• Our Partners:

Urutan Presiden Indonesia

7 Urutan Presiden Indonesia Beserta Wakilnya + Tahunnya (Lengkap)

Indonesia adalah negara kesatuan berbentuk republik yang sudah pasti memiliki presiden sebagai kepala negara. Sejak kemerdekaan, Indonesia sudah memiliki presiden pertama yakni Ir Soekarno.

Sejak kepemimpinan presiden Abdurrahman Wahid, ada ketentuan baru dimana presiden akan dipilih melalui pemilihan umum selama 5 tahun sekali.

Meski demikian, tentu masih ada banyak dari Anda yang tidak mengetahui urutan presiden Indonesia. Nyatanya, masih ada beberapa orang yang hanya tau sebatas Soekarno dan Soeharto saja. Padahal, ada 9 orang yang sudah pernah menjabat menjadi presiden negara Indonesia ini.

Urutan Presiden Indonesia

Ada 9 orang yang sudah pernah menempati posisi orang pertama di Indonesia. Berikut ini adalah urutan presiden Indonesia sejak merdeka hingga saat ini:

1. Soekarno

Presiden Indonesia Soekarno

Presiden pertama Indonesia adalah Bapak Ir Soekarno. Soekarno lahir pada tanggal 06 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta pada tanggal 21 Juni 1970. Ia menjadi presiden Indonesia pertama yang menjabat pada tahun 1945 hingga 1967. Bersama Mohammad Hatta, ia dijuluki sebagai bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia.

Beliau dilahirkan dengan nama Kusno, tetapi sejak saat itu ia sering sakit-sakitan. Maka dari itulah, ayahnya mengubah namanya menjadi Soekarno. Nama tersebut terinspirasi dari nama panglima besar dalam perang Bharata Yudha yakni Karna.

Ayah dari Soekarno adalah Raden Soekemi Sosrodiharjo, sedangkan ibunya adalah seorang wanita keturunan Bali dengan nama Ida Ayu Nyoman Rai. Soekarno bersekolah di Eerste Inlandse School. Sejak kecil, ia sudah dikenal sebagai anak yang cerdas.

2. Soeharto

Urutan Presiden Indonesia - Soeharto

Presiden kedua yang menjabat di Indonesia adalah Jendral Besar TNI Purnawirawan H.M Soeharto. Soeharto lahir di Yogyakarta pada tanggal 8 Juni 1921 dan meninggal di Jakarta, 27 Januari 2008. Wajah Soeharto selalu menunjukkan senyuman sehingga di dunia internasional ia dikenal dengan nama The Smiling General atau yang artinya Sang Jenderal Yang Tersenyum.

Ia menjabat sebagai presiden mulai tahun 1967 hingga tahun 1998. Banyak prestasi dan kontroversi yang ada selama masa jabatannya. Sebelum menjadi seorang presiden, Soeharto adalah pemimpin bidang militer berpangkat Mayor Jenderal. Salah satu prestasi militernya adalah berhasil menumpas Gerakan 30 September 1965.

Pada tanggal 26 Maret 1968, Majelis Permusyarawaratan Rakyat Sementara atau MPRS menyatakan Soeharto sebagai presiden yang akan menggantikan kepemimpinan Soekarno. Nama kepemimpinan dari Soeharto adalah Orde Baru. Ada 6 wakil presiden yang silih berganti menemani masa kepemimpinan Soeharto. Mereka adalah Hamengkubuwana IX, Adam Malik, Umar Wirahadikusumah, Sudharmono, Tri Sutrisno dan B.J Habibie.

3. B.J Habibie

Presiden Indonesia B.J Habibie

Setelah masa kepemimpinan Soeharto yang dicap penuh kontroversi, ia digantikan oleh presiden ketiga yakni Bacharuddin Jusuf Habibie. Ia lahir di kota Parepare pada tanggal 25 Juni 1936 dan meninggal pada 11 September 2019 di Jakarta. Sebelum menjadi seorang presiden, ia menjabat sebagai wakil presiden ketujuh yang mendampingi presiden Soeharto.

Ia adalah presiden Indonesia yang menjabat dengan periode paling singkat, yakni hanya 1 tahun 5 bulan. Presiden Habibie menikah dengan Hasri Ainun Besari dan memiliki dua orang anak, yakni Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Kisah hidup dan percintaannya dengan Ibu Ainun bahkan dibuatkan film.

BJ Habibie sempat menimba ilmu di Jerman dan dikenal oleh banyak orang secara Internasional. Prestasinya di bidang pesawat terbang membuatnya memiliki banyak sekali hak paten. Di pemerintahan Indonesia, ia sudah menjabat menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi mulai tahun 1978.

4. Abdurrahman Wahid

Urutan Presiden Indonesia dan Wakilnya - Gus Dur

Presiden keempat yang memerintah Indonesia adalah Abdurrahman Wahid. Presiden yang satu ini sering disapa Gus Dur. Gus Dur lahir di Jombang pada tanggal 7 September 1940 dan meninggal di Jakarta pada tanggal 30 Desember 2009. Ia menggantikan masa kepemimpinan BJ Habibie mulai tahun 1999 hingga 2001.

Ia dipilih untuk menggantikan Habibie setelah dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat. Ia menggunakan nama Kabinet Persatuan Nasional saat masa kepemimpinannya. Masa jabatan Abdurrahman Wahid berakhir pada saat sidang Istimewa Majelis Permusyawaratan Rakyat tahun 2001.

5. Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri

Megawati Seokarnoputri adalah presiden kelima yang menjabat menggantikan Abdurrahman Wahid. Ia lahir Yogyakarta pada tanggal 23 Januari 1947. Megawati adalah presiden wanita pertama di Indonesia. Ia juga merupakan putri dari presiden pertama Indonesia, Bapak Soekarno. Ia menjabat mulai dari tanggal 23 Juli 2001 hingga 20 Oktober 2004.

Pada pemilihan umum berikutnya, ia kalah suara dengan Susilo Bambang Yudhoyono. Sebelum menjadi seorang presiden, ia menjabat sebagai wakil presiden pada kepemimpinan presiden Abdurrahman Wahid. Di tahun 1999, ia memilih jalan lain dan berpisah dengan Partai Demokrasi Indonesia. Ia membentuk partai baru dan menjadi ketua umum. Partai tersebut adalah Partai Demokrasi indonesia Perjuangan atau PDI-P.

Ia memiliki 2 orang anak, yakni Mohammad Rizki Pratama dan Mohammad Prananda Prabowo dari suami Surindro Supjarso. Sedangkan dari Taufiq Kiemas, ia memiliki seorang putri bernama Puan Maharani. Megawati adalah putri dari Soekarno dan Fatmawati. Hingga saat ini, ia tetap menjabat sebagai ketua umum PDI-P periode 2015 sampai 2020.

6. Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono

Preside keenam negara Indonesia adalah Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY. Beliau lahir pada tanggal 9 September 1949 di Pacitan. Ia memenangkan suara pada pemilihan umum yang diadakan pada tahun 2004. Ia menjabat selama dua periode, yakni periode tahun 2004 sampai 2009 dan periode 2009 sampai 2014.

Selama dua periode tersebut, ia memiliki dua orang wakil presiden. Wakil presiden yang menemaninya selama periode pertama adalah Jusuf Kalla. Sedangkan wakil presiden yang mendampinginya selama periode kedua adalah Boediono. Pada awal karirnya, SBY memulai dalam bidang militer. Karir militer yang ia jalani terhenti saat ia ditunjuk oleh Presiden Abdurrahman Wajid menjadi Menteri Pertambangan dan Energi. Saat itulah ia mendirikan sebuah partai bernama partai Demokrat.

Kemenangannya dalam pemilu langsung tahun 2004 membuatnya menjadi presiden pertama yang terpilih langsung oleh rakyat. Orangtua SBY adalah Bapak Soekotjo dan Siti Habibah. Ia menikah dengan Kristiani Herrawati dan memiliki dua orang putra. Putra pertama adalah Agus Harimurti Yudhoyono dan putra kedua adalah Edhie Baskoro Yudhoyono.

7. Joko Widodo

Urutan Presiden Indonesia - Jokowi

Presiden ketujuh yang hingga saat ini masih menjabat sebagai presiden Indonesia adalah Ir H. Joko Widodo. Presiden yang lebih akrab disapa Jokowi ini lahir pada tanggal 21 Juni 1961 di Surakarta. Pada pemilihan umum tahun 2014, ia terpilih bersama dengan wakil presiden Jusuf Kalla.

Sedangkan pada pemilihan umum tahun 2019, ia terpilih bersama dengan K.H Ma’ruf Amin sebagai wakil presiden. Sebelum menjadi seorang presiden, Joko Widodo pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta. Ia menikah dengan Ibu Iriana dan memiliki 3 orang anak. Putra pertama adalah Gibran Rakabuming Raka, putri kedua adalah Kahiyang Ayu dan putra ketiga adalah Kaesang Pangarep. Melalui hasil pemilu 2019, ia dan KH Ma’ruf Amin resmi menjabar hingga tahun 2024. Joko Widodo adalah putra dari bapak Noto Mihardo dan ibu Sudjiatmi.

Itu dia profil singkat dari ketujuh orang yang pernah menjabat menjadi presiden di Indonesia. Tentu penting untuk setidaknya tahu dengan singkat profil dari para presiden yang sudah memimpin negara kita.

Leave a Reply

Send this to a friend