Pengertian Sampah Beserta Dampak, Jenis-Jenis dan Contoh Sampah Organik dan Anorganik

Pengertian Sampah

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan sampah ? Pengertian sampah yaitu merupakan sesuatu yang sengaja dibuang yang mana dihasilkan oleh proses produksi, seperti contoh proses industri ataupun rumah tangga atau domestik.

Dengan begitu, sampah merupakan sesuatu material sisa yang tak diinginkan oleh masyarakat atau manusia yang setelah berakhir sebuah penggunaan atau proses tersebut.

Material sisa tersebut juga dapat berupa dari manusia, tumbuhan dan heman yang sudah tak dipakai lagi dan umumnya kan dilepaskan ke alam berupa bentuk cair, padat, ataupun gas. Maka dari itu, sampah juga mempunyai beberapa jenis yang haru kita ketahui agar tidak akan membuat lingkungan kita menjadi tercemar.

Pengertian Sampah Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Sampah adalah

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan sampah, Anda apat meruju pada pendapat beberapa para ahli. Karena setiap ahli memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai sampah, tetapi memiliki maksud yang sama. Berikut adalah pengertian sampah menurut beberapa para ahli :

1. Menurut Juli Soemirat

Juli Soemirat beranggapan bahwasanya pengertian dari sampah yaitu merupakan sesuatu yang tidak diinginkan lagi oleh seseorang yang memiliki hal tersebut dan biasanya memiliki sifat yang padat.

2. Menurut Azwar

Azwar beranggapan bahwasanya pengertian dari sampah yaitu merupakan sebahagian dari sesuatu yang sudak tak lagi dipakai, tidak disenangi maupun sesuatu yang wajib untuk dibuang yang biasnaya juga berasal dari aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Tetapi hal tersebut bukanlah biologis, karena kotoran manusia justru tidak termasuk di dalamnya.

3. Menurut WHO (World Health Organization)

WHO beranggapan bahwasanya pengertian dari sampah yaitu merupakan sesuatu yang sudak tidak lagi digunakan, tidak disenangi, tidak dipakai, dan juga sesuatu yang sudah dibuang yang biasanya berasal dari aktivitas manusia dan tidak terjadi dengan sendirinya.

4. Menurut Undang-Undang

Sebuah UU tentang pengolahan sampah No 18 tahun 2008 memberikan pernyataan pengertian dari sampah yaitu suatu sisa dari kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh manusia dan juga dari proses alam yang juga memiliki bentuk padat.

5. Menurut Manik

Manik beranggapan bahwasanya pengertian dari sampah yaitu merupakan sesuatu benda yang sudah tak lagi digunakan atau tidak diinginkan dan justru harus dibuang , yang sudah dihasilkan oleh aktivitas manusia.

Dampak Sampah

Dampak Sampah

Menurut pengertian dari sampah, sampah juga memberikan dampak pada keseheatan makhluk hidup dan juga manusia. Dan pada umumnya, lokasi sampah yang kurang atau tidak memadai akan menjadikan tempat tersebut bersarang pada beberapa organisme yang dapat membawakan penyakit, contohnya yaitu seperti kuman, lalat, dan lainnya.

Dengan begitu, setiap dari macam-macam sampah yang tidak bisa diolah secara baik akan menimbulkan sejumlah penyakit. Contohnya yaitu seperti penyakit tifus yang akan menyebar secara cepat karena virus yang terdapat pada sampah tersebut.

Dan pada lingkungan, sampah juga dapat membuat dampak yang buruk pada kehidupan. Hal tersebut dikarenakan rembesan dari sampah akan masuk ke dalam drenaise yang dapat mencemari air, yang mana nantinya beberapa dari makhluk hidup di sekitarnya dapat mati karena sampah itu.

Jenis-Jenis Sampah

Jenis-Jenis Sampah

Dilihat dari sumbernya, sampah juga mempunyai berbagai jenis sampah. Contohnya yaitu seperti sampah konsumsi, sampah alam, sampah manusia, sampah pertambangan, sampah nuklir, dan juga sampah industri.

Sedangkan apabila dilihat dari sifatnya, sampah juga dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah anorganik merupakan sampah yang dapat diuraikan lagi oleh makhluk hidup. Di dalamnya termasuk beberapa jenis sampah, yaitu seperti pada sayuran, sisa makanan, saun yang kering, dan lain-lain yang asalnya dari sisa makhluk hidup juga.

Sedangkan pada sampah anorganik yaitu sampah yang tidak akan bisa diuraikan lagi oleh makhluk hidup. Dan didalamnya juga termasuk beberapa contoh sampah, seperti kaleng, gelas, plastik, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, ada juga jenis sampah yang dilihat dari bentuknya, yaitu sampah padat, sampah cair, sampah alam, sampah konsumsi dan juga sampah yang dihasilkan dari limbah radioaktif.

Contoh Sampah Organik dan Anorganik

Contoh Sampah Organik dan Anorganik

Sampah juga dibagi atas dasar sifatnya, yaitu organik dan juga anorganik. Dan berikut adalah contoh dan penjelasan mengenaik sampah organik dan juga anorganik :

1. Sampah Organik (degradable)

Sampah ini juga sering disebut dengan sampah degradable. Sampah organik merupakan sampah yang semakin lama nantinya ia akan menjadi busuk contohnya yaitu seperti pada sayuran, makanan, daun kering, dan lain sebagainya. Yang perlu untuk kita ketahui yaitu sampah organik ini bisa diproses dengan lebih lanjut, dan bida menjadi kompos.

2. Sampah Anorganik (terdegradasi)

Sampah ini juga sering disebut dengan sampah terdegradasi. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak dengan mudah untuk terurai, contohnya yaitu seperti pada kertas, plastik sebagai wadah dari makanan kemasan, botol, mainan yang terbuat dari plastik, kaleng, gelas minuman, kayu, dan lain sebagainya.

Tetapi sampah atau limbah tersebut juga bisa digunakan menjadi sampah komersial ataupun sampah yang menjadi produk yang mana nantinya dapat dijual dipasaran.

Contoh dari beberapa sampah anorganik yang bisa dijual yaitu seperti plastik yang menjadi wadah makanan kemasan, kaleng, kertas, gelas dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian sampah. Semoga dengan artikel ini Anda dapat menambah wawasan Anda mengenai sampah. Dan dengan adanya penjelasan mengenai jenis-jenis sampah, diharapkan Anda juga dapat membedakan beberapa sampah. Sehingga Anda dapat mengelompokkan beberapa sampah sesuai dengan jenis-jenisnya.

Dengan begitu, nantinya sampah tersebut akan dengan mudah untuk diolah. Terkhusus pada sampah anorganik, dimana sampah tersebut dapat dibuat menjadi aneka kerajinan yang sangat berguna untuk masyarakat luas.

Leave a Reply

Send this to a friend