Pengertian Poster Beserta Fungsi, Tujuan, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenis Poster

Pengertian Poster

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan poster? Pengertian poster yaitu merupakan sebuah media publikasi yang didalamnya terdapat gambar, tulisan maupun kombinasi dari kedua hal tersebut dan memiliki tujuan yaitu untuk memberikan suatu informasi kepada masyarakat.

Biasanya poster akan dipasang di tempat yang ramai dan juga strategis, contohnya terletak di pasar, sekolah, mall, puskesmas, kantor dan lain sebagainya. Sifat dari informasi yang akan disampaikan di dalam sebuah poster pada biasanya yaitu bersifat untuk mengajak.

Tidak hanya itu, poster juga sering didefinisikan salah satu dari bentuk seni grafis yang memeiliki dua dimensi dan pada umumnya dipadukan pada beberapa elemen seperti angka, huruf, dan juga gambar pada media yang berupa kertas yang besar.

Biasanya juga poster ditempelkan pada bidang yang memiliki permukaan yang rata, contohnya yaitu seperti papan, dinding, dan juga di pusat keramaian kota.

Pengertian Poster Menurut Beberapa Para Ahli

pengertian poster adalah

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan poster, Anda dapat mengacu pada beberapa pendapat para ahli dibawah ini. Karena beberapa para ahli memiliki pendapat yang sedikit berbeda mengenai poster, tetapi memiliki satu maksud yang sama. Berikut adalah pengertian poster menurut beberapa para ahli yang dapat Anda lihat di bawah ini :

1. Menurut Zanu

Zanu beranggapan bahwasanya pengertian dari poster yaitu suatu media yang didalamnya terdapat gambar yang sudah dirancang dengan semenarik mungkin dan dengan sebaik mungkin.

Poster juga hanya menggunakan kata-kata yang cenderung sedikit dan kemudian dicetak pada sebuah kertas yang besar, serta nantinya poster tersebut ditempelkan pada tempat yang tertentu.

2. Menurut KBBI

KBBI beranggapan bahwasanya pengertian dari poster yaitu suatu plakat yang nantinya akan dipasang pada tempat ramai ataupun umum, dan di dalamnya berisi suatu pengumuman ataupun iklan.

3. Menurut Sudjana dan Rivai

Sudjana dan Rivai beranggapan bahwasanya pengertian dari poster yaitu suatu rancangan yang didalamnya terdapat kombinasi antara visual yang kuat serta sudah tersusun dari beberapa tujuan dan juga pesan yang memiliki tujuan untuk menarik perhatian dari orang banyak.

Tetapi poster biasanya hanya sebatas untuk diingat saja, Apabila seseorang yang melihat poster tersebut dengan lama dan sudah menangkap apa isi dari pesat dari poster tersebut, maka poster akan semakin lama ia mengingat poster tersebut.

4. Menurut Ekokasih

Ekokasih beranggapan bahwasanya pengertian dari poster yaitu suatu tulisan ataupun plakat yang nantinya akan ditempelkan pada tempat yang umum, dan pada poster juga memiliki isi sebuah pengumuman dan juga pesan atau himbauan yang ditujuan ke masyarakat.

5. Menurut Ensiklopedi

Ensiklopedi beranggapan bahwasanya pengertian dari poster yaitu suatu alay yang sering digunakan untuk mengiklankan sesuatu, contohnya yaitu seperti propraganda maupun protes dan juga maksud yang lain. Hal tersebut memiliki tujuan untuk menyampaikan beberapa pesan di dalamnya.

Fungsi dan Tujuan Poster

Fungsi dan Tujuan Poster

Dibuatnya sebuah poster pasti memiliki fungsi dan tujuannya tersendiri. Karena di dalam poster biasanya terdapat kombinasi antara gambar dan kata-kata yang bersifat untuk mengajak. Berikut fungsi dan tujuan dari poster :

1. Fungsi Poster

Sebuah poster pada umumnya memiliki fungsi yaitu untuk memberikan tambahan pemahaman mengenai suatu informasi ke banyak orang ataupun kepada para pembaca mengenai apa yang akan disampaikan oleh si pembuat poster tersebut melalui kalimat dan juga gambar yang jelas dan juga singkat.

2. Tujuan Poster

Sebuah poster pada umumnya memiliki tujuan yaitu sebuah poster menjadi sebuah media untuk publikasi agar masyarakat bisa membacanya dan juga kan melakukan sesuatu yang sesuai dengan apa yang terdapat dalam poster tersebut.

Dan ada juga poster yang secara khusus dibuat oleh pembuat poster, dan isi di dalamnya juga tergantung pada apa yang akan disampaikan oleh si pembuat, contohnya yaitu untuk tujuan komersial, untuk menjari simpati dari masyarakat luas, untuk menjari perhatian dari publik, dan lain-lain.

Ciri-Ciri Poster

Ciri-Ciri Poster

Sebagai media yang akan dilihat oleh banyak orang, pastinya poster juga memiliki ciri-ciri yang sangat kuat. Dan berikut adalah ciri-ciri poster yang dapat Anda lihat dibawah ini :

  • Sebuah poster biasanya dibuat dengan menggabungkan antara warna yang kontras dan juga kuat.
  • Sebuah poster biasanya dibuat dengan menggunakan bahasa yang jelas singkat dan tidak ambigu. Hal tersebut dibuat agar poster dapat dengan mudah untuk dipahami.
  • Sebuah poster biasanya juga dpaat dibaca dengan sambil lalu.
  • Pesan yang akan disampaikan di dalam sebuah posterjuga sebaiknya diikuti dengan sebuah gambar.
  • Di dalam desain grafis sebuah poster juga mengharuskan isi atau memuat suatu komposisi yang didalamnya terdapat gambar dan juga huruf, yang mana nantinya akan dicetak pada sebuah media berupa kain ataupun kertas yang ukurannya cukup besar.
  • Cara dari pengaplikasian sebuah poster juga bisa dengan cara ditempelkan ke sebuah tinding, tempat umum dan juga permukaan yang datar dengan memiliki sifat yang membidik perhatian mata dengan baik mungkin.

Jenis-Jenis Poster

Jenis-Jenis Poster

Menurut fungsi dan tujuannya, poster memiliki banyak sekali jenis poster. Dan diantaranya ada yang sangat sering kita lihat di tempat umum. Nah, berikut adalah jenis-jenis poster yang sering kita lihat di tempat umum :

1. Poster bertemakan pendidikan

Sebuah poster yang bertemakan pendidikan ini mempunyai tujuan untuk mendidik sejumlah masyarakat. Dan pada umumnya poster ini memiliki hubungan yang erat dengan dunia pendidikan dan biasanya juga dipasang di area sekolah.

2. Poster Propaganda

Poster propaganda merupakan sebuah poster yang memiliki tujuan untuk dapat mengembalikan semangat pembaca akan usaha dan juga perjuangan seseorang di dalam melakukan hal yang sangat bermanfaat untuk kehidupan.

Di dalam poster ini juga seringin berisikan kalimat yang sangat bertentangan dengan pemerintahan. Dan pada masa penjajahan juga, poster ini dapat digunakan untuk bisa meningkatkan semangat juang dari rakyat.

3. Poster Kampanye

Poster kampanye merupakan sebuah poster yang memiliki tujuan untuk dapat mencari simpati di masyarakat pada waktu dilakukannya pemilu atau pemilihan umum.

4. Poster Film

Poster film merupakan poster yang dengan sengaja dibuat dan bertujuan untuk dapat mempopulerkan sebuah film yang diproduksi di dalam industri perfilman.

5. Poster Komersial

Poster komersial merupakan sebuah poster yang memiliki tujuan untuk dapat mempromosikan sesuatu.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian poster dan beberapa hal yang ada di dalamnya. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai poster.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend