Pengertian Olahraga Beserta Sejarah, Manfaat dan Macam-macam Olahraga

Pengertian Olahraga

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan olahrga ? Pengertian olahraga adalah sebuah kegiatan yang mempunyai tujuan yang tertentu, contohnya yaitu seperti untuk meningkatkan kesehatan jasmani ataupun rohani.

Dengan begitu, olahraga yang dilakukan dengan secara rutin akan mendapatkan manfaat untuk kita dalam menjaga kesehatan tubuh. Hal itu dikarenakan metabolisme yang ada di dalam tubuh bisa berjalan dengan lancar.

Maka dari itu, penyerapan dan juga distribusi nutrisi bisa bekerja dengan efisien dan juga efektif. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu, pengertian olahraga pada umumnya yaitu sebuah bentuk dari kegiatan fisik yang sudah terencana dan juga terstruktur, yang mana hal tersebut dapat melibatkan gerakan-gerakan tubuah secara berulang-ulang, untuk bida mendapatkan hasil yang sempurna.

Dengan begitu tujuan dari olahraga yaitu sebagai peningkatan dari kebugaran jasmani dan rohani pada setiap manusia yang ada di bumi ini. Olahraga dapat dilakukan juga oleh orang yang sudah dewasa, anakpanak, sampai dengan orang yang sudah lanjut usia (apabila ia masih mampu).

Banyak juga masyarakat yang menjadikan olahraga bagian dari hidupnya seperti pada masyarakat di daerah pedesaan dan juga perkotaan. Karena manfaat dari olahraga sangat terasa bagi dirinya. Dan gaya hidup yang sehat serta ditambahkan dengan kegiatan olahraga akan membuat tubuh semakin bugar.

Pengertian Olahraga Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Olahraga Menurut Beberapa Ahli

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan olahraga, Anda dapat berpedoman pada beberapa penertian olahraga menurut beberapa ahli, seperti dibawah ini :

1. Menurut Dewan Olahraga Eropa

Dewan Olahraga Eropa beranggapan bahwasanya pengertian dari olahraga yaitu suatu kegiatan spontan yang dapat dilakukan dengan cara bebas. Dan setiap manusia dapat mencari waktu luangnya untuk dapat melakukan pergerakan pada tubuh mereka yang berguna untuk menjaga kesehatan jasmani dan juga rohaninya.

Dengan begitu, tubuh kita akan terasa lebih ringan dan juga bugar. Dan dapat dibantu dengan asupan oksigen yang menuju ke otak tidak terhambat.

2. Menurut Hans Tandra

Hans Tandra beranggapan bahwasanya pengertian dari olahraga yaitu beberapa gerakan tubuh yang secara teratur dengan irama yang dapat ditujukan untuk bisa memperbaiki kebugaran dalam tubuh. Olahraga juga berguna untuk dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh agar dapat lebih terjaga kesehatannya.

3. Menurut Seno Gumira Ajidarma

Seno Gumira Ajidarma beranggapan bahwasanya pengertian dari olahraga yaitu sarana ataupun ajang kompetisi yang bisa menjadikan seseorang menjadi yang nomor satu. Tidak hanya berguna untuk dapat menyehatkan tubuh, tetapi olah raga juga memiliki tujuan untuk pencarian bakat dalam setiap cabang olahraganya.

4. Menurut Kathryn Marsden

Kathryn Marsden beranggapan bahwasanya pengertian dari olahraga yaitu adalah salah satu dari sarana untuk dapat mengusir stress didalam otak dengan cara yang sangat mudah. Karena olahraga dapat dilakukan dengan sederhana dan tidak memerlukan biaya yang sangat mahal.

5. Menurut Edward

Edward beranggapan bahwasanya pengertian dari olahraga yaitu adalah aktivitas yang dapat dilakukan dengan cara spontan dan dapat melalui konsep yang bida diterapkannya. Contohnya seperti cara bermain games dan lain-lain.

Sejarah Olahraga

Sejarah Olahraga

Sejarah olahraga, terkhususnya di Indonesia sendiri juga memiliki kisahnya tersendiri. Pada zaman pra sejarah, Indonesia juga sudah mengenali apa yang dimaksud dengan olahraga, tetapi hanya saja kegunaan dan tata cara dalam melakukan olahraga tersebut tidak seperti pada zaman modern ini.

Pada zaman dahulu, fungsi dari olahraga yang utama yaitu adalah suatu kegiatan yang berguna untuk dapat bertahan hidup dari segala gangguan, terkhususnya yaitu untuk gangguan dari ganasnya lingkungan pada saat itu.

Dan pada zaman dahulu juga memiliki banyak sekali tantangan yang harus dihadapi, contohnya yaitu seperti badai, topan, huja, binatang buas, dan lain sebagainya. Pada zaman ini juga manusia belum terlalu mengenal olahraga dengan tepat, tetapi hanya merupakan dari beberapa gerakan yang sama dengan gerakan olahraga. Beberapa olahraga yang telah dikenal pada zaman tersebut yaitu seperti dibawah ini :

  • Gulat
  • Renang
  • Memainkan senjata
  • Bela diri
  • Dayung
  • Tarian perang

Manfaat Olahraga

Manfaat Olahraga

Melakukan gerakan pada tubuh atau biasa disebut dengan olahraga juga memiliki segudang manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Dan berikut beberapa manfaat olahraga yang perlu Anda ketahui :

1. Tubuh akan lebih tegap

gerakan-gerakan yang dilakukan pada saat melakukan kegiatan olahraga akan merangsang seluruh bagian dari tubuh agar lebih fleksibel. Dengan begitu, otot pada tubuh akan jauh lebih elastis dan juga tidak kaku. Untuk anak-anak yang rajin berolahraga, maka perubahan pada postur tubuh akan lebih terlihat.

Kathleen seorang direktur kesehatan WebMD pernah mengatakan, apabila seorang anak rutin melakukan olahraga dari sejak kecil, nantinya ia akan mempunyai postur tubuh yang lebih tegap dan juga tidak akan terluhat membungkuk pada saat berjalan.

2. Dapat meningkatkan daya pikir

Tidak hanya sangat bermanfaat untuk fisik tubuh, Kathleen juga menyatakan apabila seseorang melakukan olahraga secara teratur, maka daya pikir pada seseorang tersebut akan meningkat. Karena olahraga memiliki peran yang sangat pentig untuk meningkatkan daya pikir seseorang.

Hasil dari kegiatan fisik tersebut apabila dilakukan dengan rutin akan membuat otak seseorang jauh lebih tercukupi karena adanya asupan gizi. Maka dari itu, otak akan berkembang dengan berkala dan juga akan membuat seseorang lebih pintar pada saat proses belajar.

3. Menjauhkan tubuh dari beberapa penyakit

Manfaat yang sangat terasa dari kita berolahraga yaitu dapat meningkatnya daya tahan tubuh agar tubuh kita tidak akan mudah untuk terserang penyakit. Kathleen juga pernah mengatakan apabila olahraga, tubuh kita akan lebih bebas untuk bergerak.

Hal ini akan dapat memicu proses dari metabolisme dan juga sirkulasi darah menjadi jauh lebih lancar daripada sebelumnya. Dan hasilnya yaitu tubuh akan terasa lebih kuat dan sehat, serta tidak akan mudah untuk terserang penyakit.

Macam-Macam Olahraga

Macam-Macam Olahraga

Sesuai dengan fungsinya, untuk membuat olahraga menjadi lebih seru, maka olahraga juga dapat dibagi dalam berbagai macam jenis. Berikut macam-macam olahraga yang sering dilakukan oleh masyarakat :

1. Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu dari permainan olahraga yang sering dilakukan oleh masyarakat. Permainan ini menggunakan sebuah bola yang nantinya akan dimainkan oleh dua tim, yang mana masing-masing tim memiliki anggota sebanyak 11 orang.

Satu orang akan bertugas menjadi penjaga gawang dan yang lainnya akan menjadi pemain. Posisi dari setiap pemain pun ada yang di posisi sebagai pemain penyerang dan juga pemain bertahan. Permainan olahraga sepakbola saat ini dinobatkan menjadi olahraga yang paling terfavorit dan terpopiler di seluruh dunia.

2. Bola Basket

Bola basket merupaka salah satu dari cabang olahraga yang juga sering dilakukan oleh masyarakat. Permainan ini juga dilakukan dengan berkelompok. Dan setiap tim di dalam permainan bola basket beranggotakan 5 orang.

Setiap tim harus membangun kerja sama yang baik dan memasukkan bole sebanyak mungkin ke dalam ring tim lawan. Apabila satu tim bisa mencetak poin lebih banyak, maka tim tersebut akan menjadi pemenangnya.

3. Bola Voli

Bola voli adalah permainan orahraga yang sangat digemari oleh masyarakat. Permainan bola voli juga dimainkan oleh dua kelompok. Dan setiap tim beranggotakan 6 pemain. Variasi dari permainan voli ini juga beraneka ragam. Contohnya seperti voli pantai.

Demikian pembahasan mengenai pengertian olahraga dan beberapa hal didalamnya yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan artikel ini Anda bisa menambah wawasan Anda tentang olahraga.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend