Ukuran Lapangan Bola Basket dan Tinggi Ring yang Resmi + Gambar

Bola basket menjadi salah satu cabang olahraga yang terkenal di seluruh dunia. Olahraga bola basket semakin digemari karena dipercaya dapat menambah tinggi seseorang. Hal ini dikarenakan olahraga basket biasanya mengutamakan lompatan untuk memasukkan bola kedalam ring sebanyak-banyaknya.

Ketika melakukan olahraga basket, akan semakin mudah jika dilakukan ditempat yang terang dan cukup luas. Olahraga basket juga bisa dilakukan untuk melepas stress, sehingga otak dapat terus berkonsentrasi dengan jernih ketika lebih rileks.

Peningkatan konsentrasi akan lebih mudah meningkat jika anda melakukan olahraga dengan teratur. Hal ini bisa berdampak positif pada kondisi kesehatan dan fisik anda. Oleh karena itu olahraga merupakan suatu keharusan yang wajib dilakukan manusia.

Ukuran Lapangan Bola Basket + Tinggi Ring

Sebelum jauh dalam memahami permainan bola basket, hal pertama yag harus anda ketahui adalah bagaimana lapangan bola basket yang seharusnya. Sehingga ketika kondisi lapangan sudah sesuai dengan standar pada olahraga bola basket pada umumnya, akan semakin mudah dan nyaman ketika melakukan olahraga bola basket. Berikut merupakan penjelasan mengenai ukuran lapangan bola basket yang perlu anda ketahui:

Ukuran Lapangan Bola Basket

Ukuran Lapangan Bola Basket yang Umum (Versi NBA)

A. Ukuran lapangan bola basket versi National Basketball Association

National Basketball Association telah menetapkan dan menentukan bahwa ukuran lapangan bola basket yang dijadikan pedoman adalah dengan panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter. Ukuran lapangan ini bisa dikatakan sangat luas dan lebar, sehingga dapat menjadikan pertandingan dan permainan bola basket menjadi lebih leluasa dan lebih nyaman.

B. Ukuran lapangan bola basket versi Federasi Bola Basket Internasional

Lembaga lainnya yaitu Federasi Bola Basket Internasional juga menggunakan dan memiliki pedoman ukuran lapangan bola basket tersendiri. Ukuran yang digunakan oleh Federasi Bola Basket Internasional, ternyata sedikit berbeda beberapa meter dari ukuran yang digunakan oleh National Basketball Association.

Ukuran yang digunakan oleh Federasi Bola Basket Internasional ini adalah memiliki panjang 26 meter dan lebar 14 meter. Perbedaaannya tidak terlalu jauh dengan National Basketball Association, sehingga bisa disesuaikan dengan menganut standar lembaga yang mana.

Komponen Lapangan

1. Lingkaran dalam Lapangan

Pada bagian dalam lapangan bola basket, harus memiliki tiga buah lingkaran. Area ini terbagi menjadi 3 bagian dari sisi depan kedua ring basket dan 1 lingkaran tepat ditengah lapangan. Ukuran yang dijadikan pedoman untuk ukuran lingkaran ini adalah memiliki jari-jari sebesar 1,80 meter.

2. Ring Basket

Ukuran Lapangan Bola Basket - Ring Basket

Didalam lapangan basket harus ada 2 ring basket. Dimana, Ring basket yang digunakan memiliki ukuran tinggi atau panjang sebesar 0,40 meter. Dan jarak yang digunakan dari tiang penyangga ke garis akhir sebesar 1 meter.

Ring basket ini akan digunakan sebagai wadah untuk memasukkan bola basket sehingga masing-masing tim dapat mencetak poin atau golnya masing-masing, sehingga dapat memenangkan pertandingan.

3. Papan Pantul

Ring basket yang terdapat dalam lapangan juga dilengkapi dengan papan pantul. Dimana, ukuran yang digunakan untuk papan pantul bagian luar adalah dengan panjang 1,80 meter. Sedangkan untuk lebar dari bagian luar papan pantul adalah 1,20 meter. Selain itu, papan pantul juga harus memiliki standar ukuran dibagian dalam.

Dengan ukuran yang digunakan adalah memiliki panjang 0,59 meter dan lebar sebesar 0,45 meter. Selain ukuran papan pantul, terdapat ukuran jarak yang digunakan sebagai pedoman dalam aturan basket yaitu jarak dari lantai dan papan pantul bagian bawah harus 2,75 meter. Kemudian dari papan pantul bagian bawah ke bagian ring basket memiliki ukuran 0,30 meter.

4. Ukuran Garis Tengah

Dalam menentukan dan membangun lapangan basket, tentu harus ada garis tengah lapangan dan garis akhir. Kedua garis ini memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Ukuran yang digunakan pada kedua garis ini juga akan berbeda. Dimana, pada garis tengah lapangan bola basket memiliki ukuran sebesar 1,80 meter, dengan spesifikasi lebar barisnya adalah 0,05 meter.

5. Garis Akhir dan Garis tembakan

Dalam lapangan bola basket tentu akan ada area untuk daerah serang. Dimana area ini memiliki panjang garis akhir sebesar 6 meter. Sedangkan untuk garis tembakan hukuman memiliki ukuran 3,60 meter.

Ukuran Bola Basket

Ukuran Bola Basket

Ukuran Bola Basket

Selain ukuran lapangan yang selalu diperhatikan dalam pertandingan bola basket, hal yang cukup penting adalah bola basket. Dimana, bola yang digunakan adalah bola khusus untuk permainan olahraga basket. Dimana bola basket yang digunakan memiliki spesifikasi ukuran yang berbeda dengan bola-bola dalam olahraga lainnya. Ukuran yang digunakan adalah keliling bola sebesar 75 – 78 centimeter. Dengan berat bola basket yang digunakan adalah 600 – 650 gram.

Banyaknya komponen dalam lapangan bola basket menjadikan lapangan bola basket membutuhkan area yang cukup luas untuk bisa dijadikan sebagai lapangan bola basket yang mencukupi standar ukuran yang sudah ditetapkan dan banyak digunakan secara internasional. Olahraga basket ini menjadi olahraga yang cukup unik dan banyak memiliki perbedaan dengan olahraga lainnya. Banyak hal unik dari basket yang menjadikan olahraga dan permainan basket menjadi disukai oleh banyak orang dan dikenal secara internasional.

Nah, dengan demikian anda telah memahami sedikit lebih banyak informasi mengenai olahraga bola basket. Dengan anda mengetahui bagaimana ukuran lapangan bola basket dapat anda jadikan referensi jika anda ingin membangun lapangan bola basket ini.

Hal ini akan lebih mudah anda terapkan jika anda telah memahami bagaimana ukuran-ukuran standar yang seharusnya, sehingga ketika memainkan permainan bola basket ini akan lebih nyaman dan sesuai dengan lapangannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend