Pengertian Seni Rupa Beserta Fungsi, Unsur, Contoh, & Macam-Macam Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah suatu cabang kesenian yang menghasilkan sebuah karya seni dengan menggunakan suatu media yang hasilnya dapat dirasakan oleh indera manusia, khususnya dapat dirasakan oleh indera penglihatan dan indera peraba.

Pengertian seni rupa lainnya adalah sebuah cabang kesenian yang menghasilkan sebuah karya yang dapat dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat secara umum karena seni memiliki bentuk dan wujud nyata dan dapat dilihat.

Melalui karya seni, seseorang dapat meluapkan sebuah ekspresi, keindahan, kecintaan, dan berbagai hal yang dapat mereka tuangkan ke dalam sebuah media yang bisa dilihat secara langsung ataupun bisa di sentuh.

Contohnya seperti, sebuah hasil karya lukisan dari seorang pelukis yang menuangkan semua imajinasinya dan mengekspresikannya kedalam kanvas. Sehingga dapat menghasilkan sebuah lukisan indah yang bisa dilihat masyarakat dengan berbagai paduan corak warna yang indah. Mungkin karena sangat indahnya sebuah lukisan tersebut, orang – orang yang melihat bisa saja terhanyut kedalam suasana dari hasil karya tersebut. Tidak bisa dipungkiri jika seni rupa dapat menjadikan seseorang merasa terhibur hanya dengan melihatnya saja.

Dengan kata lain, fine art (seni rupa) bisa diartikan sebagai suatu karya seni yang fokus pada keindahan visual dan juga sentuhan. Karya seni dapat menjadi suatu hiburan tersendiri untuk orang – orang tertentu hanya dengan melihat atau menyentuhnya saja.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

pengertian seni rupa menurut ahli

Pada sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian seni rupa secara umum. Nah, untuk lebih jelas lagi, kita perlu tahu tentang pengertian seni rupa menurut para ahli.  Berikut ini adalah beberapa pengertian seni rupa menurut para ahli yang telah diakui kehebatannya didalam dunia kesenian :

1. Pengertian Seni Rupa Menurut La Mery

Menurut seorang ahli yang bernama La Mery yang berasal dari Perancis,  menyatakan bahwa seni rupa merupakan penglihatan ekspresi secara simbolis dalam wujud dan bentuk yang indah dan akan menjadi lebih indah karena menjadi sebagai bentuk pengekspresian diri dan emosi.

2. Pengertian Seni Rupa Menurut Kamala Devi Chattopadhayaya.

Menurut seorang ahli yang bernama Kamala Devi Chattopadhayaya yang berasal dari india, menyebutkan bahwa seni rupa adalah sebuah ekspresi diri pada sebuah bentuk yang menjadikan seseorang dapat meluapkan apa yang sedang ia rasakan sehingga dapat dirasakan oleh banyak orang yang melihat karya tersebut.

3. Pengertian Seni Rupa Menurut Coorig Hartong. 

Menurut seorang ahli wanita yang bernama Coorig Hartong yang berasal dari belanda, menyebutkan bahwa seni rupa adalah seni yang menjadi sebuah bentuk untuk pengekspresian diri dan emosi yang dapat dinikmati dan dirasakan oleh banyak orang.

4. Pengertian Seni Rupa Menurut Haukin.

Menurut seorang ahli yang bernama Haukin, mengungkapkan bahwa seni rupa merupakan sebagai ekspresi jiwa seseorang yang mengimajinasikan pada sebuah bentuk indah yang diungkapkan dan dapat dinikmati oleh orang dalam pertunjukan atau pameran seni.

5. Pengertian Seni Rupa Menurut Sussane K Langer.

Menurut seorang ahli filsuf terkenal yeng berasal dari amerika yang bernama Sussane K Langer, mengatakan bahwa seni rupa merupakan sebuah bentuk karya manusia yang indah yang dapat dinikmati dengan rasanya oleh orang lain melalui bentuk indah tertentu.

Berdasarkan penjelasan para ahli seni terkait definisi seni rupa diatas jika dirangkum menjadi satu didapatkan kesimpulan bahwa seni rupa merupakan sebuah ekspresi diri yang dituangkan kedalam objek berbentuk sehingga rasanya dapat dilihat maupun disentuh oleh orang yang melihatnya.

Fungsi Seni Rupa

fungsi seni rupa dan pengertian seni rupa adalah

Berdasarkan fungsinya, seni rupa dapat dibagi menjadi 2 fungsi, yaitu fungsi individu dan fungsi sosial. Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan simak penjelasan dibawah ini :

1. Fungsi Individu

Fungsi seni rupa individu memiliki sifat untuk memuaskan diri sendiri. Yang artinya seseorang menciptakan sebuah karya seni itu hanya untuk mengekspresikan dirinya yang hasilnya dapat memuaskan batin.

Tentu saja hasil karya seninya akan memancarkan sebuah aura yang sangat mendalam karena merupakan hasil luapan dari ekspresi seseorang yang ia alami baik itu sedih, bahagia, dan lain sebagainya.

2. Fungsi Sosial

Sedangkan fungsi seni rupa sosial merupakan hasil karya seni yang memberikan kepuasan untuk banyak orang, misalnya seperti seni dalam bidang rekreasi atau wisata yang bisa dinikmati banyak orang, seni dalam komunikasi agar dapat memberi ketertarikan di hadapan banyak orang, serta seni di bidang rohani.

Didalam seni rupa selain fungsi individu dan sosial, juga memiliki fungsi – fungsi lainnya yaitu;

  • Fungsi sebagai sarana pemenuh kebutuhan emosional individu.
  • Fungsi sebagai sarana peribadatan atau media untuk mendekatkan diri seseorang kepada sang pencipta.
  • Fungsi sebagai sarana komunikasi di dalam suatu kelompok masyarakat.
  • Fungsi memberikan edukasi kepada masyarakat, baik secara tersirat maupun secara tersurat.
  • Fungsi sebagai media untuk mengenang atau melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Unsur Pembentuk Seni Rupa

seni rupa

Setelah kita membahas tentang pengertian seni rupa, fungsi seni rupa, sekarang kita akan membahsa tentang unsur – unsur yang terkandung didalam seni rupa. Seni rupa juga memiliki unsur – unsur.

Unsur-unsur seni rupa adalah unsur-unsur yang membentuk satu kesatuan yang padu sehingga sebuah hasil karya seni dapat dinikmati secara keseluruhan. Dengan adanya unsur-unsur tersebut, sebuah seni rupa dapat dilihat, diamati serta dinikmati dan diapresiasi oleh orang lain.

Secara umum unsur pembentuk seni rupa memiliki 8 unsur. Adapun unsur-unsur tersebut adalah titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur dan terang gelap.

Contoh Seni Rupa

contoh seni rupa dan pengertian seni rupa

Seni rupa jika dilihat dari segi wujud dan bentuk dibagi menjadi 2 yaitu seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi merupakan seni rupa yang diciptakan hanya memiliki panjang dan lebar.

Sedangkan seni rupa 3 dimensi merupakan seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan ruang. Adapun contoh – contoh seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi adalah sebagai berikut :

1. Seni Lukis

Seni lukis merupakan seni rupa yang dilakukan dengan menggunakan cat dan kuas atau dengan alat-alat khusus lainnya yang di tuangkan kedalam suatu media seperti, kanvas, papan, kertas, dan lainnya. Seni lukis bisa mencipatkan hasil medium 2 dimensi atau permukaan 3 dimensi.

2. Seni Patung

Seni patung merupakan seni rupa yang dibuat dengan cara dipahat, dicetak, modeling (misalnya menggunakan tanah liat). Seni patung bisa berbentuk manusia, hewan, tumbuhan, atau bentuk lainnya. Seni patung merupakan hasil karya seni yang erwujud 3 dimensi.

3. Seni Fotografi

Seni fotografi merupakan seni rupa yang dibuat dengan menggunakan media cahaya. Istilah umumnya yaitu suatu metode untuk menghasilkan foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya pada media peka cahaya. Alat yang biasa digunakan yaitu kamera. Tanpa adanya cahaya, tidak akan ada foto yang dapat dibuat.

Masih banyak lagi contoh – contoh seni rupa sebenarnya sesuai dengan jenis seni rupa tersebut. Seperti, seni koreografi, seni film, seni keramik, seni pertunjukan, seni grafis, dan lain sebagainya.

Macam – Macam Seni Rupa

macam seni rupa

Macam – macam seni rupa dibagi menjadi 3, yaitu berdasarkan fungsinya, berdasarkan wujudnya, dan berdasarkan massanya.

1. Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Seni rupa berdasarkan fungsinya dibagi menjadi 2 yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni merupakan sebuah hasil karya seni yang diciptakan dengan tujuan untuk menuangkan ide dan imajinasi seseorang yang menciptaknnya.

Sedangkan seni rupa terapan merupakan sebuah hasil karya seni yang diciptakan dengan sebuah tujuan agar bisa digunakan untuk membantu segala aktifitas menjadi lebih cepat dan mudah.

2. Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya

Sebuah karya seni pasti memiliki wujud dan bentuk yang berbeda-beda, namun secara umum seni rupa dibedakan menjadi dua yaitu seni 2 dimensi dan seni 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi merupakan seni rupa yang hanya dapat dilihat dari satu arah saja. Misalnya seperti, lukisan, sketsa, ilustrasi, dan lain sebagainya.

Sedangkan seni rupa 3 dimensi merupakan seni rupa yang bisa dilihat dan dinikmati dari berbagai arah atau sisi. Misalnya seperti, patung, hiasan bunga, bangunan, dan lain sebaginya.

3. Seni Rupa Berdasarkan Massanya

Seni rupa berdasarkan massanya dibagi menjadi 3, yaitu seni rupa tradisional, seni rupa modern dan seni rupa kontemporer. Tahukan kamu perbedaan dari ketiganya?

Seni rupa tradisional merupakan seni rupa yang dibuat berdasarkan pedoman dalam menciptakan sebuah karya seni. Seni rupa tradisional memiliki sifat yang statis karena dari dulu hingga sekarang pola atau bentuknya tidak pernah berubah.

Seni rupa modern merupakan seni rupa yang ditandai dengan adanya sentuhan berbagai kreatifitas yang bersifat individualis. Sedangkan seni rupa kontemporer merupakan sebuah hasil karya seni yang diciptakan pada waktu tertentu sehingga sifat dari seni adalah kekinian atau tren pada zamannya.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang pengertian seni rupa, fungsi seni rupa, unsur pembentuk seni rupa, contoh seni rupa, dan macam – macam seni rupa. Semoga dengan artikel ini Anda dapat mengetahui lebih jelas tentang seni rupa dan pembahasan seni rupa lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend