pengertian modal adalah

Pengertian Modal Beserta Fungsi, Sumber dan Jenis-Jenis Modal

Pengertian Modal

Dalam suatu usaha maupun ketika kita ingin merintis sebuah usaha, pasti memerlukan sebuah modal. Tapi tahukah Anda apa yang dimaksud dengan modal tersebut ? Secara umum, pengertian modal yaitu suatu sekumpulan uang maupun barang yang sering digunakan untuk menjadi suaru dasar agar melaksanakan sebuah pekerjaan.

Didalam bahasa inggris, modal juga sering disebut dengan capital, hal itu berarti barang yang dapat dihasilkan oleh manusia maupun alam yang bertujuan untuk bisa membantu memproduksi suatu barang lain yang dapat dibutuhkan sekelompok manusia dan dengan tujuan agar mendapatkan keuntungan.

Modal juga adalah suatu hal yang sangat vital didalam suatu perusahaan maupun bisnis. Tanpa adanya modal, maka bisnis yang akan dijalankan tak bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya. Untuk menjalankan bisnis pasti membutuhkan modal yang berbeda-beda jumlahnya, baik itu bisnis yang besar maupun bisnis yang kecil.

Dan pada intinya, modal merupakan asset utama didalam perusahaan yang berguna untuk menjalankan suatu bisnis, yang mana biasanya modal tersebut dapat berbentuk uang maupun barang. Dan dengan uang tersebut maka bisnis dapat berjalan dengan lancar dan bisa untuk mendukung suatu proses pada produksi sampai pemasarannya.

Pengertian Modal Menurut Para Ahli

Pengertian Modal Menurut Para Ahli

Para ilmuan atau ahli di dalam bidang ekonomi juga pernah menjelaskan pengertian modal menurut mereka sendiri. Dan berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian modal menurut beberapa para ahli. Dengan pengertian dibawah ini, Anda dapat memahami pengertian modal dengan berbagai penjelasannya.

1. Menurut Bambang Riyanto

Seorang ahli bidang ekonomi bernama bambang riyanto berpendapat bahwasanya pengertian dari modal yaitu merupakan suatu hasil produksi yang dapat digunakan lagi untuk memroduksi dalam tahap lanjut.

Didalam perkembangannya, selanjutnya modal tersebut lebih ditekankan kepada nilai, daya beli, maupun kekuasaan menggunakan yang terdapat didalam barang-barang modal tersebut.

2. Menurut Mayo

Seorang ahli bernama Mayo berpendapat bahwasanya pengertian dari modal yaitu merupakan berbagai macam instrument utang yang memanfaatkan dana investor yang juga membeli sekuritas utang. Terdapat 2 jenis saham, yakni saham biasa dan saham preferen.

4. Menurut Profesor Polak

Seorang ahli bernama Profesor Polak berpendapat bahwasanya pengertian dari modal yaitu merupakan kekuasaan yang dipunyai oleh seseorang maupun organisasi yang dapat menggunakan barang-barang modal (Yang berada di neraca kredit). Hal ini dimaksudan dengan suatu barang modal yaitu beberapa barang didalam suatu perusahaan yang juga belum digunakan.

4. Menurut Profesor Meij

Seorang ahli bernama Profesor Meij berpendapat bahwasanya pengertian dari modal yaitu merupakan kolektivitas terhadap barang-barang modal (seluruh barang yang ada didalam rumah tangga perusahaan yang memiliki fungsi produktifnya untuk dapat membentuk suatu pendapatan) yang ada didalam suatu neraca sebelah debit, dan juga kekayaan yaitu daya beli yang ada didalam suatu barang modal yang terdapat didalam neraca sebelah kredit.

5. Menurut Lawrence J. Gitman

Seorang ahli bernama Lawrence J. Gitman berpendapat bahwasanya pengertian dari modal yaitu merupakansuatu bentuk pinjaman didalam jangka waktu yang tertentu dan dimiliki oleh suatu perusahaan, maupun segala hal yang terdapat di dalam bagian kanan neraca perusahaan kecuali kewajiban saat sekarang ini.

6. Menurut Drs. Moekijat

Seorang ahli bernama Drs. Moekijat berpendapat bahwasanya pengertian dari modal yaitu merupakan segala hal yang dipunyai oleh suatu perusahaan, yang diantaranya adalah kredit, uang tunai, hak membuat dan juga menjual sesuatu yang berbentuk suatu paten), property, dan juga mesin-mesin.

7. Menurut Profesor A. Bakker

Seorang ahli bernama Profesor A. Bakker berpendapat bahwasanya pengertian dari modal yaitu merupakan barang-barang konkret yang saat ini masih ada didalam rumah tangga suatu perusahaan dan terdapat didalam neraca bagian depit, ataupun dapat berbentuk suatu daya beli maupun nilai tukar segala barang-barang yang sudah tercatat didalam neraca bagian kredit.

8. Menurut Munawir

Seorang ahli bernama Munawir berpendapat bahwasanya pengertian dari modal yaitu merupakan suatu kekayaan yang ada diperusahaan dan dapat berasal dari eksternal maupun internal serta didalamnya termasuk juga suatu kekayaan yang telah dihasilkan dari suatu proses produksi di suatu perusahaan.

9. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

KBBI berpendapat bahwasanya pengertian modal yaitu sejumlah uang yang dapat digunakan menjadi pokok untuk bisa berdagang, yang didalamnya dapat berupa harta benda yang berbentuk barang maupun uang dan bisa juga digunakan didalam menghasilkan sesuatu yang mampu untuk menambahkan kekayaan dan lain sebagainya.

Fungsi dan Manfaat Modal

Apa itu modal? Modal adalah

Modal juga memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing, dimana dapat dijelaskan pada penjelasan dibawah ini.

Umumnya modal uang sebagai pokok dari mulainya perjalanan sebuah usaha dan fungsi dari modal tersebut adalah sebagai berikut :

  • Modal dapat berfungsi untuk membayar biasa air maupun listrik
  • Modal dapat berfungsi untuk pembiayaan suatu transportasi, contohnya yaitu untuk dapat mengantarkan pemesanan suatu barang maupun pengambilan suatu barang
  • Modal dapat berfungsi untuk kas pada bagian kasir dan dapat digunakan untuk uang dalam pengembalian kelebihan pada pembayaran.
  • Modal dapat berfungsi untuk melakukan pembayaran pada biaya telepon maupun komunikasi dari dan juga ke pelanggan maupun konsumen
  • Modal dapat berfungsi untuk melakukan pembiayaan perizinan pada pendirian suatu usaha

Suatu hal yang penting dalam modal yaitu dapat membantu memproduksi suatu barang lannya yang juga dibutuhkan oleh seorang manusia dan memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan seperti penjelasan berikut ini.

1. Bermanfaat untuk penyediaan bahan produksi

Modal juga dibutuhkan untuk dapat menyediakan suatu bahan produksi yang didalamnya termasuk suatu bahan baku, peralatan yang dapat mendukung dan juga mesin produksi. Didalam bisnis yang akan dijalankan, suatu usaha di bidang penyedia produk pasti memerlukan suatu modal yang dapat digunakan untuk membeli suatu peralatan produksi.

2. Bermanfaat untuk menjadi simpanan

Modal tak harus sepenuhnya digunakan untuk kepentingan suatu produksi, tetapi modal juga harus dapat digunakan menjadi bentuk simpanan. Hal tersebut dilakukan untuk bisa mengantisipasi hal yang tak diinginkan contohnya seperti defisit, kekurangan biaya operasional maupun yang terjadi pada peningkatan permintaan pasar.

3. Bermanfaat untuk penyewaan tempat

Tak mempunyai lahan untuk bisa berbisnis berarti Anda juga membutuhkan persewaan tempat. Adanya modal sangat penting untuk hal tersebut jika dibantungkan dengan harus membeli suatu lahan yang biayanya juga jauh lebih mahal.

4. Bermanfaat untuk menggaji pekerja

Untuk bisa menjalankan suatu perusahaan pasti tak akan pernah lepas dari anggota-anggota didalam perusahaan. Dan didalam hal ini tenaga kerja maupun pegawai haruslah mendapatkan gaji, tunjangan maupun asuransi dalam keselamatan kerja.

Sumber Modal

Sumber Modal

Modal juga terdiri atas 2 sumber, yakni sumber dari dalam perusahaan atau biasa disebut dengan internal maupun sumber dari luar perusahaan atau biasa disebut dengan eksternal. Berikut adalah penjelasannya :

1. Sumber Internal

Sumber modal dalam hal ini berasal dari segala kegiatan maupun aktivitas suatu usaha yang telah dijalankan oleh suatu perusahaan yang dapat menghasilkan suatu keuntungan. Berbagai sumber modal perusahaan dari dalam yang bisa digunakan yaitu laba ditahan, skumulasi penyusutan dan berbagai sumber modal lainnya.

2. Sumber Eksternal

Berbeda dengan sumber internal yang dapat terlihat terbatas (Cuma dari hasil kediatan usahanya saja), suatu sumber modal dari luar atau yang biasa disebut dengan eksternal ini berasal dari pihak dari luar suatu perusahaan yang sangat sering digunakan oleh perusahaan yang bermanfaat untuk mendapatkan suatu modal, yaitu koperasi, bank, supplier,kreditur dan juga pasar modal.

Jenis-Jenis Modal

Jenis-Jenis Modal

Jenis modal pada perusahaan terdiri atas 2 jenis, yakni modal pinjaman dan juga modal sendiri. Dan berikut adalah penjelasan dari jeis-jenis modal tersebut :

1. Modal Pinjaman

Telah menjadi hal yang biasa apabila modal berasal dari suatu pinjaman. Pasti hal ini juga merupakan suatu modal yang bisa didapatkan dari suatu hasil peminjaman ke pihak luar dari suatu perusahaan. Berbagai contoh dari suatu modal pinjaman perusahaan itu ialah dari penerbitan obligasi.

2. Modal Sendiri

Sudah jelas bahwasanya jenis dari modal sendiri ini adalah tiap modal yang bisa didapatkan dari suatu hasil pinjaman ke pihak luar dari suatu perusahaan. Apabila kita dapat lihat secara umumnya, modal sendiri ini sama halnya dengan suatu modal internal.

Modal sendiri ini dapat dihasilkan dari suatu produksi yang selanjutnya keuntungannya tersebut dapat dijadikan suatu modal untuk memproduksi lebih lanjut.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai pengertian modal, fungsi dan manfaat modal, sumber modal, dan jenis-jenis modal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend