Pengertian Wirausahawan, Tujuan, Karakteristik, Ciri-Ciri, Dan Contoh Wirausahawan

Pengertian Wirausahawan

Tahukah kamu apa pengertian dari Wirausahawan ? Pengertian wirausahawan yaitu seseorang yang melakukan suatu kegiatan wirausaha. Wirausahawan pada dalam bahasa inggris disebut dengan enterpreneur. Dalam artian yang luas, wirausahawan adalah mereka yang sudah terjun langsung ke dalam dunia usaha.

Seseorang yang dikatakan wirausahawan mempunyai gagasan dan ide-ide yang bagus dan unik, dimana hal tersebut bisa membuat sebuah produk. Tidak hanya itu, mereka juga mempunyai keahlian atau skill maupun insting untuk dapat memberikan produk sesuai dengan minat pasar, dan dapat melakukan sebuah riset pasar.

Tidak hanya itu ia juga dapat menentukan bagaimana caranya untuk produksi baru, dapat menyusun menejemen operasi yang berguna untuk pengadaan dari sebuah produk yang baru, lalu dapat memasarkannya dan juga harus mampu untuk mengatur suatu modal dari operasinya.

Seorang wirausahawan pun dalam menjalankan suatu prosesnya dapat mengkombinasikan beberapa faktor dari produksi, yaitu tenaga kerja, SDA, peralatan dan material lainnya. Tidak hanya itu, ia juga harus dapat melakukan sebuah proses yang sering disebut creative destruction yang berguna untuk dapat menghasilkan suatu nilai yang lebih tinggi dari yang telah ada. Yang mana nantinya inti dari suatu keterampilan wirausaha adalah suatu kreativitas.

Pengertian Wirausahawan Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Wirausahawan Menurut Beberapa Ahli

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dari wirausahawan, Anda dapat melihat pengertian dari wirausahawan menurut beberapa ahli yang ada di bawah ini. Berikut adalah pengertian wirausahawan menurut beberapa ahli :

1. Menurut Eddy Soeryanto Soegoto

Eddy Soeryanto Soegoto beranggapan bahwa pengertian dari kewirausahaaan adalah sebuah upaya kreatif yang nantinya akan dilakukan atas dasar-dasar inovasi untuk dapat menghasilkan sesuatu yang baru, mempunyai suatu nilai tambah, akan memberikan sebuah manfaat dan juga dapat menciptakan peluang kerja yang nantinya hasil tersebut akan sangat berguna untuk orang lain.

2. Menurut Soeharto Prawiro

Soeharto Prawiro beranggapan bahwa pengertian dari wirausahawan adalah sebuah nilai yang sudah diberikan kepada seseorang agak dapat memulai suatu usaha dan dapat mengembangkan usahanya tersebut dengan tujuan untuk mencapai potensi yang maksumal.

Serta dapat memajukan usahanya agar mempunyai kemajuan yang pesat. Hal tersebut akan membuat keuntungan utama, yakni akan mendapatkan marginatau laba.

3. Menurut Zimmerer

Zimmerer beranggapan bahwa pengertian dari kewirausahaaan adalah sebuah proses dimana dapat menerapkan suatu kreativitas dan juga inovasi untuk dapat memecahkan persoalan dan juga dapat menemukan suatu peluang yang mana didalamnya dapat melakukan suatu perbaikan dalam kehidupan bisnis.

4. Menurut Ahmad Sanusi

Ahmad Sanusi beranggapan bahwa pengertian dari kewirausahaan adalah sebuah nilai yang dapat dihasilkan dari suatu perilaku yang mana bisa dijadikan suatu tenaga penggerak, sumber daya, kiat, proses, tujuan, siasat, serta hasil bisnis yang lebih baik.

5. Menurut Peter Drucker

Peter Drucker beranggapan bahwa pengertian dari kewirausahaan adalah sebuah kemampuan yang dapat menciptakan sesuatu yang baru dan juga memiliki perbedaan dari jenis usaha yang lain.

Tujuan Wirausahawan

Tujuan Wirausahawan

Wirausahawan juga memiliki beberapa tujuan, yakni seperti dibawah ini :

  • Tujuan wirausahawan yaitu untuk terus bertekad dan berusaha dalam dapat meningkatkan jumlah dari wirausaha yang lebih baik. Hal tersebut dimaksudkan dapat mengkader orang lain yang merupakan calon dari wirausaha untuk dapat membangun suatu jaringan bisnis yang lebih baik lagi.
  •  Tujuan wirausahawan yaitu untuk dapat ikut serta didalam suatu perkembangan dan pertumbuhan dari kesadaran dan juga orientasi kewirausahaan yang juga kokoh.
  •  Tujuan wirausahawan yaitu untuk dapat mengembangkan suatu bentuk dari kreasi dan inovasi dengan tujuan untuk dapat menciptakan dinamika di dalam suatu kewirausahaan ataupun dunia bisnis yang nantinya akan tercapai suatu kemakmuran.
  •  Tujuan wirausahawan yaitu untuk dapat berperan di dalam mewujudkan suatu kemampuan dari sejumlah wirausaha yang lainnya agar dapat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan di dalam masyarakat maupun negaranya.
  •  Tujuan wirausahawan yaitu untuk dapat berperan penting didalam menumbuhkan dan juga dapat meningkatkan suatu kesadaran sesuai dengan tujuan kewirausahaan yang juga kokoh.
  •  Tujuan wirausahawan yaitu untuk dapat meningkatkan kreasi dan inovasi agar dapat mewujudkan suatu dinamika pada kewirausahaan ataupun dunia bisnis yang nantinya dapat mencapai suatu kemakmuran.

Karakteristik Wirausahawan

Karakteristik Wirausahawan

Beberapa karakteristik dari wirausahawan dapat terlihat seperti dibawah ini :

1. Mempunyai sifat yang jujur

Mumpunyai sifat yang jujur adlaah salah satu modal yang terpenting dari diri seorang wirausahawan. Dimana dengan kejujuran tersebut akan dapat memebawa seorang wirausahawan menjadi sukses karna dapat menyampaikan amanah yang sudah diberikan kepadanya sebagai seorang pemimpin dari sejumlah karyawan dan juga konsumen-konsumennya.

2. Disiplin dalam segala hal

Seorang wirausahawan tidak memili atasan yang berhak untuk dapat menegurnya apabila telah lalai dalam mengerjakan tugas. Maka dari itu kedisiplinan adalah hal yang paling penting ketika dalam melakukan pekerjaan apapun didalam suatu bidang wirausaha.

Dimana sifat disiplin juga merupakan sifat yang paling mendasar untuk dapat menggerakkan semangat maupun motivasi ketika tengah menjalankan suatu usaha.

3. Inovatif dan kreatif

Inovatif adalah suatu pintasan yang baru dari seorang wirausaha dan seorang wirausaha juga wajib mempunyai terobosan yang baru serta dapat meninggalkan cara yang sudah lama ketika didalam suatu pekerjaan. Sedangkan kreatifitas adalah suatu kemampuan dari seseorang ketika menciptakan suatu yang berbeda.

4. Berkomitmen tinggi

berkomitmen tinggi ini dapat Anda pegang teguh, karena merupakan suatu prinsip yang sangat  jelas serta pasti pada saat Anda akan memulai seuatu usaha.

5. Realistis dan mandiri

Sifat relaistis harus dipunyai dari seorang wirausaha, yang mana dapat menjalani segala usaha yang sedang dilakukannya. Setangkan mandiri adalah suatu sifat yang dapat memutuskan segala sesuatu yang sudah terjadi pada dirinya sendiri. Tidak boleh menggantungkan sebuah keputusan pada orang lain.

6. Mempunyai keterampilan

Seorang wirausaha harusdapat mencari dan juga dapat menangkap peluang yang dapat menguntungkan usahanya.

Dan seorang wirausaha juga harus mampu untuk dapat menfaatkan peluang tersebut, mampu berkomunikasi dengan orang lain, dan juga dapat menangani semua usaha dengan sangat terencana, serta dapat bekerjasama denan segala pihak yang bida menguntungkan perusahaannya.

Ciri-Ciri Wirausahawan

Ciri-Ciri Wirausahawan

Seorang wirausahawan juga memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Mampu untuk bertindak dan berpikir denfan adiptif dan strategis kepada perubahan ketika berusaha untuk terus mencari suatu peluang keuntungan.
  • Mampu mengenal dan juga mengendalikan kekuatan dan kelemahan yang ada di perusahaan, dan dapat meningkatkan suatu kemampuan dari pengendalian dengan sistem intern.
  • Mampu terus berusaha untuk dapat meningkatkan suatu ketangguhan dan kemampuan dari perusahaan, baik dengan melakukan pembinaas motivasi maupun semangat kerja.
  • Mampu terus berusaha untuk bisa mendapatkan keuntungan dengan beberapa keunggulan yang dapat memuaskan konsumennya.

Contoh Wirausahawan

Contoh Wirausahawan

Berikut adalah beebrapa contoh wirausahawan yang sukses di bidangnya :

1. Bob sadino

Bob Sadino adalah pria yang lahir pada tanggal 9 Maret 1939 di Lampung. Mendiang Bob Sadino juga merupakan salah satu figur wirausahawan yang dinilai sangat sukses dalam bidangnya. selama sekitar 9 tahun Bob menjadi seorang pegawai, Bob pun memutuskan untuk berhenti dan ia mulai merambah kedunia usaha.

Bisnisnya yaitu bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri. Setelah sukses dengan bisnisnya itu, ia juga mulai menjual sayuran hidoponik dan daging. Berkat sifatnya yang ulet, bisnis Bob semakin sukses dan ia mampu mendirikan Kem-Chicks, sebuah supermarket yang terkenal dan menjual segala macam produk pertanian dan juga perternakan.

2. Chairil Tanjung

Chairil Tanjung biasa disebut dengan Si Anak Singkong, ia merupakan pemilik perusahaan konglomerasi yaitu CT Corp. Dan setelah beberapa waktu CT Corp akhirnya memiliki anak perusahaan yakni Mega Corp, Trand Corp, Trans TV, dan CT Global Resources.

3. Gibran Rakabuming

Gibran Rakabuming adalah salah satu anak dari Joko Widodo, yaitu Presiden RI. Ia memulai bisnisnya dari membangun usaha katering dengan nama Chili Pari. Dan sekarang Chili Pari pun sudah berhasil karena mendapatkan banyak sekali pesanan sampai ribuan porsi. Dari situlah akhirnya Gibran merambah bisnis kuliner yang lainnya, seperti markobar.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian wirausahawan dan komponen-komponen terpenting yang ada didalamnya. Semoga Anda dapat lebih memahami apa yang dimaksud dari wirausahawan.

Leave a Reply

Send this to a friend