Pengertian Visi dan Misi Beserta Tujuan dan Perbedaannya, Sudah Tahu?

Pasti kamu sering melihat visi dan misi pada suatu organisasi, perusahaan, universitas, sekolah dan lain sebagainya. Nah biasanya visi dan misi tersebut adalah sebuah gagasan yang ingin dicapai dari organisasi, perusahaan atau lembaga tersebut.

Biasanya visi dan misi ini akan dibuat dalam bentuk kata-kat atau tulisan, agar pembaca dapat mengetahui apa sih sebenarnya maksud dan tujuan dari di dirikannya organisasi, perusahaan dan lembaga tersebut.

Namun masih banyak orang yang tidak dapat membedakan antara visi dan misi. Nah untuk lebih jelasnya mengenai apa perbedaan antara visi dan misi. Yuk simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Visi

Pengertian Visi

Apa itu Visi? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), defenisi visi yaitu :

  1. penglihatan; pengamatan
  2. pandangan atau wawasan ke depan
  3. apa yang tampak dalam khayalan
  4. kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui ketajaman penglihatan dan kehalusan jiwa
  5. kemampuan untuk melihat pada inti persoalan

Sedangkan secara umum, Pengertian visiWhat be believe we can be” adalah susunan kata yang memberitahukan nilai inti , impian atau cita-cita dari sebuah perusahaan, lembaga ataupun organisasi.

Visi merupakan harapan untuk masa yang akan datang dari sebuah organisasi, perusahaan atau instansi. Visi juga merupakan isi pikiran-pikiran dari para pendiri yang merupakan gambaran mengenai masa depan dari sebuah organisasi, perusahaan atau lembaga yang ingin diwujudkan .

Selain berisi pikiran-pikiran pendiri, Visi juga merupakan Pandangan terhadap sebuah manajemen. Agar dapat membangun sebuah kesuksesan, diperlukan adanya arah yang jelas mengenai perkembangan perusahaan atau instansi.

Rangkuman pengertian atau defenisi dari visi diatas yaitu:

  1. Visi adalah tulisan yang jelas, fokus dan singkat dan merupakan arah dari sebuah organisasi, perusahaan dan instansi..
  2. Visi adalah suatu tulisan mengenai harapan dari sebuah organisasi, perusahaan dan lembaga di masa depan.
  3. Visi merupakan sebuah ide tertulis mengenai apa tujuan utama dari pendirian sebuah organisasi, perusahaan dan lembaga.

Selain itu, visi memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ketika akan membuat pernyataan visi, yaitu :

  1. Berdasar pada prinsip nilai-nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat.
  2. Mengekspresikan kreatifitas.
  3. apa yang tampak dalam khayalan
  4. Tidak dibuat berdasarkan kondisi pada saat ini.

Pengertian Misi

Pengertian Misi

Visi merupakan pandangan mengenai apa tujuan utama dari didirikannya sebuah organisasi, sedangkan Misi adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut.

Misi juga merupakan gambaran mengapa sebuah organisasi, perusahaan dan lembaga tersebut berada ditengah-tengah komunitas atau dalam hal ini masyarakat.

Selain itu, juga dapat dikatakan bahwa penjabaran dari sebuah visi adalah Misi. Misi akan deskripsikan dengan beberapa kalimat yang lebih mudah untuk dipahami oleh pembaca atau siapa saja yang melihatnya sedangkan visi hanya dituliskan dalam satu kalimat saja. Jadi kesimpulannya yaitu :

  1. Misi merupakan langkah-langkah yang dapat diambil untuk memotivasi dalam mewujudkan visi utama.
  2. Misi adalah langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang harus dilalui sebuah perusahaan, instansi, atau organisasi untuk mencapai visi utama.
  3. Misi adalah penjabaran-penjabaran dari sebuah visi perusahaan, instansi, atau organisasi.

Pengertian MisiWhat be believe we can do” secara umum adalah suatu pernyataan megenai apa yang harus dilakukan oleh organisasi, perusahaan atau instansi dalam upaya untuk mencapai visi dibuat.

Misi dari sebuah perusahaan diartikan sebagai alasan, latar belakang dan tujuan mengapa organisasi, perusahaan atau instansi itu didirikan. Misi dibuat agar dapat memberikan arah dan batasan-batasan dalam proses mewujudkan tujuan.

Misi harusnya searah dengan visi yang diinginkan. Maka sebelum membuat sebuah misi hendaknya membuat sebuah visi terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan misi merupakan sebuah langkah-langkah nyata yang akan dilakukan untuk memberi arah garis besar untuk mewujudkan sebuah visi.

Maka dari itu misi harus segera dikerjakan karena merupakan petunjuk berjalannya suatu perusahaan, organisasi atau lembaga. Dengan artian lain, defenisi misi adalah metode, nilai-nilai kerja atau prioritas yang menjadi landasan organisasi, perusahaan atau instansi demi mencapai sebuah visi.

Tujuan Visi dan Misi

Tujuan Visi dan Misi

1. Tujuan internal Visi dan Misi

  1. Menginspirasi karyawan untuk bekerja lebih produktif dengan memberikan fokus dan umum tujuan
  2. Panduan pengambilan keputusan karyawan
  3. Membimbing pemikiran manajemen pada isu-isu strategis, terutama pada saat perubahan signifikan
  4. Membantu membentuk kerangka kerja untuk perilaku etis
  5. Bantuan menentukan standar kinerja

2. Tujuan eksternal Visi dan Misi

  1. Berfungsi sebagai alat hubungan masyarakat
  2. Mintalah dukungan eksternal
  3. Menciptakan hubungan lebih dekat dan komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan, pemasok dan mitra aliansi

Perbedaan Visi dan Misi

NO

VISI

MISI

1 Pada umumnya visi bersifat permanen, dimana ketika suatu lembaga, perusahaan dan organisasi membuat sebuah Visi. Maka pantang hukumnya untuk merubah isi visi tersebut. Hal ini juga berhubungan dengan konsistensi dan kredibilitas. Ketika misi-misi tersebut dianggap gagal dalam mewujudkan suatu Visi maka biasanya Misi tersebut yang akan diubah
2 Biasanya Visi berisi poin yang mewakili segalanya dan terdiri dari satu deret kalimat yang jelas dan padat. Biasanya misi terdiri dari beberapa macam poin yang lebih banyak dari pada visi dan juga beberapa kalimat penjabaran
3 Visi berupa cita-cita jangka panjang dan berorientasi kedepan. Misi adalah suatu cita-cita jangka pendek dan berorientasi pada masa kini.
4 Visi adalah gambaran besar, tujuan utama dan cita-cita suatu perusahaan, instansi, pribadi atau organisasi di masa yang akan datang. Misi merupakan Penjabaran atau langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mewujudkan atau mencapai visi tersebut
5 Visi Terdiri dari pernyataan-pernyataan umum Misi pernyataanya bersifat lebih detail dan khusus

Nah, dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa:

Visi merupakan gambaran dan bayangan dari suatu tujuan di masa yang akan datang , sedangkan misi adalah langkah atau cara-cara yang dilakukan untuk mencapai visi tersebut.

Kadangkala misi perlu dirubah sedemikian rupa jika ternyata sebuah visi belum juga tercapai. Sedangkan visi akan bersifat tetap karena apabila sebuah visi dirubah hal ini akan mencerminkan ketidak konsistenan dari sebuah organisasi, lembaga ataupun perusahaan. Jadi agar tujuan (visi) tercapai, maka visinya tidak akan diubah, tetapi cara dan strategi (misi) lah yang diubah .

Itulah penjelasan mengenai pengertian visi dan misi. Semoga dengan adanya artikel ini anda dapat mengetahui defenisi visi dan misi dan juga dapat membedakan apa itu visi dan misi. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend