Pengertian Kebugaran Jasmani Beserta Manfaat, Tujuan dan Unsur Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani 

Secara umum, kebugaran jasmani merupakan berbagai kegiatan atau aktifitas yang dapat menyehatkan tubuh dengan berolahraga. Kebugaram jasmani sangat berdampak positif bagi kehidupan dan kesehatan anda.

Sehingga sangat disarankan jika anda melakukan kegiatan kebugaran jasmani atau berolahraga secara teratur agar badan lebih sehat. Dengan anda semakin teratur dalam melakukan kegiatan kebugaran jasmani, maka kondisi fisik anda akan semakin bagus dan lebih sehat.

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Selain pengertian kebugaran jasmani secara umum, terdapat juga beberapa ahli yang menjelaskan mengenai pengertian kebugaran jasmani, seperti berikut:

1. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Joko Pekik Irianto

Menurut Joko Pekik Irianto, kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan seseorang untuk melakukan aktifitas dan pekerjaan mereka sehari-hari. Selain itu, mereka juga masih bisa menyimpan tenaga untuk menikmati waktu yang berkualitas mereka.

2. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Rusli Lutan

Menurut Rusli Lutan, kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan fisik yang membutuhkan kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan yang kuat.

3. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Prof. Sutarman

Menurut Prof. Sutarman, kebugaran jasmani merupakan suatu aspek fisik yang dapat memberikan kekuatan dan rasa sanggup atau kuat dalam menjalani hidup yang produktif dalam diri seseorang. Sehingga orang tersebut mudah menyesuaikan diri dengan berbagai macam kondisi fisik.

4. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Judith Rink

Menurut Judith Rink, kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan seseorang ketika melakukan aktifitas atau rutinitas yang membutuhkan energi yang cukup besar, namun mereka tidak merasa kelelahan yang berlebih dan masih bisa enjoy menikmati kegiatannya.

5. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Giri Widjojo dan Sumosardjuno

Menurut Giri Widjojo dan Sumosardjuno, kebugaran jasmani merupakan suatu kondisi kemampuan tubuh untuk dapat menyesuaikan fungsi tubug dalam batas fisiologinya pada keadaan dalam suatu lingkungan atau bisa diartikan sebagai kerja fisik secara efisien tanpa merasa kelelahan.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Manfaat Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani sangat berdampak pada kondisi fisik setiap orang yang melakukannya. Oleh karena itu akan banyak manfaat yang didapatkan dengan kita teratur melakukan aktifitas kebugaran jasmani. Berikut merupakan manfaat kebugaran jasmani:

1. Terhindar dari penyakit jantung

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang kurag sehat. Oleh karena itu, jika kita teratur dalam melaksanakan kegiatan kebugaran jasmani, kemungkinan besar kita dapat terhindar dari penyakit jantung karena kondisi fisik kita semakin sehat.

2. Menurunkan kolesterol

Kolesterol merupakan penyakit yang terkait dengan makanan berminyak dan terlalu banyak lemak. Sehingga dengan anda teratur melakukan aktifitas kebugaran jasmani, maka anda bisa menjadi pribadi yang lebih sehat dan bisa menurunkan kolesterol anda.

3. Meningkatkan mood atau suasana hati menjadi lebih baik

Ketika kondisi badan sedang fit dan segar, maka mood atau suasana hati anda juga akan merasakan hal yang sama yaitu akan merasa lebih baik. Hal ini bisa anda dapatkan dengan anda teratur untuk melakukan kegiatan kebugaran jasmani.

4. Mencegah insomnia

Kurang tidur dapat disebabkan oleh kondisi badan yang kurang fit dan stress. Dimana hal ini bisa anda atasi dengan rutin atau teratur berolahraga. Olahraga secara teratur dapat meningkatkan kondisi fisik anda menjadi lebih sehat sehingga dapat mencegah anda insomnia.

5. Mencegah penuaan dini

Dengan olahraga secara teratur, maka kondisi badan juga akan semakin fit sehingga anda dapat mencegah penuaan dini pada diri anda. Hal ini merupakan hal yang penting untuk diri anda sehingga dapat menjadi pribadi yang masih awet muda.

6. Terhindar dari obesitas

Dengan melakukan kegiatan kebugaran jasmani, maka anda dapat terhindar dari obesitas. Obesitas merupakan penyakit yang terkait dengan kelebihan berat badan.

7. Terhindar dari rasa cepat lelah

Kegiatan kebugaran jasmani yang dilakukan secara teratur dapat membuat tubuh menjadi fit, sehingga tubuh bisa terhindar dari rasa cepat lelah. Oleh karena itu, anda sangat disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur.

Tujuan Kebugaran Jasmani

Tujuan Kebugaran Jasmani

Berikut merupakan beberapa tujuan melakukan kebugaran jasmani:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Aktifitas yang dilakukan dalam kegiatan kebugaran jasmani dapat meningkatkan daya tubuh menjadi lebih baik. Sehingga anda dapat melakukan berbagai aktifitas apapun tanpa merasa sakit.

2. Meningkatkan kekuatan otot dan kecepatan

Fungsi otot dan kecepatan bagian-bagian tubuh dalam melakukan berbagai aktifitas akan mengalami dampak dari kegiatan kebugaran jasmani yang telah dilakukan. Sehingga dengan melakukan kegiatan kebugaran jasmani secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan kecepatan badan anda.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah menjadi hal yang penting untuk dijaga agar anda tetap sehat. Sehingga anda perlu melakukan kegiatan kebugaran jasmani untuk dapat meningkatkan sirkulasi darah yang lancar.

4. Mempertahankan kondisi tubuh

Kondisi tubuh akan mendapatkan dampak dari kegiatan yang anda lakukan. Sehingga perlu diketahui bahwa dengan anda melakukan kegiatan kebugaran jasmani dapat mempertahankan kondisi tubuh anda menjadi lebih sehat.

5. Meningkatkan kelentukan persendian

Dengan melakukan kegiatan kebugaran jasmani, maka persendian yang terdapat dalam badan anda akan menjadi lebih sehat dan lentuk.

Unsur-Unsur dalam Kebugaran Jasmani

unsur-unsur pendukung kebugaran jasmani

Selain manfaat dan tujuan kebugaran jasmani, dalam kebugaran jasmani juga terdapat unsur-unsur pendukung yang bisa anda pelajari. Berikut merupakan unsur-unsur pendukung kebugaran jasmani:

  • Kekuatan
  • Daya tahan
  • Kecepatan
  • Keseimbangan
  • Kelincahan
  • Koordinasi
  • Ketepatan
  • Reaksi

Nah, ketika sudah mengetahui beberapa informasi terkait pengertian kebugaran jasmani, kini anda tertarik untuk hidup lebih sehat bukan? Hidup sehat itu indah dan banyak mendatangkan manfaat bagi kehidupan. Selain itu, proses pemikiran otak juga akan menjadi lebih cepat ketika tubuh anda merasa fit. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend