargai dan ia pun dapat menerima keputusan yang telah Anda buat.

2. Contoh Surat Pengunduran Diri dari  Perusahaan

surat pengunduran diri perusahaan

Apabila Anda ingin mengundurkan diri dari suatu perusahaan, maka Anda harus membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Maka dari itu, Anda dapat mengikuti contoh surat pengunduran diri diatas.

Karena contoh surat pengunduran diri diatas cocok untuk semua surat pengunduran diri yang ditujukan untuk semua perusahaan.

Anda hanya cukup mengisi bagian yang rumpang pada contoh surat pengunduran diri diatas dengan data diri dan alasan Anda untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja.

3. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Surat pengunduran diri untuk organisasi juga memiliki format dan strukturnya tersendiri. Seperti pada contoh surat pengunduran diri diatas, Anda dapat melihat bahwasanya alasan dari ia memutuskan untuk berhenti dari organisasi tersebut memanglah pantas.

Dan agar lebih menunjukkan sisi kesopanan, alangkah baiknya Anda juga menyertakan rasa terimakasih Anda di dalam surat pengunduran diri. Selain itu, Anda juga harus menyampaikan hal tersebut dengan kalimat-kalimat yang baik agar terlihat sopan.

4. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah

contoh surat pengunduran diri sekolah

Pada surat pengunduran diri dari sekolah juga memiliki format dan struktur yang berbeda, karena di dalam surat tersebut Anda harus menyertakan data diri dengan lengkap beserta dengan nomor induk sekolah.

Dengan begitu nantinya pihak sekolah akan cepat untuk mencari data diri Anda dan menghapusnya apabila Anda sudah tidak bersekolah lagi di sekolah tersebut.

Dan pada surat pengunduran diri dari sekolah juga Anda harus mencantumkan tembusan surat, yaitu kepada wali kelas tempat Anda belajar di sekolah tersebut. Alasan yang disertakan juga haruslah masuk akal dan logis.

5. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

Memutuskan untuk mengundurkan diri pada suatu jabatan juga harus dilakukan dengan baik dan benar. Karena Anda harus mengikuti prosedur-prosedur yang berlaku pada instansi terkait untuk melakukan pencopotan jabatan diri Anda pada instansi tersebut.

Untuk itu dibutuhkan data diri yang lengkap beserta dengan pangkat dan nomor-nomor yang telah diberikan pada saat Anda menjabat posisi tersebut. Dan tidak lupa untuk menempelkan materai 6000 di kertas surat pengunduran diri Anda, agar surat tersebut dinyatakan asli. Anda bisa mengikuti format dan struktur surat pengunduran diri diatas ini.

6. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Osis

contoh surat pengunduran diri osis

Osis merupakan organisasi terbesar yang ada di sekolah SMP maupun SMA. Karena Osis merupakan perwakilan dari seluruh siswa/i yang ada di sekolah tersebut.

Untuk itu, apabila Anda ingin mundur dari suatu jabatan di  dalam Osis, Anda harus mengundurkan diri dengan baik. Anda harus membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Anda juga bisa mengikuti contoh surat pengunduran diri diatas ini.

7. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Kampus

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Kampus

Apabila Anda sudah tidak nyaman dengan kampus Anda maupun ada hal lain yang berkaitan dengan kampus, Anda dapat keluar dari hal tersebut dengan menggunakan surat pengunduran diri.

Seperti contoh pada contoh surat pengunduran diri diatas, surat pengunduran diri diatas menyatakan bahwa ia memutuskan untuk berhenti dari beasiswa yang ia buat.

Jika Anda mengalami hal yang serupa, Anda dapat menggunakan struktur diatas untuk membuat surat pengunduran diri Anda dari kampus.

8. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Kantor

surat pengunduran diri kantor

Diatas merupakan salah satu contoh dari surat pengunduran diri dari kantor, Anda dapat menggunakan format serta struktur diatas apabila Anda ingin mengundurkan diri dari kantor tempat Anda bekerja,

9. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Guru

Contoh Surat Resign dari Guru

Apabila Anda seorang guru dan ingin mengundurkan diri dari suatu sekolah, Anda dapat membuat surat pengunduran diri sesuai dengan contoh surat diatas. Karena surat  diatas sudah termasuk lengkap.

10. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Karyawan

Contoh Surat Resign dari Karyawan

Apabila Anda sudah memutuskan dengan matang perihal Anda ingin keluar dari pekerjaan Anda sebagai karyawan, Anda dapat mengikuti format dan struktur yang ada diatas. Pada surat pengunduran diri tersebut Anda harus mencantumkan data diri beserta dengan nomor karyawan Anda.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend