Permainan Bola Voli : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Waktu Permainan & Cara Bermainnya

Pengertian Bola Voli

Apa pengertian dari bola voli ? Pengertian bola voli merupakan salah satu cabang olahraga bola besar yang dimainkan oleh dua tim atau regu, setiap tim beranggotakan 6 orang. Cara dasar dalam memainkan bola voli dapat dilakukan dengan mem-volley, yaitu memantulkan bola tepat diatas net dengan menggunakan tangan (handball). Dengan kata lain, olahraga bola voli hanya boleh dilakukan dengan menggunakan kedua tangan saja, namun dibolehkan juga menggunakan kaki pada saat-saat tertentu.

Masing-masing tim akan berusaha untuk menunjukkan ketangkasan dalam menjatuhkan bola ke dalam garis arena lapangan lawan demi memperoleh skor kemenangan dalam pertandingan tersebut. Bagi tim akan dinyatakan sebagai pemenang apabila mencapai batas rally point, yakni 25 poin.

Organisasi yang mengawasi olahraga bola voli bernama FIVB (Federation Internationale de VolleyBall) yang didirikan pada tahun 1948 sebagai induk organisasi internasional dengan anggota yang terdiri dari 15 negara. Di Indonesia sendiri, organisasi pengawas bola voli disebut dengan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Sejarah Singkat Bola Voli

Bola voli menjadi salah satu cabang olahraga yang sering dipertandingkan, contohnya saja ketika diadakannya Pesta Olahraga Asia atau dikenal dengan sebutan Asian Games pada 2018 di Indonesia. Melihat kepopulerannya saat ini tidak terlepas dari peranan sejarah yang telah mengharumkan olahraga bola voli sampai ke seluruh dunia.

Pengertian Bola Voli adalah

Tahukah Anda bahwa awalnya bola voli disebut dengan nama olahraga Mintonette ? Hal itu sesuai dengan nama yang diberikan oleh penemunya, yakni William G. Morgan yang merupakan orang yang lahir pada tahun 1870 di Lockport, New York. Ia bekerja sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani atau lebih dikenal dengan istilah Director of Phsycal Education di YMCA (Young Men’s Cristian Association) pada 9 Februari 1985 di Holyyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Inspirasi bola voli ini sendiri terjadi ketika Morgan bertemu dengan James Naismith yang lahir pada tahun 6 November 1861. Naismith merupakan seorang pencipta permainan bola basket sejak 15 Desember 1891. Selang beberapa tahun kemudian, William G. Morgan menciptakan sebuah olahraga yang dikenal dengan nama Mintonette.

Sebenarnya, mintonette merupakan suatu permainan yang diciptakan dengan menggabungkan beberapa jenis olahraga, seperti bola basket, tenis, bola tangan (handball), dan baseball. Di awal perkembangannya, mintonette diperuntukkan secara khusus bagi orang-orang yang sudah tidak berusia muda. Hal itulah yang menyebabkan permainan ini kurang populer dibandingkan dengan permainan bola basket.

Namun, sebutan mintonette berganti nama menjadi volleyball ketika diadakannya demonstrasi pertandingan secara  perdana di International YMCA Training School pada 1896. Sejak saat itulah, permainan bola voli dikenal dan populer hingga saat sekarang.

Di Indonesia, permainan bola voli masuk sejak terjadinya penjajahan Belanda pada 1928 yang dibawa melalui jalur perdagangan. Kebutuhan masyarakat Indonesia akan olahraga mengakibatkan permainan bola voli menjadi semakin berkembang dan populer sampai sekarang.

Tujuan Permainan Bola Voli

Tujuan Permainan Bola Voli

Bola voli termasuk kedalam suatu cabang olahraga bola besar yang diminati oleh semua kalangan, baik yang muda hingga orangtua. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tujuan yang diperoleh dari permainan bola voli dikarenakan mereka lebih fokus pada penguasaan tekniknya saja. Untuk itu, berikut ini saya akan menjelaskan beberapa tujuan dari permainan bola voli.

1. Memantulkan Bola Diatas Net

Melalui pengertian diatas sudah tampak bahwa tujuan dari permainan bola voli berkaitan dengan peraturan utama yang ada didalamnya, yaitu memantulkan bola melewati net atau jaring. Hampir semua cabang olahraga bola memberlakukan tujuan ini, dimana kedua tim akan berusaha untuk memantulkan bola melewati net agar jatuh tepat dibagian lapangan yang tidak bisa dijangkau oleh lawan.

2. Menjaga Kebugaran Jasmani

Sama seperti tujuan olahraga pada umumnya, permainan bola voli juga memiliki tujuan untuk menjaga kebugaran jasmani. Sebab, para pemain bola voli memerlukan beberapa komponen fisik, yakni daya tahan, kekuatan, kelenturan dan kecepatan. Dengan demikian, seseorang yang gemar melakukan permainan bola voli akan memiliki stamina prima yang menjadikan tubuhnya tetap bugar walaupun ada berbagai aktivitas yang dilakukan.

3. Meraih Prestasi

Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa permainan bola voli menjadi cabang olahraga yang sering dipertandingkan. Tidak heran, banyak orang yang terus mempelajari dan memahami teknik-teknik yang digunakan dalam permainan bola voli. Dengan menguasai skill tersebut dapat menjadikannya sebagai seorang atlet, yang suatu saat akan membantunya untuk meraih prestasi disetiap pertandingan.

4. Menjalin Solidaritas Antar Pemain

Pada dasarnya, olahraga yang dilakukan secara beregu memiliki dampak langsung bagi setiap pemainnya, yaitu meningkatkan solidaritas yang tinggi antar sesama pemain. Hal itu sangat berpengaruh dengan performa pemain menjadi semakin kompak ketika di lapangan.

Waktu Permainan Bola Voli

Berbeda dari cabang olahraga bola besar lainnya, bola voli tidak memiliki sistem batasan waktu yang digunakan. Hanya saja, ketentuan tim yang menang dilihat dari kecepatannya dalam mengumpulkan poin 25 atau rally point.

Terdapat dua sistem yang digunakan dalam menentukan tim pemenang, yaitu two winning set dan three winning set. Two winning set adalah pertandingan akan berakhir apabila salah satu regu memperoleh dua set kemenangan secara langsung. Sedangkan three winning set adalah pertandingan berakhir ketika satu regu memperoleh tiga set kemenangan secara langsung.

Cara Bermain Bola Voli

cara bermain bola voli

Dibawah ini akan dijelaskan mengenai cara bermain bola voli yang bisa Anda terapkan untuk menjadi seorang pemain yang handal.

1. Memerlukan Niat dan Usaha

Secara umum,  niat merupakan suatu kunci utama untuk memulai berbagai aktivitas. Begitu juga dengan niat yang harus diterapkan dalam permainan bola boli, dimana Anda harus meyakinkan diri sendiri untuk bisa bermain bola voli. Akan tetapi, niat juga harus diiringi dengan usaha Anda dengan berusaha mencari tahu hal-hal yang berkenaan dalam permainan bola voli.

2. Menguasai Teknik dalam Permainan Bola Voli

Setelah Anda memiliki niat, cobalah untuk menguasai teknik yang digunakan dalam permainan bola voli.  Ada 4 teknik dasar yang digunakan, yaitu service, passing, smash dan blocking. Dengan berlatih secara rutin, maka Anda dapat menjadi pemain yang handal.

3. Menerapkan Strategi dalam Bermain

Menerapkan strategi dalam permainan bola voli juga sangat diperlukan. Anda dapat bekerja sama dengan tim untuk mengatur formasi pemain saat melakukan pertandingan dan menetapkan kemampuan menyerang daerah lawan untuk memenangkan pertandingan.

4. Memahami Peraturan Permainan Bola Voli

Setelah Anda melakukan cara-cara diatas, ada cara terakhir yang tidak kalah penting yaitu memahami peraturan permainan bola voli. Dengan begitu, Anda mampu menjadi pemain yang memiliki tingkat profesionalitas yang tinggi.

Begitulah informasi lengkap mengenai pengertian bola voli, sejarah, tujuannya, waktu permainan bola voli hingga cara bermain bola voli. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda dan terima kasih.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend