10+ Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi Beserta Gambarnya

Seni rupa merupakan suatu cabang dari seni yang dapat menghasilkan sebuah karya seni, yang mana karya seni tersebut bentuk dan juga kualitasnya bisa dirasakan oleh indera kita, terkhusus dapat dilihat oleh indera peraba dan indera penglihatan.

Dapat dikatakan juga, fine art adalah sebuah karya seni yang berfokus kepada keindahan visual dan sentuhan. Untuk orang-orang tertentu, suatu karya seni ini bisa dijadikan sebuah hiburan yang tersendiri hanya ketika kita melihat dan juga menyentuhnya saja.

Dalam seni rupa juga memiliki bentuk yang dikelompokkan dengan beberapa dimensi. Contohnya yaitu seperti seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Masing-masing seni rupa tersebut juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai contoh seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Berikut penjelasannya.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

 

Dalam kehidupan manusia, kita membutuhkan sebuah seni untuk tidak merasa hambar dan monoton pada saat menjalankan kehidupan. Karena tanpa adanya seni, hidup akan terasa sangat membosankan. Suatu karya seni yang terbilang indah juga pasti dapat membuat perasaan kita menjadi senang dan dapat menjadi pembangkit mood seseorang yang awalnya tidak bersemangat.

Cntohnya yaitu hasil-hasil dari karya seni rupa 2 dimensi yang memiliki nilai artistik yang tinggi. Dan definisi atau pengertian dari seni rupa 2 dimensi yaitu merupakan suatu karya seni yang hanya mempunyai 2 sisi saja, yakni sisi panjang dan sisi lebar.

Dengan begitu, karya seni 2 dimensi ini tak mempunyai ruang, hal itu dikarenakan tak adanya unsur ketebalan di dalamnya. Sehingga hasil karya seni 2 dimensi ini hanya dapat kita nikmati dari satu sisi saja. Mengapresiasi dan juga membahas sebuah karya seni rupa pasti tak akan pernah lepas dari beberapa hal yang penting yang menjadi prinsip pada dasarnya.

Hal itu dikarenakan sei rupa menjadi salah satu dari berbagai macam cabang seni yang menghasilkan karya seni yang hanya bisa dinikmati oleh indera peraba dan indera penglihat. Karya seni ini juga sering disebut dengan visual art, yang artinya yaitu suatu karya seni yang bisa dilihat dan memiliki wujud yang nyata.

Contoh dari karya seni 2 dimensi yaitu, seperti pada contoh dibawah ini :

1. Lukisan

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Lukisan

Lukisan adalah suatu karya seni 2 dimensi yang dapat dibuat dengan hanya menggunakan media seperi kanvas, dinding dan juga kertas. Proses dari pembuatan lukisan ini yaitu dengan hanya memoleskan cat dan menggunakan kuas lukis, pisau palet dan peralatan lukis lainnya. Itu semua dilakukan hanya diatas media lukis dan membentuk suatu gambar yang pelukis itu inginkan.

2. Kaligrafi

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Kaligrafi

Kaligrafi adalah suatu karya seni yang artistik yang dibuat dalam bahasa arab dan dibuat menggunakan berbagai macam media, contohnya yaitu seperti kanvas, kuningan, kertas, dindin dan kayu.

Di dalam pembuatan seni rupa kaligrafi ini ialah bentuk dari ekspresi didalam hal keberagaman dan juga budaya Islam. Dan hasil kaligragi ini juga sering kita temui di dalam masjid dan kaligrafi yang paling terkenal adalah kaligrafi sufi.

3. Seni Mozaik

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Seni Mozaik

Seni mozaik adalah suatu karya seni rupa yang dibuat dengan cara menyusun sebuah benda sampai membentuk wujud yang tertentu. Wujud dari benda tersebut pasti memiliki nilai estetis yang tinggi dan juga membutuhkan bahan yang tertentu. Bahan utama dari seni mozaik ini dapat berupa kulit telut, serpihan kayu hingga pecahan kaca dan keramik.

4. Gambar

Gambar

Perwujudan dari suatu gambar yaitu lebih dari menekankan unsur garis, bentuk, dan juga aspek dari kegunaan tanpa menggunakan suatu ekspresi. Maka dari itu, hasil dari karya seni rupa ini terlihat lebih nyata untuk kita nikmati. Contohnya yaitu speerti gambar ilustrasi, arsitektur, desain, dekorasi dan gambar lainnya.

5. Seni Grafis

Seni Grafis

Seni grafis merupakan suatu cabang dari seni rupa, dimana didalam proses pembuatannya sangat membutuhkan alat bantu. Contohnya yaitu pada seni fotografi. Pada seni tersebut pengerjaannya membutuhkan suatu alat bantu, yakni kamera. Dengan menggunakan kamera, maka dapat menghasilkan foto yang bagus dan persis dengan objeknya.

Contoh Karya Seni 3 Dimensi

Karya seni rupa 3 dimensi sering juga kita sebut dengan seni rupa 3D. Seni rupa 3D ini adalah seni rupa yang sudah dibatasi dengan hanya memiliki 3 sisi saja, yakni sisi lebar, tinggi dan panjang. Dalam arti kata, karya seni 3D ini mempunyai volume dan terdapat ruang didalamnya.

Unsur-unsur yang terdapat dalam karya seni 3 Dimensi yaitu, seperti dibawah ini :

  • Memiliki lebar, tinggi dan panjang.
  • Memiliki ruang
  • Dapat dilihat dari sudut pandang mana saja

Karya seni 3 dimensi ini juga memiliki beberapa contoh. Contoh-contoh dari karya seni 3 dimensi ini, sering kita lihat di kehidupan kita sehari-hari. Berikut contoh-contoh karya seni 3 dimensi :

1. Patung

Contoh Karya Seni 3 Dimensi Patung

Hasil karya seni 3 dimensi yang sangat terkenal yaitu patung. Dan hingga sekarang, karya seni ini semakin berkembang menjadi lebih baik dan mempunyai nilai seni yang sangat tinggi. Patung umumnya dibuat dengan menggunakan kayu, batu, logan dan bisa dilihat dari segala sudut pandang.

Patung juga memiliki lebar, panjang dan tinggi. Tidak hanya itu, patung dapat terbuat dari benda yang lunak dan padat. Orang-orang juga memsering membuat patung dengan berbagai bentuk, seperti bentuk binatang, manusia, dan lain sebagainya.

2. Arsitektur

Arsitektur

Arsitektur yaitu merupakan seni rupa berbentuk 3 dimensi dan merupakan suatu ilmu untuk merancang bangunan. Seni ini membangun keseluruhan bangunan dimulai dari level makro contohnya yaitu perancangan kota, perencanaan kota, arsitektur lansekap hingga kepada level mikro contohnya yaitu desain perabot, bangunan, dan produk.

3. Kriya

Contoh Karya Seni 3 Dimensi Kriya

Kriya adalah suatu karya seni yang menggunakan keterampilan tangan dan memperhatikan segi dari kebutuhan fisik serta keindahan. Karya seni ini juga termasuk menjadi salah satu seni rupa terapan nusantara.

Umumnya kriya sering digunakan untuk dekorasi, furnitur, benda mainan dan lain sebagainya. Karya seni ini juga mempunyai berbagai jenis contohnya yaitu kriya tekstil, kayu, keramik, logam dan batu.

4. Keramik

Keramik

Keramik juga adalah salah satu cabang seni yang memiliki sifat yang tradisional sampai dengan kontemporer. Seni ini memiliki fungsi, contohnya yaitu menjadi kerajinan dengan menggunakan bahan utama terutama tanah liat yang sudah melalui beberapa proses seperti dipijir, di butsir, di pilin hingga proses pembakaran dan glasir.

Demikian penjelasan mengenai contoh seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan menjadi referensi untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend