Pengertian Konsumen Beserta Tujuan dan Jenis-Jenis Konsumen

Pengertian Konsumen

Arti kata “konsumen” diambil dari kata bahasa inggris yaitu “Consumer“, yang mana artinya adalah seorang individu atau kelompok yang mengkonsumsi dan menggunakan suatu produk, baik itu barang ataupun jasa.

Secara umum, pengertian dari Konsumen adalah semua orang baik individu ataupun kelompok yang menggunakan dan memanfaatkan barang atau jasa yang tersedia di masyarakat, baik itu untuk kepentingan sendiri, orang lain, atau makhluk hidup yang lainnya serta barang atau jasa tesebut tidak dijual kembali.

Berdasarkan undang – undang no.8 tahun 1999 pasal 1 ayat 2 yang berisi tentang perlindungan konsumen, pengertian dari konsumen adalah semua orang yang memakai dan menggunakan barang atau jasa yang ada di dalam masayarakat, baik itu untuk kebutuhan pribadi, orang lain, atau makhluk hidup lainnya serta barang tersebut tidak untuk dijual lagi.

Dengan arti lain, konsumen merupakan pengguna paling akhir dari suatu produk baik itu barang ataupun jasa. Jika konsumen tersebut membeli barang yang memiliki tujuan untuk diperdagangkan kembali, maka konsumen tersebut disebut dengan konsumen antara, biasa orang menyebutnya distributor atau penyalur atau pengecer.

Pengertian Konsumen Menurut Para Ahli

pengertian konsumen menurut ahli

Selain penjelasan diatas mengenai pengertian konsumen secara umum, ada juga beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian konsumen. Berikut ini beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya, yaitu :

1. Menurut Philip Kotler

Menurut seorang ahli yang bernama Philip Kotler, mengemukakan pendapatnya tentang pengertian konsumen di dalam bukunya yang berjudul “Principles of Marketing” yang terbit tahun 2000 adalah semua orang baik individu ataupun rumah tangga yang mendapatkan atau membeli sebuah barang ataupun jasa yang dikonsumsi sendiri atau secara pribadi.

2. Menurut Sri Handayani

Menurut seorang ahli yang bernama Sri Handayani, mengatakan bahwa konsumen merupakan seseorang atau suatu organisasi yang memperoleh, membeli serta menggunakan sebuah barang ataupun jasa dari orang atau pihak lain.

3. Menurut James F Engel

Menurut seorang ahli yang bernama James F Engel, mengemukakan bahwa perilaku konsumen merupakan suatu tindakan baik secara individu atau kelompok yang terlibat secara langsung dalam usaha untuk memperoleh serta menggunakan barang atau jasa, termasuk juga didalamnya suatu proses dalam mengambil keputusan yang mendahului serta menentukan tindakan atau kegiatan tersebut.

4. Menurut Gerald Zaltman

Menurut seorang ahli yang bernama Geral Zaltman, mengatakan bahwa tindakan konsumen merupakan sebuah tindakan, atau perilaku, proses serta hubungan sosial yang dilakukan oleh setiap orang baik individu, kelompok ataupun organisasi dan memperoleh, menggunakan suatu barang atau jasa atau lainnya yang mana merupakan sebuah akibat dari penggunaan produk, jasa ataupun sumber – sumber lainnya.

5. Menurut David L Loundon

Menurut seorang ahli yang bernama David L Loundon, mengemukakan bahwa perilaku konsumen adalah suatu proses dalam pengambilan keputusan serta aktivitas individu yang melibatkan fisik dalam memperoleh, menggunakan, mengevaluasi, serta mampu mempergunakan barang ataupun jasa.

Tujuan dari Konsumen

tujuan konsumen

Berdasarkan pengertian konsumen diatas, ada beberapa tujuan dari konsumen, yaitu :

1. Mengurangi Nilai Guna Suatu Barang Ataupun Jasa Secara Bertahap.

Setiap individu ataupun kelompok yang melakukan kegiatan konsumsi pasti akan mengurangi nilai guna dari suatu barang ataupun jasa tersebut secara bertahap. Misalnya seperti menggunakan pakaian, sepatu, kendaraan, dan lain sebagainya.

2. Menghabiskan Atau Mengurangi Nilai Guna dari Suatu Barang Atau Jasa Secara Sekaligus.

Setiap konsumen juga bisa mengurangi bahkan menghabiskan nilai guna dari suatu barang secara sekaligus. Misalnya seperti minum, makan, dan lain sebagainya.

3. Memuaskan Kebutuhan Konsumen Secara Fisik.

Seorang individu atau kelompok melakukan kegiatan konsumsi yang memiliki tujuan agar dapat mencukupi setiap kebutuhan yang mereka butuhkan secara fisik. Misalnya seperti, menggunakan baju atau celanan yang bagis agar memiliki penampilan yang semakin bertambah baik.

4. Memuaskan Kebutuhan Konsumen Secara Rohani.

Bukan hanya mampu untuk memuaskan kebutuhan konsumen secara fisik, tapi seorang konsumen juga dapat memuaskan kebutuhan konsumen secara rohani. Misalnya seperti membeli dan menggunakan kitab suci agar dapat memenuhi kebutuhan rohani atau religiusitasnya.

Jenis – Jenis Konsumen

jenis jenis konsumen

Ada beberapa jenis – jenis konsumen yang ada di masyarakat saat ini. Berikut ini beberapa diantaranya, yaitu :

1. Konsumen Trend Setter

Jenis konsumen yang pertama ini adalah konsumen yang selalu mencintai atau menyukai sesuatu hal yang baru, dan mereka juga mendedikasikan dirinya sebagai orang yang paling pertama mempunyai, menggunakan, serta memanfaatkan teknologi atau sesuatu hal baru lainnya.

2. Konsumen Follower

Jenis konsumen berikutnya adalah konsumen follower, yaitu konsumen atau orang – orang yang terkena imbas dari konsumen trend setter. Konsumen jenis ini biasanya disebut dengan orang atau kelompok yang ada di gelombang kedua setelah gelombang para konsumen trend setter. Lalu, biasanya mereka memiliki alasan untuk memiliki dan membeli sebuah produk yaitu karena gengsi.

3. Konsumen Value Seeker

Konsumen jenis ini merupakan konsumen yang memiliki pertimbangan sendiri dan pendirian yang kuat, tidak gampang tergoda oleh jenis konsumen lainnya.

4. Konsumen Pemula

Jenis konsumen berikutnya adalah konsumen pemula. Konsumen jenis ini merupakan konsumen yang memiliki ciri khusus yaitu mereka sering sekali bertanya kepada konsumen lainnya.

5. Konsumen Curiga

Jenis konsumen berikutnya adalah konsumen curiga. Konsumen jenis ini selalu memiliki anggapan bahwa para penjual menjual barang dagangannya dengan harga gelap atau harga yang tidak masuk akal serta mengambil keuntungan yang berlipat – lipat.

6. Konsumen Pengadu Domba

Jenis konsumen ini merupakan konsumen yang menganggap bahwa penjual layak untuk diadu domba. Konsumen jenis ini selalu mengatakan bahwa harga yang dijual oleh penjual yang menawarkan lebih mahal dibandingkan dengan harga di tempat lain.

Sekian penjelasan kali ini mengenai pengertian konsumen, beserta tujuannya, dan juga jenis – jenis konsumen. Semoga Anda dapat lebih memahami dan mengerti dengan baik tentang pengertian konsumen, serta tujuan dan jenis – jenisnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend