Pengertian Sepak Bola Beserta Sejarah, Penemu dan Tujuan Permainan Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola

Tahukah kamu apa pengertian dari sepak bola? Pengertian sepak bola yaitu cabang olahraga yang memanfaatkan bola sebagai permainannya, yang mana bola tersebut didesain dengan berbahan kulit ataupun karet serta dapat dimainkan oleh dua tim. Masing-masing dari tiap tim memiliki anggota pemain inti yang berjumlah 11 orang dan beberapa pemain pengganti.

Tidak hanya itu, beberapa orang memiliki anggapan bahwasanya pengertian dari sepak bola yaitu sebuah permainan yang bisa dilakukan dengan upaya melakukan tendangan pada bola, yang mana tujuannya untuk dapat memasukkan bola tersebut ke gawang lawan.

Pada permainan sepak bola ini juga dapat dimenangkan oleh tim yang memiliki skor paling banyak apabila berhasil memasukkan bola ke gawang lawan, tetapi harus tetap didasari oleh peraturan permainan.

Di dalam bahasa Inggris, sepak bola sering disebut dengan istilah Football. Berbeda dengan Amerika yang menyebutkan sepak bola dengan istilah Soccer. Jika ditelaah dari kata Sepak Bola, kata tersebut terbagi atas dua kata, yakni :

  • Kata Sepak yang memiliki arti melakukan tendangan menggunakan kaki
  • Dan kata Bola yang memiliki arti sebuah alat permainan yang berbentuk bulat dan memiliki bahan dasar yang terbuat dari kulit maupun karet.

Pengertian Sepak Bola Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Sepak Bola adalah

Agar dapat lebih memahami apa yang dimaksudkan dengan sepak bola, Anda dapat merujuk pada pengertian sepak bola menurut beberapa ahli di bawah ini :

1. Menurut Soekatamsi

Soekatamsi beranggapan bahwa pengertian dari sepak bola yaitu sebuah permainan yang terdiri dari dua regu dan diperlombakan, yang mana tiap-tiap regu memiliki 11 anggota pemain inti termasuk dengan penjaga gawang atau kiper.

2. Menurut Luxbacher

Luxbacher beranggapan bahwa pengertian dari sepak bola yaitu sebuah permainan yang dapat ditandingkan antara dua regu, yang mana tiap-tiap tim memiliki anggota berjumlah 11 orang dan bisa dilakukan dengan cara menjaga gawang dari tendangan bola yang masuk dan menjebol gawang lawan.

3. Menurut Agus Salim

Agus Salim beranggapan bahwa pengertian dari sepak bola yaitu suatu cabang olahraga yang dapat memainkan sebuah bola menggunakan kaki dan memiliki tujuan untuk dapat menjebol gawang lawan sebanyak mungkin dengan memasukkan bola, dan permainan harus sesuai dengan peraturan uang sebelumnya sudah ditetapkan, peraturan tersebut dapat ditetapkan oleh asosiasi sepak bola maupun pihak lainnya yang memiliki kewenangan.

4. Menurut Muhajir

Muhajir beranggapan bahwa pengertian dari sepak bola yaitu sebuah permainan yang dapat dilakukan menggunakan cara menendang bola atau menyepak bola, yang mana memiliki tujuan untuk dapat memasukkan bola ke arah gawang lawan, serta harus mempertahankan gawang tim sendiri agar tidak kemasukan bola dari tim lainnya.

5. Menurut Remmy Muchtar

Remmy Muchtar beranggapan bahwa pengertian dari sepak bola yaitu sebuah permainan yang dapat dilakukan dengan menggunakan cara mengolah bola dan dengan cara mengolah gerak tubuh di dalam permainan sepak bola.

Sejarah Singkat Sepak Bola

Sejarah Singkat Sepak Bola

Dilihat dari sejarahnya, cabang olahraga satu ini sudah dikenal di daerah Tiongkok pada abad ke 2 dan ke 3 pada masa sebelum masehi, yang mana pada saat itu berada pada masa pemerintahan Dinasti Han. Dan pada saat itu, masyarakat Tiongkok tersebut telah menggunakan bola berbahan dasar kulit dan mereka menendangnya ke dalam jaring yang kecil.

Tidak hanya di Tiongkok, cabang olahraga sepak bola ini juga telah dikenal di beberapa negara yang lain, contohnya seperti Yunani, Roma maupun Jepang. Dan masyarakat dari ketiga negara tersebut memainkan sepak bola hanya untuk bersenang-senang saja.

Permainan sepak bola yang sudah modern pun mulai di negara Inggris, dan di Inggris telah memberlakukan beberapa peraturan dasar dalam permainan sepakbola ini sampai akhirnya permainan ini menjadi sangat populer. Walaupun pada masa awalnya olahraga ini juga sempat dilarang untuk dimainkan karena ada yang menganggap permainan ini mengandung kekerasan, tetapi kini sepak bola menjadi sangat terkenal dikalangan masyarakat yang ada di dunia.

Dan akhirnya di tahun 1904 telah terbentuk FIFA, singkatan dari Fédération Internationale de Football Association. FIFA sendiri adalah sebuah badan pengendali internasional sepak bola yang resmi didirikan pada tanggal 21 Mei 1904 yang bertempat di Paris, Perancis.

Selanjutnya permainan sepak bola telah menjadi sebuah olahraga yang dapat diperlombakan antar beberapa negara dengan tujuan untuk mendapatkan Piala Dunia. Dan pertandingan Piala Dunia yang pertama kali pun diadakan di Uruguay pada tahun 1930, dan dimenangkan juga oleh Uruguay.

Penemu Sepak Bola

Penemu Sepak Bola

Penemu sepak bola sebenarnya masih diragukan, mengapa? Awalnya Inggris sudah mengklaim mengenai penemuan sepak bola yang pertama kali di dunia. Namun hal tersebut masih diragukan kebenarannya. Ini dikarenakan tidak ada yang mengetahui olahraga ini pertama kali dimainkan. Maka dari itu penemu dari sepak bola yang pertama kali di dunia mungkin tidak ada.

Tetapi berdasarkan pada suatu penemuan surat kabar dari Vatikan, L’Osservatire Romano,, Guarani yaitu merupakan salah satu suku yang ada di Paraguay telah memainkan permainan sepak bola. Artikel tersebut muncul atau terbit pada hari Senin, 28 Juli 2010, dan menyatakan bahwasanya permainan sepak bola sudah ditemukan oleh suku Duarani pada tahun 1793. Dengan pernyataan seperti itu, jauh 70 tahun sebelum dimana inggris mengklaim dirinya sebagai penemu dari sepak bola.

Artikel tersebut bersumber dari pendeta yang memiliki nama Juan Manuel Peramas. Beliau telah menyatakan bahwasanya suku Guarani telah bermain dengan menggunakan bola yang memiliki bahan dasar karet kertas, tetapi memiliki bobot yang cukup ringan sehinggan akan cepat apabila ditendang.

Selanjutnya bola tersebutpun akan memantul dengan cepatnya sebelum dapat dihentikan. Suku Guarani pun memainkan bola tersebut tidak dengan menggunakan tangan seperti yang kitalakukan, tetapi mereka menggunakan kaki bagian dalamnya. Dari artikel tersebutlah yang menjadi bukti bahwasanya Inggris bukanlah yang menjadi penemu dari permainan sepak bola.

Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan Permainan Sepak Bola

Permainan sepak bola pun memiliki tujuan yaitu untuk dapat memasukkan bola ke dalam gawang lawan dengan debanyak mungkin, dan akhirnya akan dapat memenangkan sebuah pertandingan. Dan dibawah ini adalah beberapa tujuan permainan sepak bola yang akan di capai :

  • Menghalangi ataupun mencegah bila supaya tidak akan masuk ke gawangnya sendiri
  • Menerobos bola ke gawang lawan atau biasa di sebut dengan gol
  • Untuk dapat membangun sebuah kerjasama di dalam tim agar permainan dapat dilakukan dengan lebih solid
  • Untuk dapat membangun serta menjaga sifat sportifitas antara pemain sepak bola dan juga dapat menciptakan permainan yang adil
  • Dapat meningkatkan kesehatan dan juga kebugaran pada tubuh
  • Dapat meraih prestasi pada dunia olahraga, terkhusus pada olahraga sepak bola

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian sepak bola dan beberapa hal yang penting di dalamnya. Semoga artikel ini dapat memberikan ilmu pengetahuan kepada Anda dan juga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan Anda tentang permainan sepak bola.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend