6 Rekomendasi Power Supply PC Terbaik Tahun 2019, Yuk Dicek!

Tahukah anda bahwa ups pc komputer dan power supply atau biasa disebut dengan PSU adalah komponen komputer yang memiliki arti yang berbeda namun fungsinya tetap sama? Mungkin beberapa sering tertukar ketika mendengar nama UPS atau PSU. Akan tetapi jika dimengerti lebih dalam lagi kedua komponen komputer ini memiliki arti yang berbeda.

Jika UPS pc komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang mampu menyediakan cadangan arus listrik sementara saat arus listrik utama mati atau padam secara tiba – tiba. Sedangkan power supply pc (PSU) merupakan sistem yang sangat penting untuk penyalur tenaga listrik secara langsung pada seluruh komponen hardware komputer yang tersemat dalam PC.

Tidak hanya itu saja, PSU juga memiliki peran penting yaitu untuk menentukan besar atau kecil tenaga listrik yang mau masuk ke dalam komputer. PSU juga tidak selalu memastikan apakah CPU komputer anda dapat menyala atau tidak, tetapi PSU juga mampu menjadi sebuah indikator untuk berapa tahan lamanya komponen yang ada pada komputer anda. Maka kali ini kami akan merekomendasikan power supply terbaik di tahun 2019.

1. EVGA SuperNova P2

EVGA SuperNova P2

Sumber: carisinyal

EVGA SuperNova P2 adalah sebuah power supply pc (PSU) yang cocok untuk digunakan para gamers, PSU ini telah memiliki sebuah sertifikasi 80 + Platinum dengan 92% efisiensi. EVGA SuperNova P2 mempunyai fitur-fitur yang hampir sama dengan SuperNova G3, seperti fully modular cables, 100%Japanese Capacitors serta ECO Intelligent Thermal Control System.

Tetapi SuperNOVA P2 juga dilengkapi dengan tombol on/off untuk fitur ECO. EVGA SuperNOVA P2 menyediakan beberapa model, dari 600W hingga 1600W.

2. PSU EVGA SuperNOVA G31

PSU EVGA SuperNOVA G31

Sumber: carisinyal

EVGA SuperNOVA G3 yang memiliki kelebihan dari produksi sebelumnya. EVGA SuperNOVA G3 ini memiliki sertifikasi 80 Plus Gold yang tinggi, apalagi ditambah dengan fitur yang unik , yaitu fully modular cables dan kapasitor dengan kualitas tinggi.

SuperNOVA G3 ini didukung oleh ECO Intelligent Thermal Control System, yang membuat PSU terdengar tidak terlalu bising ketika digunakan. Untuk modelnya, PSU ini memiliki 5 model yang berbeda, mulai dari 550W sampai 1000W.

3. Seasonic S12II-520

Seasonic S12II-520

Sumber: Shopee Indonesia

Seasonic S12II-520 ini sudah dibekali dengan sertifikat 80 plus bronze dengan tingkatan daya hingga 80 sampai 87 persen. Untuk kelebihan dari PSU ini adalah teknologi S2FC yang mampu memberikan jaminan kalau kipasnya bekerja dengan sangat baik dan juga tidak berisik saat beroperasi. Tidak hanya itu, produk ini memiliki masa pakai yang lumayan lama, untuk keamanan sudah dibekali dengan SCP,OPP, dan OVP.

4. Thermaltake Smart RGB

Thermaltake Smart RGB

Sumber: carisinyal

Thermaltake Smart RGB memiliki tampilan ciamik dengan desain-nya, ia juga memiliki performa yang teratas di kelasnya. PSU ini mempunyai sertifikasi 80 Plus Brozen yang dilengkapi dengan yang komponen berkualitas, mulai dari lampu RGB, ada juga fitur lain seperti fully modular cables, the smart Zero Fan dan kapasitor berkualitas. Thermaltake Smart RGB ini juga mempunyai model, mulai dari 650W hingga 850W. Thermaltake Smart RGB sangat cocok untuk komputer yang suka gaming.

5. CX Series 750

CX Series 750

Sumber: carisinyal

CX Series 750 adalah pilihan terbaik untuk komputer anda, karena harga yang cukup murah. CX Series mempunyai sertifikasi 80 Plus Bronze dengan 2 model yang berbeda, yaitu fixed cables dan semi full. CX Series mempunyai beberapa fitur yang bermanfaat seperti design fan yang ukurannya 120mm. untuk model ada beberapa yang berbeda yakni, dari 430W sampai 750W , untuk Corsair CX dengan fixed modular cables dan 450W hingga 850W .

6. Seasonic Focus

Seasonic Focus

Sumber: Carisinyal

Seasonic Focus merupakan PSU paling berkualitas dan canggih yang diproduksi oleh brand Seasonic. Seasonic Focus memiliki dua sertifikasi yaitu, 80 Plus Gold dan Platinum. UPS mempunyai efisiensi mencapai 90 %, selain memiliki fitur Fully Modular Cable, ia juga menghadirkan fitur baru yaitu Hybrid Silent Fan Control.

Fitur ini mempunyai fungsi untuk mengatur penggunaan fan melalui fan control button di PSU sehingga komputer anda dapat mencapai performa begitu optimal dalam keadaan panas atau dingin. Seasonic Focus menawarkan berbagai model yang berbeda, mulai dari 550W hingga 100W.

Itulah 6 PSU yang paling diminati dan sangat pas untuk dijadikan pilihan. Sebab keenam PSU diatas merupakan PSU yang memiliki kualitas terbaik dari beberapa brand lainnya.

Leave a Reply

Send this to a friend