5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan, Hewan, Keindahan Alam Dll

Dalam kehidupan bermasyarakat, tentu akan sering terdengar yang namanya teks laporan. Dimana ketika seseorang berbicara tentang laporan, maka hal yang dipikirkan adalah mengenai sesuatu yang telah selesai dilakukan dan perlu dituliskan untuk bisa diambil berbagai informasi yang penting. Dalam sebuah laporan, tentu akan menyimpan banyak informasi-informasi penting yang perlu diketahui pembaca.

Pembaca laporan bisa jadi adalah orang-orang tertentu, misalnya dosen, pembimbing, teman, atasan di kantor, dan lain sebagainya. Dengan menuliskan sebuah laporan bisa meningkatkan kemampuan analisis kita sebagai orang yang menulis laporan tersebut. Sehingga kita bisa mengetahui berbagai macam hal dan wawasan tentang apa yang akan dituliskan dalam laporan.

Apapun yang dituliskan akan memiliki makna dan dapat menggambarkan arti tertentu. Sehingga penulisan laporan bisa ditulis sesuai dengan bidangnya. Terdapat berbagai macam jenis laporan observasi. Berikut merupakan beberapa contoh teks laporan hasil observasi yang bisa anda gunakan dalam penulisan laporan anda.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Hasil Observasi

Laporan hasil observasi bisa dilakukan dengan berbagai macam tujuan. Dimana, masing-masing observasi juga akan memiliki hal-hal yang berbeda mulai dari ulasan dan sudut pandang menjelaskannya. Sehingga laporan hasil observasi yang akan dihasilkan bisa berbeda dengan laporan yang dibuat oleh orang lain.

Laporan hasil observasi juga bisa dibedakan dengan berbagai studi kasus dan topik penelitiannya. Berikut merupakan contoh teks laporan hasil observasi dengan berbagai tema.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Berikut merupakan contoh teks laposan hasil observasi tentang tumbuhan yang sering dijadikan objek penelitian:

Kelapa

Kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki berbagai macam fungsi dan manfaat. Salah satu sebutan yang cocok untuk tumbuhan kelapa ini adalah tanaman multifungsi. Dimana, masing-masing komponen atau bagian dari kelapa memiliku manfaat tersendiri.

Dimulai dari buah kelapa yang memiliki fungsi bisa menteralkan racun, dan melegakan dahaga. Sabut kelapa yang menyelimuti buah kelapa juga bisa dijadikan bahan bakar untuk membakar bata atau hal lainnya, karena mudah terbakar. Tempurung kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kerajinan tangan. Pelepah kelapa yang bisa dijadikan ketupat dan lidinya bisa dijadikan sebagai sapu lidi.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Berikut merupakan contoh teks laposan hasil observasi tentang hewan yang sering diteliti:

Kucing

Kucing merupakan hewan mamalia yang berkaki 4. Kucing bisa disebut juga dengan felidae family. Dimana kucing merupakan satu jenis keluarga yang sama dengan harimau, singa, dan cheetah.

Selain itu, kucing yang sering kali ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah kucing kecil yang biasa dipelihara dirumah atau biasa ditemukan di jalanan. Kucing ini biasa memiliki berat badan sebesar 16 kg, dengan panjang 60 cm dan tinggi 45 cm. Namun, ukuran ini tidak akan sama persis untuk semua kucing yang ada. Karena bisa jadi memiliki banyak perbedaan dan perawatannya juga berbeda.

Sebagai hewan dan makhluk hidup, kucing memiliki pola pertahanan untuk melindungi dirinya dari musuh yaitu dengan mencakar, dan mengigit. Sehingga bisa dibilang, kucing juga bisa jadi berbahaya jika mendapatkan serangan dari musuhnya. Selain itu, kucing juga bisa menularkan virus-virus yang berbahaya yang bisa membahayakan kesehatan manusia. Oleh karena itu, jika memelihara kucing harus diperhatikan dengan benar.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Keluarga

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Keluarga

Berikut merupakan contoh teks laposan hasil observasi tentang keluarga yang perlu anda ketahui untuk dijadikan referensi:

Komunikasi dalam Keluarga

Komunikasi dalam keluarga, merupakan salah satu hal yang wjaib dilakukan oleh semua anggota keluarga dirumah. Mengapa? Karena dengan adanya komunikasi ini bisa meluruskan berbagai salah paham yang terjadi.

Komunikasi menjadi hal penting yang harus dilatih sejak kecil karena akan sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari dan dimasa depan. Komunikasi dalam keluarga bisa dimulai dengan membicarakan hal-hal kecil didalam rumah dan bercerita mengenai kehidupan sekolah dan sejenisnya.

Komunikasi bisa menjadikan seseorang menjadi lebih terdidik dan mudah untuk menyampaikan pendapatnya. Dengan adanya komunikasi ini bisa merekatkan hubungan antar anggota keluarga. Sehingga dengan komunikasi yang baik, keluarga bisa menjadi harmonis.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Keindahan Alam

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Keindahan Alam

Berikut merupakan contoh teks laposan hasil observasi tentang keindahan alam yang sering dijadikan objek penelitian:

Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di kawasan Banyuwangi, Jawa Timur. Kawah Ijen memiliki pesona yang sangat indah dengan pemandangan alam yang masih natural dan didukung dengan keramahan penduduk lokal super ramah. Kawah ijen menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik atau internasional.

Selain pemandangan seperti gunung yang disajikan di Kawah Ijen, terdapat hal yang membuat menarik dan berbeda dari kawasan wisata lainnya didunia. Hal yang menarik dari kawah ijen adalah terdapat Blue Fire atau api biru yang sangat cantik dan indah. Hal ini menjadikan kawah ijen merupakan salah satu kawah terindah di dunia.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan

Berikut merupakan contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan yang sering dijadikan bahan penelitian:

Sampah Plastik

Sampah plastik, sering didengar dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya sampah plastik ini menjadi permasalahan yang signifikan bagi lingkungan. Sehingga banyak terjadi pencemaran lingkungan yang diakibatkan dengan adanya sampah plastik.

Sampah plastik ini bisa dihasilkan dari bungkus makanan, produk rumahan dan produk-produk lainnya yang biasanya dibutuhkan manusia dalam setiap harinya. Dengan adanya sampah plastik ini, menjadi pemicu utama kematian hewan-hewan dilaut, jika sampah-sampah ini dibuang sembarangan ke laut.

Tips Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Tips Observasi

Dalam menuliskan sebuah laporan hasil observasi, anda terkadang memerlukan berbagai macam referensi agar laporan yang sedang anda kerjakan dapat memiliki nilai yang maksimal.

Hal ini akan berpengaruh pada tulisan yang anda sampaikan. Sehingga harus ada tips-tips jitu yang harus anda ketahui agar penulisan laporan bisa maksima. Berikut merupakan beberapa tips dalam membuat teks laporan hasil observasi:

  1. Tema kegiatan atau tema laporan harus ditentukan diawal
  2. Spesifikasikan observasi akan dilakukan dimana, kapan, dan siapa saja yang akan bertugas
  3. Spesifikasikan juga batasan masalah yang digunakan dalam observasi
  4. Laporan observasi harus mencantumkan data dan gambar untuk memperkuat bukti
  5. Bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah observasi
  6. Mulailah dengan observasi ringan disekitar untuk mempermudah melakukan observasi

Nah, sudah banyak bukan informasi yang disampaikan melalui artikel ini yang terkait dengan teks laporan hasil observasi dengan berbagai bahasan bidang beserta tips untuk membuat teks laporan hasil observasi agar lebih bagus dan maksimal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend