Pengertian Investasi Beserta Tujuan, Jenis-Jenis dan Contoh Investasi

Pengertian Investasi

Secara umum, Pengertian Investasi adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang meletakkan dana pada 1 periode dengan tujuan agar dana tersebut dapat mengasilkan laba atau keuntungan dan juga meningkatkan nilai investasi.

Pengertian investasi berdasarkan Wikipedia yaitu suatu istilah yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan yang berhubungan dengan akumulasi atau penjemulahan dalam bentuk aktiva dengan tujuan untuk memperoleh laba atau keuntungan.

Orang yang melakukan investasi biasa disebut sebagai Investor. Selain investasi, orang – orang biasanya menyebutnya sebagai penanaman modal pada suatu perusahaan. Investasi sudah sangat terkenal dalam kalangan pebisnis pastinya.

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Pengertian Investasi adalah

Selain penjelasan diatas mengenai pengertian investasi, ada juga beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian investasi. Berikut ini beberapa pendapat ahli mengenai pengertian investasi, yaitu :

1. Haming dan Basalamah

Menurut para ahli yang bernama Haming dan Basalamah, pengertian investasi adalah mengeluarkan pengeluaran pada saat sekarang untuk melakukan pembelian aktiva riil seperti, mobil, properti dan lain sebagainya atau juga bisa melakukan aktiva keuangan untuk tujuan memperoleh atau mendapatkan hasil atau keuntungan yang lebih besar di masa depan.

2. Henry Simamora

Menurut seorang ahli yang bernama Henry Simamora, mengatakan bahwa pengertian investasi adalah suatu kegiatan atau aktiva yang digunakan dan dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kekayaan perusahaannya melalui distribusi hasil investasi seperti, royalti, pendapatan bunga, pendapatan sewa, dan lain sebagainya dengan tujuan untuk apresiasi nilai investasi. Dan juga perusahaan akan mendapatkan manfaat lain melalui kegiatan investasi dari hubungan dagang.

3. Salim HS dan Budi Sutrisno

Menurut para ahli yang bernama Salim HS dan Budi Sutrisno, mengemukakan bahwa investasi merupakan suatu aktivitas atau kegiatan penanaman modal yang dilakukan oleh para investor, baik lokal maupun asing di dalam berbagai macam jenis bidang usaha yang bisa melakukan investasi. Para investor melakukan investasi memiliki tujuan utama yaitu untuk mendapatkan laba atau keuntungan.

4. Deliarnov (1995,h:123)

Menurut seorang ahli yang bernama Deliarnov, mengatakan bahwa investasi merupakan kegiatan yanga melakukan pengeluaran seluruhnya seperti, pengeluaran untuk membeli mesin – mesin, bahan baku, dan juga modal lainnya yang digunakan dalam proses produksi, seperti pengeluaran untuk membangun kantor, membangun tempat tinggal karyawan dan membangun bangunan lainnya.

5. Kasmir dan Jakfar (2012)

Menurut ahli yang bernama Kasmir dan Jakfar, mengatakan bahwa investasi merupakan kegiatan penanaman modal dalam jangka waktu yang relatif panjang di dalam berbagai jenis bidang usaha. Modal yang ditanam berupa proyek tertentu, baik yang memiliki sifat fisik atau non fisik, misalnya seperti proyek pembangunan jalan, jembatan, dan lain sebagainya.

Tujuan Investasi

Tujuan Investasi

Berdasarkan beberapa pengertian investasi diatas, selain tujuan utama investasi untuk mendapatkan keuntungan, ada juga beberapa tujuan lainnya dari investasi. Berikut ini beberapa tujuan investasi lainnya, yaitu :

1. Untuk Mendapatkan Penghasilan Tetap

Ketika Anda melakukan penanaman modal atau investas di suatu perusahan, maka Anda akan mendapatkan royalti atau keuntungan secara terus menerus selama perusahaan tersebut didirikan. Asalkan, Anda melakukan investasi secara rutin dan berkala.

2. Untuk Memperbesar Usaha

Selain tujuan dari investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan berupa uang, Anda juga akan mendapatkan keuntungan lainnya, seperti Anda dapat memperbesar usaha atau perusahaan Anda dan lain sebagainya..

3. Untuk Jaminan Bisnis

Tujuan lainnya adalah Anda akan mendapatkan jaminan bisnis. Misalnya seperti, jika Anda menanamkan modal pada supplier, maka Anda akan mendapatkan jaminan bisnis yaitu Anda tidak akan kekurangan bahan baku dan Anda akan terus mendapatkan pasar untuk menjual produk Anda.

4. Untuk Mengurangi Persaingan

Dengan melakukan penanaman modal atau investasi, Anda juga dapat mengurangi persaingan dengan perusahaan yang menggeluti pada bidang yang sama seperti Anda.

5. Untuk Menjalin Hubungan Baik

Dengan melakukan investasi, Anda dapat menjalin kerjasama yang baik antar perusahaan dan Anda juga dapat menjaga hubungan dengan perusahaan dimana Anda menanamkan modal Anda disana.

Jenis – Jenis Investasi

Jenis - Jenis Investasi

Investasi atau penanaman modal juga memiliki beberapa jenis – jenisnya. Ada beberapa bagian jenis investasi. Berikut ini jenis – jenis investasi, antara lain :

1. Jenis Investasi Berdasarkan Asetnya

Investasi berdasarkan aset maksudnya adalah pembagian investasi dari segi aspek kekayaan atau modal. Investasi berdasarkan aser dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  • Real Asset merupakan investasi yang berbentuk, misalnya gedung.
  • Financial Asset merupakan investasi yang berbentuk dokumen atau surat yang tidak langsung dari pemegang modalnya.

2. Jenis Investasi Berdasarkan Pengaruhnya

Investasi berdasarkan pengaruhnya maksudnya adalah investasi yang berdasarkan pada beberapa faktor baik yang berpengaruh maupun yang tidak berpengaruh pada kegiatan investasi tersebut. Investasi berdasarkan pengaruhnya dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  • Investasi Autonomus merupakan tingkat pendapatan tidak berpengaruh pada investasi dan memiliki sifat spekulatif.
  • Investasi Induced merupakan kenaikan permintaan barang atau jasa dan tingkat pendapatan memiliki pengaruh dalam investasi.

3. Jenis Investasi Berdasarkan Sumber Pembiayaannya

Investasi berdasarkan sumber pembiayaannya maksudnya adalah investasi yang berdasarkan pada asal usul investasi yang didapatkan. Investasi ini dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu investasi yang berasal dari modal asing dan investasi yang berasal dari modal dalam negeri.

4. Jenis Investasi Berdasarkan Bentuknya

Investasi berdasarkan bentuknya adalah investasi yang berdasarkan pada bagaimana cara menanam investasinya. Investasi ini dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  • Investasi Portopolio merupakan invesatasi yang dilakukan melalui pasar modal dengan menggunakan instrumen surat berharga.
  • Investasi Langsung merupakan investasi yang dilakukan dengan membeli total, membangun, dan mengakuisi perusahaan.

5. Jenis Investasi Berdasarkan Waktunya

Investasi berdasarkan waktunya merupakan investasi yang dilakukan didasarkan waktunya. Investasi ini dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  • Investasi Jangka Pendek merupakan investasi yang keuntungannya dapat dilihat kurang dari 1 tahun.
  • Investasi Jangka Panjang merupakan investasi yang keuntungannya dapat dilihat setelah kurun waktu lebih dari 1 tahun.

Contoh Investasi

contoh investasi

Berdasarkan dari jenis – jenis investasi diatas, ada beberapa contoh dari setiap jenisnya. Berikut ini beberapa contoh investasi berdasarkan jenis – jenisnya, yaitu :

1. Contoh Investasi Berdasarkan Asetnya

  • Real Asset , contoh : investasi logam mulia, investasi tanah, properti, dan lain sebagainya.
  • Financial Asset , contoh : obligasi, reksa dana, saham, dan lainnya.

2. Contoh Investasi Berdasarkan Pengaruhnya

  • Investasi Autonomus , contoh : pembelian surat berharga.
  • Investasi Induced , contoh : penghasilan yang didapatkan selain dari bekerja, seperti bunga.

3. Jenis Investasi Berdasarkan Sumber Pembiayaannya

  • Investasi dari Modal Asing , contoh : segala bentuk investasi yang dilakukan oleh orang asing atau luar negeri.
  • Investasi dari Modal Dalam Negeri , contoh : segala bentuk investasi yang dilakukan oleh dalam negeri

4. Jenis Investasi Berdasarkan Bentuknya

  • Investasi Portopolio , contoh : obligasi, saham
  • Investasi Langsung , contoh : membeli total

5. Jenis Investasi Berdasarkan Waktunya

  • Investasi Jangka Pendek , contoh : deposito bank, tabungan bank, forex.
  • Investasi Jangka Panjang, contoh : reksadana, asuransi, logam mulia, dan lainnya.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai pengertian investasi, beserta tujuannya, jenis – jenisnya dan juga contoh – contoh investasi. Semoga Anda dapat lebih memahami dan mengerti tentang apa itu investasi, serta tujuan, jenis – jenis, dan juga contoh – contohnya. Semoga artikel ini dapat lebih bermanfaat. Terimakasih 🙂

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend