Pengertian Geografi Beserta Manfaat, Ruang Lingkup dan Objek Geografi

Pengertian Geografi

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan dari Geografi ? Selama ini orang-orang menganggap bahwasanya geografi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari mengenai bumi. Tidak hanya itu, definisi dari geografi sebenarnya melebihi itu, karena geografi mencakup prinsip, ruang ingkup, dan juga aspek-aspek yang ada didalam geografi dan memiliki ikatan hubungan dengan kehidupan sejumlah manusia.

Pengertian geografi secara umum yaitu merupakan suatu ilmu yang membahas persamaan, perbedaan, dan lokasi suatu keruangan dari fenomena fisik yang terjadi dan juga manusia yang ada di bumi.

Asal kata geografi itu sendiri diambil dari bahasa Yunani, yakni geo yang memiliki arti Bumi dan kata graphein yang memiliki arti menjelaskan atau tulisan. Ilmu pengetahuan geografi pun hingga kini telah diajarkan di sekolah.

Pengertian Geografi Menurut Beberapa Para Ahli

Pengertian Geografi adalah

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan geografi, Anda dapat merujuk pada pengertian geografi dibawah ini. Dimana pengertian geografi dibawah ini adalah pengertian geografi menurut beberapa para ahli :

1. Menurut Claudius Ptolomaeus

Claudius Ptolomaeus beranggapan bahwa pengertian dari geografi adalah sebuah penyajian yang melewati peta dari separuh sampai keseluruhan yang ada di permukaan bumi ini.

2. Menurut Karl Rither

Karl Rither beranggapan bahwa pengertian dari geografi adalah suatu analisis mengenai bumi yang mana sebagai tempat hidupnya manusia. ilmu pengetahuan geografi pun bisa mencakup dalam segala jenis fenomena yang ada di muka bumi ini, contohnya yaitu seperti pada alam organik dan anorganik. Yang mana hal tersebut masih memiliki keterkaitan dengan kehidupan manusia, contohnya kegiatan manusia.

3. Menurut Strabo

Strabo beranggapan bahwa pengertian dari geografi adalah  suatu cabang ilmuyang berkaitan erat dengan adanya faktor lokasi, karakteristik khusus dan juga hubungan yang ada diantara wilayah dalam keseluruhannya.

4. Menurut Von Rithoffen

Von Rithoffen beranggapan bahwa pengertian dari geografi adalah ilmu yang membahas mengenai sifat-sifat yang ada di permukaan bumi, gejala dan juga penduduknya yang telah disusun dan didasari oleh letaknya, serta dapat mencoba menjelaskan suatu hubungan timbal balik diantara sifat dan gejala-gejala yang ada.

5. Menurut Paul Vidal de La Blance

Paul Vidal de La Blance beranggapan bahwa pengertian dari geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai kuaitas dari negara-negara, yang mana bisa menjadi penentu dari suatu kehidupan dan tegantung pada bagaimana manusia tersebut dapat mengolah alam itu sendiri.

Manfaat Geografi

Manfaat Geografi

Berikut adalah beberapa manfaat geografi yang perlu Anda ketahui :

  • Manfaat dari geografi yaitu dapat menggunakan tata guna lahan demi aktivitas pertanian.
  • Manfaat dari geografi yaitu dapat menggunakan sumber daya tambang yang telah dihasilkan dari sebuah daerah.
  • Manfaat dari geografi yaitu dapat menggunakan energi geotermal, yang mana energi geotermal tersebut adalah panas bumi yang masuk melewati peledakan rongga-rongga yang besar dan berada di dalam kerak bumi.
  • Manfaat dari geografi yaitu dapat meneliti dan mengenal daerah-daerah tertentu yang menjadi pusat gempa. Yang mana nantinya akan dapat mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi.
  • Manfaat dari geografi yaitu dapat menggunakan angin menjadi suatu sember energi yang menggunakan kincir angin atau alat aerodinamika.
  • Manfaat dari geografi yaitu dapat menggunakan kilatan dari petir yang berguna untuk menambah energi dari sumber daya energi listrik.
  • Manfaat dari geografi yaitu dapat menggunakan lapisan udara untuk mendapatkan frekuensi gelombang radio.
  • Manfaat dari geografi yaitu dapat mengetahui ramalan cuaca yang nantinya dapat membantu kita dalam aktivitas seperti pertanian dan juga perhubungan.
  • Manfaat dari geografi yaitu dapat menggunakan sungai sebagai sumber pembangkit dari tenaga listrik.
  • Manfaat dari geografi yaitu dapat menggunakan ombak ataupun gelombang yang berguna untuk olahraga air.

Ruang Lingkup Geografi

Ruang Lingkup Geografi

Geografi memiliki 3 ruang lingkup, yaitu geografi fisik, geografi sosial dan geografi regional. Berikut penjelasan mengenai ruang lingkup geografi :

1. Ruang lingkup geografi fisik

Geografi fisik adalah suatu ilmu dari geografi yang mempelajari keseluruhan kondisi fisik yang ada di suatu fenomena atau peristiwa yang telah terjadi di bumi ini. Geografi fisik juga menyangkut dari keadaan yang ada di lingkungan alam luar manusia contohnya yaitu gejala-gejala alam yang berada di geosfer dan berkaitan dengan relief, bentuk, iklim.

Tidak hanya itu, geosfer juga memiliki kaitan dari seluruh sesuatu mengenai bumi dan juga proses-proses fisik yang sudah terjadi di daratan, udara, dan laut. Yang mana hal tersebut sangat berpengaruh untuk kelangsungan hidup manusia.

Beberapa hal yang termasuk dari ruang lingkup geografi fisik yaitu segala gejala yang ada dan terjadi di atmosfer (lapisan udara), pedosfer (lapisan tanah), litosfer (lapisan batuan), antroposfer (ruang angkasa), biosfer (lapisan kehidupan, dan hidrosfer (lapisan air).

2. Ruang lingkup geografi sosial

Geografi sosial adalah suatu ilmu pengetahuan dari geografi yang mempelajari mengenai seluruh kegiatan yang ada di kehidupan manusia secara lengkap dengan interaksi yang akan dilakukannya dengan lingkungan. Contoh dari ruang lingkup yang satu ini adalah lingkungan budaya, lingkungan ekonomi dan juga lingkungan sosial.

Dimana geografi sosial ini memiliki permasalahan-permasalahan yang memiliki kaitan dengan kegiatan manusia yang ada didalam ruang tersebut, yang mana kegiatan tersebut menjadikan manusia sebagai seorang makhluk sosial.

3. Ruang lingkup geografi regional

Geografi regional merupakan suatu ilmu dari geograsi yang mempelajari mengenai sebuah topik yang khusus, dan mencakup suatu daerah tertentu. Geografi regional ini juga mempelajari sebuah bahasan atau topik yang mengkhususkan suatu cakupan dari wilayah maupun daerah tertentu secara keseluruhan, bisa dari aspek sosial maupun aspek fisiknya.

Wilayah-wilayah yang diteliti tersebut dapat berupa provinsi, kota, negara, maupun desa. Dan geografi regional ini juga sering disebut menjadi sebuah bentuk yang paling tinggi didalam geografi.

Objek Geografi

Objek Geografi

Setiap ilmu pengetahuan memiliki beberapa objek studi, begitu juga dengan ilmu pengetahuan geografi. Berikut adalah objek studi dari geografi yang dibagi menjadi dua, yaitu :

1. Objek Formal

Dalam ilmu pengetahuan geografi memiliki yang namanya objek formal. Objek studi yang satu ini merupakan sebuah cara pandang keruangan yang dapat dituangkan ke dalam konsep yang ada di dalam geografi. Maka dari itu, di dalam objek formal yang menjadi sebuah objek bukanlah suatu benda ataupun material, akan tetapi adalah fenomena keruangan.

Untuk dapat membahas lebih dalam dari fenomena yang ada di muka bumi, ilmu pengetahuan geografi ini sering menganalisis lokasi, melakukan persebaran di dalam bumi dan juga dapat saling berkaitan dengan sebuah fenomena dan fenomena yang lain.

2. Objek Material

Dalam ilmu pengetahuan geograsi mempunyai objek yang dinamakan objek material, objek ini merupakan fenomena dari geosfer atau permukaan bumi, dan didalamnya terdapat litosfer, atmosfer, pedosfer, biosfer, hidrosfer dan antroposfer.

Biosfer atau dunia tumbuhan dan hewan telah membentuk suatu lingkungan geografi yang didalamnya ada beberapa komponen abiotik contohnya yaitu tanah, air, udara, barang tambang, dan lain-lain. Serta juga terdapat komponen biotik yang didalamnya terdapat tumbuhan dan juga hewan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian geografi dan hal-hal penting yang terkait didalamnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengerjakan tugas, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Send this to a friend