10 Teknik Dasar Sepak Bola yang Harus Dikuasai oleh Pemain Sepak Bola

Siapa yang tidak mengetahui olahraga sepak bola ? Pasti Anda semua sangat familiar dengan olahraga yang satu ini. Karena olahraga sepak bola sering sekali dipertandingkan dan disiarkan di televisi. Banyak orang yang menggemari olahraga yang satu ini sampai ke seluruh penjuru dunia.

Berkatnya, olahraga ini sering disebut sebagai olahraga yang paling populer di seluruh negara. Sepak bola juga telah memiliki liga pada setiap negara yang ada di dunia. Banyak sekali klub-klub sepak bola yang sangat terkenal dan sukses dibidangnya. Contohnya saja pada negara-negara Eropa yang merupakan kerajaan dari olahraga sepak bola ini.

Dan pada artikel ini akan membahas mengenai 10 teknik dasar sepak bola beserta dengan peraturannya.

10 Teknik-Teknik Dasar Sepak Bola

Pada permainan sepak bola pastinya memiliki teknik-teknik yang dapat dilakukan ketika sedang memainkan permainan tersebut. Teknik-teknik ini pun dapat membantu Anda dalam mengecoh lawan maupun menendang bola dengan baik agar bola melambang sejauh mungkin. Berikut adalah 10 teknik dasar sepak bola :

1. Teknik Dribbling (Menggiring Bola)

Dribbling - Menggiring Sepak Bola - Teknik Dasar Sepak Bola

Teknik dribbling bisa dilakukan dengan cara Anda harus membawakan bola tersebut menggunakan kaki dan Anda juga dapat mengontrol kecepatan bola tersebut.

A. Closed Dribbling dan Speed Dribbling

Pada teknik dribbling ada yang disebut dengan teknik Closed Dribling, teknik ini adalah teknik menggiring bola yang bisa Anda lakukan dengan cara mengontrol dan menggiring bola dengan benar, serta Anda juga bisa melakukannya ketika Anda dihambat atau diapit pemain lainnya yang merupakan tim dari lawan.

Sedangkan Speed Dribling adalah teknik yang mana Anda dapat berlari, membuang bola ke arah depan, dan mengejar bola tersebut. Tidak hanya itu, ada tidak 3 teknik dasar menggiring bola lainnya, yakni menggiring bola menggunakan kaki sisi luar, kaki sisi dalam, dan punggung kaki.

B. Menggiring bola menggunakan punggung kaki

Tahapan dari teknik menggiring bola menggunakan punggung kaki yaitu :

  1. Usahakan arah pandangan mata menatap lurus kearah depan.
  2. Taruhlah bagian kakimu pada bagian ujung dari bola.
  3. Selanjutnya Anda harus mendorong bola menggunakan punggung kaki Anda.
  4. Terakhir lakukanlah hal tersebut berulang kali, dan selanjutnya Anda dapat menghentikan laju bole menggunakan telapak kaki Anda.

C. Menggiring bola menggunakan kaki sisi dalam

Tahapan dari teknik menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam yaitu :

  1. Usahakan arah pandangan mata menatap lurus kearah depan.
  2. Putarlah pergelangan kaki Anda ke arah luar.
  3. Selanjutnya Anda dapat memulai mendorong bola menggunakan kaki sisi luar.
  4. Terakhir lakukan hal tersebut berulang kali dan Anda dapat menghentikan bola tersebut dengan telapak kaki Anda.

D. Menggiring bola menggunakan kaki sisi luar

Pada teknik menggiring bola menggunakan kaki sisi luar ini tidak jauh berbeda dengan teknik menggiring bola menggunakan kaki sisi dalam.

Anda hanya perlu mempraktekkan langkah demi langkah yang sama dengan teknik sebelumnya yaitu menggiring bola menggunakan kaki sisi dalam. Tetapi, Anda harus memutarkan pergelangan kaki Anda ke arah dalam, dan Anda pun dapat mendorong bola tersebut.

2. Teknik Kicking (Menendang Bola)

Kicking - Menendang Bola - Teknik Dasar Sepak Bola

Seperti yang sudah Anda lihat pada permainan sepak bola, sebagian besar dalam permainan tersebut sangat didominasi dengan aksi menendang bola. Maka dari itu teknik dasar sepak bola selanjutnya yaitu teknik menendang bola atau kicking.

Anda dapar menggunakan 3 teknik dalam menendang bola ini, yaitu menggunakan kaki sisi luar, kaki sisi dalam, dan juga pada punggung kaki. Teknik-teknik tersebut bisa Anda praktekkan dengan harus memfokuskan pandangan Anda ke arah gawang yang akan menjadi target Anda, dan kemudian posisikan badan Anda.

Lalu Anda dapat menaruh satu kaki kanan ataupun kaki kiri Anda pada sisi disamping bola. Dan terakhir, Anda mengayunkan kaki Anda untuk menendang bola dan memfokuskan tenaga Anda pada daerah atas telapak kaki serta pandangan Anda ke sisi yang sudah Anda targetkan.

3. Teknik Passing (Mengoper Bola)

Passing - Menendang Bola Nesabamedia

Teknik yang selalu dipakai oleh pemain bola untuk memberikan bola kepada temannya yaitu teknik passing, dimana teknik passing adalah teknik untuk mengoper bola kepada teman sesama tim. Mengoper dan menerima bola juga harus dikuasai oleh pemain sepak bola, dan teknik ini terdapat 3 cara yaitu dengan menggunakan kaki bagian luar, kaki bagian dalam, dan juga punggung kaki.

Teknik passing dapat Anda lakukan dengan cara Anda harus memposisikan badan Anda menghadap ke arah bola terlebih dahulu, selanjutnya Anda dapat fokus pada arah pemain yang nantinya Anda akan mengoper bola tersebut, kemudian Anda dapat menarik sekaligus mengayunkan kaki Anda yang nantinya Anda akan menendang bola ke arah pemain lain, dan jangan lupa Anda harus menyesuaikan power yang ada di kaki Anda agar disesuaikan dengan jangkauan pemain yang Anda oper.

4. Teknik Menahan Bola

Menahan Bola

Setelah menguasai teknik passing atau mengoper bola, Anda juga harus menguasai teknik menahan bola. Dimana teknik ini akan sangat berguna ketika Anda mendapatkan bola yang telah dioper dari teman Anda.

Anda dapat menahan bola dengan menggunakan dada, kaki, dan juga paha. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menahan bola menggunakan kaki, yaitu kaki bagian luar, kaki bagian dalam, telapak kaki, dan juga punggung kaki.

5. Teknik Heading (Menyundul Bola)

Menyundul Bola

Menyundul bola akan sangat berguna untuk Anda apabila Anda tidak bisa mencapai bola yang jaraknya terlalu tinggi dari Anda, yang mana hal tersebut memiliki tujuan untuk dapat memasukkan bola ke gawang lawan dan mengoper bola. Teknik ini dapat Anda praktekkan dengan cara Anda harus dapat memposisikan tubuh Anda terlebih dahulu dan kemudian Anda harus menunggu waktu yang pas untuk melompat ketika bola akan datang.

Yang terpenting adalah, Anda harus menggunakan dahi untuk dapat menyundul bola, bukan menggunakan ubun-ubun kepala. Hal tersebut berguna agar Anda dapat mengendalikan bola sesuai dengan keinginan Anda dan bola tersebut akan segera meluncur dengan bertenaga dan juga terarah.

6. Teknik Intercepting (Merebut Bola)

Intercepting - Merebut Bola

Teknik Intercepting ini dapat Anda gunakan ketika Anda mau merampas bola dari kaki pemain lawan. Sebelum melakukan teknik ini, Anda harus bisa membaca terlebih dahulu pergerakan dari lawan.

Anda pun juga dapat menahan laju dari umpan musuh. Karena teknik ini adalah teknik terpenting untuk dapat bertahan pada seranan lawan, tetapi Anda harus berhati-hati, dan rebutlah bola tersebut , jangan kakinya. Karena apabila Anda salah, Anda bisa diberikan peringatan.

7. Teknik Mencedok

Sama seperti teknik intercepting, teknik mencedok atau menyapu bola juga merupakan suatu teknik yang berguna untuk dapat bertahan pada serangan yang lawan lakukan. Tetapi, Anda juga harus berhati-hati ketika akan mempraktekkan teknik yang satu ini, karena dinilai sangat beresiko. Apabila salah melakukannya, Anda dapat mencederai lawan Anda dan Anda bisa mendapatkan kartu kuning dari wasit.

Cara teknik ini yaitu Anda harus dapat menyesuaikan kecepatan Anda dari musuh, selanjutnya Anda dapat menjatuhkan badan sambil meluruskan satu kaki Anda agar dapat menahan kecepatan bola.

8. Teknik Melempar Ke Arah Dalam

melempar bola

Saat bola telah keluar dari bagian kiri ataupun bagian kanan lapangan, Anda dapat menggunakan teknik yang satu ini. Cara untuk melakukannya yaitu dengan cara Anda hanya perlu melemparkan bola dengan menggunakan kedua tangan Anda, dan Anda harus memposisikan kedua tangan pada belakang kepala.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda dapat dapat menjinjitkan kaki Anda supaya lemparan Anda dapat lebih kuat dan kemudian teman Anda pun bisa menangkap bola yang Anda lempar.

9. Teknik Goalkeeping (Menangkap Bola)

Teknik goalkeeping biasanya digunakan oleh pemain yang menjadi penjaga gawang, atau biasa disebut kiper. Teknik ini juga merupakan sebuah teknik yang sangat penting sebagai sebuah pertahanan terakhir yang ada dalam tim.

Untuk dapat melakukan teknik ini, Anda harus terus melatih refleks Anda ketika menangkap bola, yaitu pada arah bola kekiri dan kekanan.

10. Teknik Mempertahankan Bola (Juggling)

Teknik juggling bola adalah teknik dimana Anda dapat melatih mengontrol bola, dan juga dapat menipu atau mempermainkan musuh Anda di lapangan. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu memfokuskan arah penglihatan ke bola, kemudian Anda dapat menarik bola tersebut menggunakan telapak dan sampai jatuh ke ujung kaki.

Apabila bola tersebut telah menyentuh ujung kai, maka Anda harus mengangkat kaki dan akan membuat bola tersebut ikut terangkat juga. Fokuskan diri Anda agar bola tidak terjatuh ke tanah.

Peraturan Sepak Bola

Peraturan Sepak Bola

Di dalam sebuah olahraga, maka akan ada peraturan-peraturan yang dapat membatasi permainan. Dimana peraturan tersebut harus dipatuhi oleh para pemain yang ada didalamnya. Begitu juga dengan sepak bola, berikut adalah peraturan sepak bola:

1. Banyaknya Pemain

Jumlah pemain dalam permainan sepak bola yaitu ada 11 pemain dalam satu tim. Yang mana 11 pemain tersebut dapat dibagi menjadi 1 kiper, 2 sampai 5 pemain menjadi pemain tengah, 4 pemain menjadi pemain bertahan, dan 1 sampai 3 pemain menjadi pemain penyerang.

Setiap tim sepak bola juga memiliki seorang kapten, yang mana tugasnya yaitu untuk dapat memimpin teman-teman dalam satu timnya bermain dengan fair dan sesuai dengan arahan.

2. Ukuran Lapangan Sepak Bola

Lapangan sepak bola merupakan lapangan yang berumput. Dan pada setiap sisi lapangan sepak bola juga memiliki garis pembatas yaitu, pada area dalam dan luar lapangan. Dibawah ini adalah standar lapangan sepak bola untuk orang dewasa :

  • Lebar : 65 – 75 m
  • Panjang : 100 – 120 m
  • Tinggi gawang : 2,44 m
  • Lebar gawang : 7,32 m

Persis disekitar area gawang ada kotak pinalti, yaitu merupakan area yang mana kiper dapat menangkap bola dengan menggunakan tangannya dan sekaligus area tendangan pinalti apabila pemain bisa bertahan untuk melakukan pelanggara terhadap lawan.

3. Durasi

Sesuai dengan peraturan sepak bola internasional, durasi dari pertandingan sepak bola yaitu 2 x 45 menit pada 2 babak. Tetapi, wasit yang merupakan pimpinan dari suatu pertandingan bisa memberikan waktu tambahan yang sesuai dengan kebutuhan, yaitu ada sekita 1 sampai 5 menit untuk setiap babaknya.

Pada pertandingan tertentu, contonya pada sistem gugur, apabila selama dua baba pertandingan sepak bola tersebut masih berimbang, maka akan diberikan waktu tambahan sekita 2 x 15 menit. Dan apabila selama perpanjangan waktu itu skor masih berimbang, maka akan dilakukan suatu tentangan adu pinalti, sehingga ada salah satu dari tim tersebut menang.

Demikianlah pembahasan mengenai 10 teknik dasar permainan sepak bola dan peraturan sepak bola. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam memberikan informasi seputar sepak bola.

Leave a Reply

Send this to a friend