• Our Partners:

Contoh Seni Rupa Murni

10 Contoh Seni Rupa Murni Koreografi, Ukiran, Lukisan, Relief dan Lain-lain

Contoh Seni Rupa Murni – Apakah Anda pernah mendengar nama seni rupa murni? Ada dua jenis seni rupa yang perlu Anda ketahui. Jenis yang pertama adalah seni rupa murni dan yang kedua adalah seni rupa terapan. Dalam bahasan ini, Anda akan diajak mendalami tentang apa itu seni rupa murni dan apa saja contohnya yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

10 Contoh Seni Rupa Murni

Sebelum Anda diajak untuk memahami tentang contoh dari seni rupa murni, Anda tentunya harus tahu apa pengertian dari seni rupa murni.

Seni rupa murni adalah sebuah seni yang diciptakan hanya berfokus pada keindahan atau estetikanya saja. Seniman tidak akan memikirkan hal lain selain keindahan karyanya. Berikut ini adalah 10 contoh seni rupa murni yang harus Anda ketahui:

1. Koreografi

Contoh Seni Rupa Murni Koreografi

Apakah Anda tahu bahwa selama ini koreografi adalah sebuah contoh dari seni rupa murni? Koreografi adalah sebuah gerakan yang diciptakan untuk bisa dinikmati keindahannya.

Menari termasuk bagian dari seni rupa murni koreografi. Koreografi diciptakan atau diubah oleh seseorang yang bernama koreografer. Tujuan utama dari diciptakannya koreografi adalah untuk menghibur penonton dan menunjukkan keindahan dari gerakan tersebut.

2. Ukiran

Ukiran adalah contoh seni rupa murni kedua yang bisa Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Seni mengukir harus dilakukan oleh orang yang paham benar tentang seni. Biasanya, sebuah ukiran akan membentuk tema atau kisah tertentu. Misalnya, ada seniman yang mengukir matahari dengan tujuan menghormati dewa Indra, salah satu dewa di keyakinan agama Hindu.

Ukiran ini bisa ditemukan dimana saja, biasanya menggunakan media kayu dan sejenisnya. Selain dalam bentuk seni rupa murni yang hanya untuk hiasan, ada juga ukiran yang bisa dikelompokkan dalam jenis seni terapan. Misalnya saja gelas ukiran atau yang lainnya.

3. Kaligrafi

Kaligrafi adalah contoh seni rupa murni yang ketiga. Biasanya, kaligrafi memiliki ikatan khusus dengan agama Islam. Kaligrafi sendiri memiliki arti menulis sebuah kata atau kalimat pada media tertentu. Tulisan tersebut bisa dituangkan di berbagai macam media, mulai dari kertas hingga kayu. Kaligrafi pada umumnya ditulis dengan tulisan arab.

Meskipun membentuk kalimat tertentu, terkadang hanya ada beberapa orang yang bisa membacanya. Tentu hal ini dikarenakan seniman hanya berfokus pada keindahan atau estetikanya saja. Jenis tulisan seperti kaligrafi ini biasanya digunakan untuk menuliskan nama Tuhan atau nabi.

4. Relief

Contoh seni rupa murni yang berikutnya adalah relief. Pernahkah Anda pergi ke candi-candi dan melihat ada sesuatu terukir di batunya? Jika iya, maka itu adalah salah satu contoh dari relief.

Ada relief yang dibuat dalam media dua dimensi dan ada juga yang di media tiga dimensi. Relief yang dibentuk dalam media dua dimensi disebut juga dengan nama dwimatra. Sedangkan yang diukir dalam tiga dimensi disebut dengan trimatra. Dalam bangunan bersejarah, relief satu dengan relief yang lainnya akan memiliki kesinambungan. Misalnya saja di candi Borobudur, dimana semua relief menceritakan kisah tertentu.

5. Grafis

Tentu Anda sudah sering mendengar kata yang satu ini. Sama seperti lukisan, grafis adalah seni rupa murni yang berbentuk dua dimensi. Ada beberapa teknik yang digunakan untuk membuat grafis. Beberapa diantaranya adalah Etsa dan Monotype.

Untuk seni grafis sendiri, seniman bisa membuatnya secara manual atau konvensional dan bisa juga dibuat dengan teknologi yang sudah canggih. Biasanya, grafis akan dicetak dan dipajang untuk dinikmati keindahannya.

6. Patung

Contoh Seni Rupa Murni Patung

Jika biasanya seni rupa murni dikaitkan dengan benda dua dimensi, maka patung adalah contoh dari benda seni rupa murni yang tiga dimensi. Patung dibuat dengan alat-alat tertentu. Sama seperti seni rupa murni pada umumnya, patung juga diciptakan untuk dinikmati keindahannya.

Ada banyak sekali jenis bahan yang bisa digunakan untuk membuat patung, seperti logam atau tanah. Tentu Anda sudah pernah melihat cukup banyak patung di sekitar. Apabila tidak digunakan selain untuk hiasan, maka patung tersebut adalah jenis seni rupa murni tiga dimensi. Banyak orang rela mengeluarkan uang yang banyak untuk bisa mendapatkan patung indah.

7. Fotografi

Contoh Seni Rupa Murni Fotografi

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini. Fotografi adalah sebuah hasil dari kegiatan memotret. Orang yang melakukan pekerjaan profesional di bidang fotografi ini dinamakan fotografer. Alat yang digunakan dalam membuat fotografi adalah kamera.

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi tingkat keindahan sebuah foto, misalnya saja intensitas cahaya yang diterima. Banyak sekali orang yang sukses dalam melakukan bisnis di bidang fotografi. Tingkat keindahan sebuah foto tentu akan menentukan seberapa tinggi nilai foto tersebut.

8. Lukisan

Contoh Seni Rupa Murni Lukisan

Contoh seni rupa murni yang kedelapan adalah lukisan. Lukisan adalah sebuah gambar yang digoreskan di media dua dimensi. Ada beberapa jenis media yang bisa digunakan untuk melukis, beberapa contohnya adalah kain, kertas dan kanvas. Alat-alat yang digunakan untuk melukis juga sangat beragam. Mulai dari pensil hitam, pensil warna hingga cat.

Seniman yang membuat lukisan tidak akan memikirkan apa fungsi lain dari lukisan tersebut. Ia hanya akan berpikir apakah karyanya ini cukup estetik atau indah untuk dinikmati atau tidak. Ada banyak sekali aliran dalam lukisan, misalnya saja naturalisme dan surealisme.

9. Kerajinan Keramik

Contoh Seni Rupa Murni Keramik

Dari jenis kerajinan keramik ini, ada banyak sekali yang merupakan contoh seni rupa murni. Beberapa contoh dari seni rupa murni kerajinan keramik adalah guci. Sudah tidak jarang lagi Anda melihat ada guci yang dibanderol dengan harga selangit. Orang yang tertarik pada guci tersebut tidak akan menggunakannya selain untuk hiasan.

Selain guci, ada juga berbagai macam seni rupa murni dari bahan keramik, seperti gelas dan piring keramik. Jenis seni rupa yang satu ini sudah banyak digunakan sejak jaman dahulu. Maka dari itulah, ada beberapa museum yang memiliki koleksi guci atau piring antik.

10. Mozaik

Last but not least, contoh seni rupa murni yang terakhir adalah Mozaik. Mozaik merupakan sebuah bentuk atau gambar yang diciptakan dari pecahan benda lain. Beberapa seniman menggunakan batu yang berwarna-warni untuk membuat bentuk mozaik tertentu.

Bahkan di tingkatan SD atau SMP, ada tugas khusus untuk membuat mozaik dari beras berwarna-warni. Mozaik ini cukup digemari para pecinta seni untuk dipasang di ruang tamu maupun ruang belajar.

Jenis seni rupa murni yang satu ini sudah ada sejak jaman dahulu, tepatnya di zaman Romawi kuno. Mereka meninggalkan bukti dari bangunan-bangunannya yang kurang lebih memiliki kemiripan dengan mozaik.

Itu dia 10 contoh seni rupa murni yang perlu Anda ketahui. Benda-benda atau hasil ini bisa dengan mudah Anda temui di kehidupan sehari-hari. Kunci untuk mengetahuinya hanyalah dari fungsi. Apabila fungsinya hanya untuk estetika saja, maka ia termasuk dalam seni rupa murni. Sebaliknya, kalau ia memiliki fungsi selain sebagai estetika, maka ia termasuk dalam seni rupa terapan.

Leave a Reply

Send this to a friend