10 Teknik Dasar Bola Basket Beserta Penjelasannya, Sudah Tahu?

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan bagi setiap manusia. Mengapa? Karena dengan olahraga bisa membuat kondisi kesehatan menjadi lebih baik dan lebih sehat. Kondisi fisik akan lebih terjaga dan biasanya tidak akan mudah sakit.

Dengan adanya olahraga bisa meningkatkan konsentrasi juga ketika sedang mengerjakan sesuatu. Olahraga menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan demi menjaga kesehatan dan hidup lebih sehat. Kebanyakan masyarakat enggan melakukan olahraga, karena berbagai alasan yang berbeda.

Olahraga terkadang menjadi sesuatu hal yang bisa dikesampingkan, karena merasa ada hal yang lebih penting untuk dilakukan. Namun, kenyataannya tidak semudah itu, olahraga harus diprioritaskan. Paling tidak anda melakukan olahraga secara teratur untuk tetap menjaga kesehatan.

Teknik Dasar Bola Basket

Teknik Dasar Bola Basket

Salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan adalah dengan olahraga bola basket. Olahraga bola basket adalah olahraga yang biasanya dalam satu tim terdiri dari 5 orang, yang melakukan kerjasama untuk memasukkan bola ke ring basket sebanyak-banyaknya dalam waktu yang sudah ditetapkan diawal pertandingan.

Sebelum bermain bola basket, alangkah lebih baik jika semua pemain bola basket sudah memahami terkait teknik-teknik dasar bola basket. Berikut merupakan beberapa teknik dasar bola basket yang harus dikuasai oleh pemain-pemain bola basket supaya dapat bermain dengan maksimal:

1. Passing & Catching

Passing

Dalam dunia basket, passing adalah mengoper, dan catching adalah menangkap. Kedua teknik ini harus dikuasai oleh pemain basket untuk dapat mengoptimalkan pertandingan basket.

Sehingga passing dan catching ini merupakan satu kesatuan teknik dasar bola basket yang harus dikuasai dua-duanya. Dalam teknik passing terdiri dari beberapa macam yaitu:

  1. Chest-Pass (operan setinggi dada), merupakan teknik operan yang dilakukan dengan melempar bola lurus kedepan dan setinggi dada.
  2. Bounce-Pass (operan pantul), merupakan teknik operan yang dilakukan dengan melempar bola ke lantai sehingga bola tersebut dapat memantul.
  3. Ovehead-Pass (operan diatas kepala), merupakan teknik operan yang dilakukan dengan memegang bola yang akan dipantulkan diatas kepala, sehingga penerima bola bisa menggapai bola dengan kedua tangan diatas kepala.
  4. Baseball-Pass (operan diatas/belakang kepala), merupakan teknik operan yang bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti overhead-pass, namun bisa juga dilakukan dengan melempar bola dengan posisi bola diatas dan belakang kepala. Sehingga bola bisa melambung lebih jauh.

2. Dribbling

Teknik Dasar Bola Basket - Dribbling

Dribbling adalah salah satu cara untuk membawa bola basket ke ring dengan cara memantulkan bola ke lantai secara terus menerus sehingga bisa membawa bola mendekati ring.

Dribbling dilakukan untuk mempermudah para pemain basket untuk mencetak poin dengan memasukkan bola ke ring basket. Kemampuan dribble yang dilakukan oleh pemain basket sangat mempengaruhi dan merupakan sebuah kunci untuk meningkatkan kemampuan permainan dalam menjalankan basket.

Sehingga kekuatan tangan akan berpengaruh besar terhadap kesuksesan dribble yang akan dilakukan. Sehingga masing-masing pemain basket harus menguasai teknik dasar bola basket yang salah satunya adalah dribbling.

3. Shooting

Shooting

Shooting adalah cara untuk melemparkan atau memasukkan bola basket ke ring basket. Ketika bola berhasil masuk ke ring basket, maka tim yang berhasil memasukkan bola tersebut akan mendapatkan poin.

Poin ini sangat berharga untuk bisa memenangkan pertandingan bola basket. Sehingga pemain bola basket diperlukan untuk menguasai teknik shooting dengan tepat, sehingga banyak poin yang bisa didapatkan.

4. Pivot

Pivot

Pivot merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menghindar dari lawan yang bertujuan untuk merebut bola basket.

Teknik pivot ini dilakukan dengan cara memutarkan badan dengan bertumpu pada kaki dan posisi tangan masih tetap memegang bola dan melindunginya agar tidak direbut oleh lawan. Teknik pivot ini harus dikuasai oleh pemain basket agar dapat mempertahankan bola sampai dimasukkan ke ring dari serangan lawan.

5. Rebound

Rebound

Rebound merupakan cara untuk mendapatkan bola kembali dari pemain basket yang tidak berhasil memasukkan bola basket kedalam ring. Hal ini dilakukan agar permainan basket tetap berlanjut dan bola bisa dimasukkan kembali kedalam ring dan mendapatkan poin.

Teknik rebound biasanya dilakukan pemain basket yang berada pada posisi tengah (center) dan power forward. Teknik rebound dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Offensive dan Deffensive.

Offensive rebound merupakan teknik mendapatkan bola yang tidak berhasil dimasukkan ke ring oleh teman dalam satu tim. Sedangkan Deffensive rebound merupakan teknik mendapatkan bola yang tidak berhasil dimasukkan ke ring oleh pemain dari tim lawan.

6. Defense

Teknik Dasar Bola Basket - Defense

Defense merupakan teknik pertahanan dalam permainan bola basket. Dimana dengan adanya teknik defense ini dapat meningkatkan pertahanan tim dari serangan lawan, sehingga titik poinnya tim bisa memenangkan pertandingan dengan mencetak poin sebanyak-banyaknya. Teknik defense ini terdiri dari 2 jenis yaitu:

  1. Man to man defense, merupakan teknik pertahanan yang strateginya pertahanan perindividu. Dimana masing-masing pemain basket memiliki tanggung jawab masing-masing untuk menjaga daerah pertahanannya.
  2. Zone defense, merupakan teknik pertahanan yang mengedepankan strategi pertahanan area. Dimana pemain hanya menjaga pertahanan permainan ketika lawan berada dalam area pertahanan tersebut.

Nah, dengan mengetahui informasi-informasi mengenai olahraga bola basket beserta beberapa teknik dasar bola basket. Hal ini bisa menjadi bahan referensi anda ketika mencari dan mendalami sebuah ilmu dan wawasan.

Dimana dengan mencoba belajar, maka anda tetap melakukan usaha untuk menjadi bisa. Kemampuan untuk mendapatkan wawasan bisa anda dapatkan dengan berbagai cara, dan yang terpenting adalah harus diimbangi dengan latihan yang rajin dan tekun agar dapat meningkatkan kemampuan dalam bermain bola basket. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend