Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

10+ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Secara Umum, Sakit, PNS Dll

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja – Apakah Anda pernah secara tiba-tiba memiliki urusan mendadak yang membuat Anda harus tidak masuk kerja? Kejadian seperti ini sangat mungkin terjadi. Untuk itu, tentu Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat surat izin tidak masuk kerja yang baik. Berikut ini adalah beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang bisa Anda tirukan. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja (Umum)

Surat tidak masuk kerja pada umumnya memiliki format yang sama dengan surat-surat izin yang lainnya. Setiap perusahaan, tempat kerja, dan instansi-instansi memiliki aturan yang berbeda-beda soal pemberian izin tidak masuk kerja ini, namun surat izin tidak masuk kerja yang umum hampir sama di tiap tempatnya. Berikut adalah salah satu contoh dari surat izin tidak masuk kerja yang dikaji secara umum atau pada umumnya surat izin kerja dibuat.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja (Umum)

 

2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja (Sakit)

Kata “sakit” merupakan salah satu alasan yang umum dan juga manusiawi yang membuat seorang pekerja atau karyawan tidak bisa masuk pada hari kerja untuk bekerja.

Aturan untuk mengajukan izin tidak masuk kerja dari tiap perusahaan memang berbeda-beda, ada yang harus menyertakan dengan surat dokter ada juga yang tidak (dengan syarat dan ketentuan perusahaan), dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh dari surat izin tidak masuk kerja karena sakit.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja (Sakit)

3. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja (PNS)

Menjadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil pastinya memiliki aturan sendiri dalam hal izin tidak masuk kerja. Berbeda hal dengan perusahaan swasta, seperti yang kita tau bahwa izin tidak masuk kerja untuk seorang PNS yang bekerja di dinas pendidikan atau seperti kedinasan lainnya akan sedikit lebih rumit.

Namun, surat izin tidak masuk kerja yang harus ditulis seorang PNS saat ada halangan dan tidak bisa masuk kerja secara keseluruhan rata-rata hampir sama dengan surat izin tidak masuk kerja pada umumnya. Berikut adalah contoh format surat izin tidak masuk kerja untuk PNS.

4. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja (Urusan Keluarga)

Selain sakit, seorang pegawai, pekerja, ataupun pejabat pun juga pasti memiliki urusan keluarga masing-masing, seperti ada anggota keluarga yang menikah, melahirkan atau keperluan lain yang biasa menjadi alasan untuk tidak masuk bekerja.

Kalau Anda berencana atau memang tidak bisa masuk kerja karena ada urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Contoh surat izin tidak masuk kerja dibawah ini bisa Anda jadikan acuan untuk menulis surat izin tidak masuk kerja karena ada urusan keluarga.

5. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja (Dari RT/RW)

Dalam perusahaan yang memiliki atau berskala besar, terkadang surat izin tidak masuk kerja harus dibuat secara serius, salah satunya adalah dengan mencantumkan keterangan dari pihak RT ataupun RW tempat tinggal Anda.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang diwajibkan membuat surat izin tidak masuk kerja dengan keterangan dari RT atau RW setempat, maka berikut ini adalah contoh dari surat izin tidak masuk kerja dengan keterangan RT/RW setempat yang bisa Anda contoh.

6. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja (Karyawan Pabrik)

Karyawan pabrik, tentunya tidak dapat masuk kerja 1 hari saja sudah seakan membuat pusing pimpinan karena kapasitas produksi akan berkurang. Inilah penyebab mengapa cukup sulit bagi karyawan pabrik untuk mengajukan cuti atau libur kerja.

Apabila memang harus untuk cuti atau libur kerja (izin tidak masuk kerja). Maka berikut ini adalah contoh format yang bisa Anda gunakan untuk membuat surat izin tidak masuk kerja untuk karyawan pabrik yang bisa Anda contoh.

7. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja (Guru)

Seorang guru, baik PNS ataupun honorer, tidak dapat masuk bekerja berarti harus mempersiapkan beberapa tugas untuk murid selama ditinggal atau mempersiapkan guru pengganti sebagai ganti saat guru tersebut tidak dapat hadir atau mengajar dikelas di hari dia izin.

Selain itu, meskipun seorang guru surat izin tidak masuk kerja tetap harus ditulis atau dibuat dan diberikan kepada kepala sekolah selaku pemegang jabatan tertinggi di tempat kerja atau sekolah tersebut. Berikut contoh surat izin tidak masuk kerja untuk guru yang bisa Anda gunakan jika Anda adalah seorang guru yang akan izin tidak masuk kerja.

8. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja (Karyawan Swasta)

Karyawan swasta pada umumnya, surat izin tidak masuk kerja ini biasanya ditujukan kepada pihak HRD perusahaan, TL (Team Leader), atau PIC. Untuk mempermudah karyawan swasta dalam menuliskan surat izin tidak masuk kerja.

Berikut ini adalah salah satu contoh dari surat izin tidak masuk kerja bagi karyawan swasta yang paling umum dan biasa digunakan oleh karyawan swasta untuk mengajukan izinnya tidak dapat masuk kerja pada atasan saat ada berbagai macam keperluan lain diluar pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan dan terpaksa tidak dapat masuk kerja.

9. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja (Anak Sakit)

Sebagian besar karyawan dari suatu perusahaan ataupun instansi-instansi sudah berkeluarga, ada juga yang belum berkeluarga, namun bagi karyawan yang sudah berkeluarga terkadang akan terpaksa tidak dapat bekerja apabila anaknya sedang sakit.

Alasan tidak masuk kerja karena anak sakit ini merupakan alasan yang wajar dan biasanya dapat dimaklumi oleh para HRD atau atasan-atasan di suatu perusahaan. Apabila Anda masih bingung ataupun tidak tau bagaimana cara membuat surat izin tidak masuk kerja apabila anak sakit, maka Anda bisa mencontoh surat izin tidak masuk kerja karena alasan anak sakit seperti yang dicontohkan dibawah ini.

10. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja (Urusan Mendadak)

Terkadang setiap kita tidak akan tau apabila akan terjadi suatu urusan yang mendadak atau urusan accidental yang membuat pekerja ataupun karyawan tidak bisa masuk kantor atau kerja untuk melaksanakan tugasnya seperti biasanya.

Jika salah satu hal ini pernah Anda alami atau sedang Anda alami, maka Anda harus menulis surat izin Anda dan dikirimkan ke HRD perusahaan Anda. Contoh surat izin tidak masuk kerja karena urusan mendadak dibawah ini bisa Anda jadikan acuan untuk membuat surat izin tidak masuk kerja Anda.

11. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja (PNS-Urusan Keluarga)

Selain karena sakit, yang namanya seorang PNS tentu saja dapat mengajukan cuti atau izin tidak dapat masuk bekerja karena urusan keluarga. Meski terdengar rumit, sebenarnya surat izin tidak masuk kerja bagi PNS yang ada urusan keluarga hampir sama dengan surat izin tidak masuk kerja yang biasa dibuat oleh orang-orang pada umumnya. Namun jika Anda(PNS) masih bingung dengan format surat izinnya makan contoh dibawah ini bisa Anda jadikan dasar atau contoh bagi Anda(PNS) yang ingin membuat surat izin karena ada urusan keluarga.

12. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja (Keluarga Meninggal)

Setiap manusia, ataupun setiap kita yang namanya kehilangan anggota keluarga pastinya tidak bisa kita prediksi kapan dan dimana terjadinya, sehingga seringkali Anda sempat kebingungan untuk harus membuat surat izin tidak masuk bekerja. Sebelum Anda meminta surat izin, pastikanlah bahwa perusahaan atau tempat Anda bekerja akan memberi izin.

Beberapa instansi ada yang tidak mengizinkan karyawan atau pegawainya untuk libur kerja apabila yang meninggal bukanlah dari keluarga inti. Berikut adalah referensi atau contoh yang bisa Anda contoh untuk membuat surat izin tidak dapat bekerja karena keluarga meninggal.

Leave a Reply

Send this to a friend