Pengertian Filsafat Beserta Sejarah, Tujuan, Aliran dan Cabang-Cabang Filsafat 

Pengertian Filsafat 

Secara umum, filsafat adalah suatu studi tentang fenomena kehidupan manusia dan pemikirannya secara kritis dan dijabarkan dalam konsep-konsep yang mendasar.

Ilmu filsafat lebih fokus ke mengutarakan permasalahan yang terjadi, kemudian mencari solusinya dan memberikan argumentasi dan alasan yang tepat sesuai apa yang sedang dibahas. Dalam mempelajari ilmu filsafat diperlukan logika dan cara berpikir yang logis dan kritis dalam menanggapi berbagai hal.

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Selain pengertian Filsafat secara umum, terdapat juga beberapa ahli yang menjelaskan mengenai pengertian Filsafat, seperti berikut:

1. Pengertian Filsafat Menurut Plato

Menurut Plato, filsafat adalah suatu ilmu yang mencoba untuk mencapai pengetahuan tentang kebenaran yang sebenarnya.

2. Pengertian Filsafat Menurut Aristoteles

Menurut Aristoteles, filsafat adalah suatu ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang berisi berbagai macam ilmu, seperti ilmu metafisika, retorika, logika, etika, ekonomi, politik, dan estetika.

3. Pengertian Filsafat Menurut Al Farabi

Menurut Al farabi, filsafat merupakan suatu ilmu pengetahuan tentang bagaimana sifat sebenarnya dari sebuah kebenaran.

4. Pengertian Filsafat Menurut Hasbullah Bakry

Menurut Hasbullah Bakry, filsafat merupakan suatu ilmu yang meneliti secara mendalam mengenai ketuhanan, manusia, dan alam semesta. Dimana ilmu ini untuk menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana alam dapat dicapai sejauh pikiran manusia dan bagaimana pula perilaku manusia yang seharusnya setelah mencapai pengetahuan tersebut.

5. Pengertian Filsafat Menurut Ir. Proedjawijatna

Menurut Ir. Proedjawijatna, filsafat merupakan suatu ilmu yang berusaha untuk menemukan penyebab dari segala sesuatu dengan pikiran belaka.

6. Pengertian Filsafat Menurut Rene Descartes

Menurut Rene Descartes, filsafat merupakan suatu kumpulan pengetahuan bahwa Allah, Manusia, dan alam menjadi pokok penyelidikan.

7. Pengertian Filsafat Menurut Langeveld

Menurut Langeveld, filsafat merupakan pemikiran tentang masalah final dan menentukan yaitu masalah makna keadaan, Tughan dan kebebasan, serta keadilan.

Sejarah Filsafat

Sejarah filsafat

Pada abad ke-6 merupakan abad dimana filsafat mulai dikenalkan. Pada saat itu terdapat dua ahli filsuf yang corak pemikirannya hampir selalu dibicarakan pada setiap diskusi filsafat yaitu Herakleitos (535-475 SM) dan Parmenides (540-­475 SM). Perkembangan ilmu filsafat terbagi menjadi beberapa periodisasi seperti berikut ini:

1. Filsafat Barat

Dalam filsafat barat, aliran yang muncul dan memiliki pengaruh terhadap pemikiran filsafat adalah aliran Positivisme, Marxisme, Eksistensialisme, Fenomenologi, Pragmatisme, dan Neo­Kantianianisme dan Neo-tomisme.

2. Filsafat Cina

Dalam filsafat Cina, terbagi menjadi beberapa zaman yaitu zaman kuno, zaman pembauran, zaman Neo-Konfusionisme, dan Zaman modern. Pada filsafat Cina juga terdapat tema pokok yaitu kemanusiaan.

3. Filsafat India

Dalam filsafat India, terbagi menjadi beberapa periodisasi seperti Weda, Wiracarita, Sutra-sutra, dan skolastik.

4. Filsafat Islam

Dalam filsafat islam hanya terbagi menjadi dua periode saja yaitu periode Muta-kallimin dan periode filsafat islam.

5. Filsafat Yunani

Dalam perkembangannya, filsafat Yunani menjadi periode penting dalam sejarah peradaban manusia. Pada saat itu, pola pikir manusia masih mengandalkan mitos. Sehingga pada saat filsafat mulai dikenalkan pada masyarakat, pemikiran masyarakat menjadi lebih realistis terkait kejadian alam yang terjadi.

Tujuan Filsafat

Tujuan filsafat

Berikut merupakan tujuan filsafat yang perlu anda ketahui:

  • Bisa mendidik kita untuk menjadi manusia yang lebih terdidik dan bisa membangun diri sendiri. Sehingga kita bisa mengatasi permasalahan dunianya sendiri dengan baik.
  • Bisa menjadi seseorang yang lebih bijaksana, karena memiliki kepribadian yang bagus.
  • Agar kita bisa menjadi seseorang yang dapat berpikir sendiri. Oleh karena itu, pembelajaran filsafat sangat penting karena dapat melatih cara otak berpikir.
  • Agar kita dapat mendalami unsur-unsur pokok ilmu secara menyeluruh, sehingga bisa memahami sumber, hakikat dan tujuan ilmu filsafat

Aliran Filsafat

Aliran Filsafat

Berikut merupakan aliran filsafat pada umumnya yang penting untuk anda ketahui:

  • Materialisme, merupakan memahami esensi manusia yang bersifat material atau fisik
  • Idealisme, merupakan paham yang lebih menekankan ke idea dan bersifat spiritual
  • Dualisme, merupakan paham yang menyatakan realitas, yang bersifat unik dan tidak dapat direduksi.
  • Eksistensialisme, merupakan ajaran yang menyatakan bahwa cara berada manusia dan benda lainnya tidak sama
  • Strukturalisme, merupakan ajaran yang memahami masalah yang muncul pada sejarah filsafat
  • Empirisme, merupakan ajaran yang berpedoman pada pengalaman yang telah dilalui
  • Humanisme, merupakan ajaran yang berfokus pada pengutamaan individu dan memberikan kemerdekaan dalam berpikir
  • Rasionalisme, merupakan ajaran yang dijadikan landasan dalam melakukan tindakan dan menentukan segala sesuatu
  • Kritisme, merupakan aliran yang menghubungkan pandangan rasionalisme dan empirisme
  • Konstruktivisme, merupakan ajaran yang harus diperoleh dengan bersikap yang aktif

Cabang-Cabang Filsafat

cabang filsafat

Berikut merupakan beberapa cabang-cabang filsafat yang perlu anda ketahui:

  • Epistemologi, merupakan cabang filsafat yang berkaitan dengan asal, sifat, karakter, dan jenis pengetahuan. Misalkan tentang apa pengetahuannya, bagaimana karakteristiknya, macamnya, serta hubungannya dengan kebenaran dan keyakinan.
  • Estetika, merupakan ilmu yang membahas keindahan sesuatu, mulai dari bagaimana terbentuknya, dan seseorang bisa merasakannya.
  • Etika, merupakan cabang filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas, sehingga dapat menjadi sebuah studi tentang standar dan penilaian moral.
  • Filsafat Politik, merupakan cabang dari filsafat memiliki bahasan tentang tema kebebasan, keadilan, hak milik, hak, hukum, dan sebagainya.
  • Logika, merupakan cabang filsafat yang bisa mengusahakan hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan melalui tulisan dan dinyatakan dalam sebuah bahasa.
  • Metafisika, merupakan cabang filsafat dengan fokus pada penjelasan asal atau hakikat objek (fisik) di dunia.

Nah, dengan banyaknya informasi mengenai pengertian filsafat dan berbagai penjelasannya akan mempermudah anda dalam mendalami bagaimana ilmu filsafat digunakan. Sehingga pengetahuan anda dapat meningkat dan bisa digunakan ketika anda menemui permasalahan yang berkaitan dengan ilmu filsafat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend