17 Peraturan Sepak Bola Beserta Pelanggarannya yang Perlu Diketahui

Sepak bola merupakan cabang olahraga paling populer di dunia. Tujuan utama dari permainan sepak bola adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya, sehingga tim bisa memperoleh kemenangan.

Meskipun begitu, selama pertandingan pemain juga harus mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan. Sebab, sepak bola memiliki seorang wasit yang bertugas mengatur jalannya pertandingan dan mengadili apabila terjadi pelanggaran.

Nah, supaya dapat bermain dengan baik di lapangan, kita perlu mengetahui aturan-aturan dalam permainan sepak bola. Berikut ini uraian lengkap peraturan sepak bola.

Peraturan Sepak Bola

Peraturan Sepak Bola 1 : Lapangan Pertandingan

Lapangan pertandingan merupakan unsur paling penting dalam permainan sepak bola. Ukuran lapangan pertandingan bergantung dari skala pertandingan tersebut, apabila skalanya masih nasional, maka lapangan pertandingan akan mengikuti aturan yang  ditetapkan oleh Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI).

Sedangkan untuk pertandingan berskala internasional, lapangan pertandingan akan mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Berikut ini ukuran lapangan pertandingan baik untuk pertandingan berskala nasional maupun internasional.

Peraturan Sepak Bola 1 : Lapangan Pertandingan

Ukuran Lapangan Pertandingan Tingkat Internasional

  • Panjang lapangan : 100-110 meter
  • Lebar lapangan : 64-75 meter
  • Tinggi gawang : 2,44 meter
  • Lebar gawang : 7,32 meter
  • Ukuran kotak pinalti : 40,3 x 16,5 meter

Ukuran Lapangan Pertandingan Tingkat Nasional

  • Panjang lapangann : 90-120 meter
  • Lebar lapangan : 45-90 meter
  • Tinggi gawang : 2,44 meter
  • Lebar gawang : 7,32 meter
  • Ukuran kotak pinalti : 40,3 x 16,5 meter

Peraturan Sepak Bola 2 : Jumlah Pemain

Jumlah pemain dalam sepak bola yaitu 11 pemain inti. Jumlah ini berlaku untuk pertandingan berskala nasional maupun internasional. Dalam permainan sepak bola terdapat 1 pemain yang akan menjadi penjaga gawang, 2-5 pemain sebagai pemain bertahan, 2-5 pemain menjadi pemain tengah, dan 1-3 pemain akan menjadi pemain penyerang. Jika jumlah pemain kurang dari 7 orang, maka pertandingan tidak dapat dilanjutkan.

Peraturan Sepak Bola 3 : Bola

Bola

Bola yang digunakan pada permainan sepak bola umumnya memiliki bahan dan ukuran yang sama, yaitu bola terbuat dari bahan kulit dengan berat berkisar antara 396 – 453 gram dan keliling lingkaran berkisar antara 68 – 71 cm.

Peraturan Sepak Bola 4 : Peralatan Pemain Sepak Bola

Masing-masing pemain (tidak termasuk kiper) dalam permainan sepak bola menggunakan atribut atau pakaian yang seragam, mulai dari jersey ( pakaian olahraga), celana pendek, sepasang kaos kaki, dan sepatu. Selain pakaian, pemain lapangan juga memerlukan atribut tambahan seperti pelindung tulang kering. Dan untuk pemimpin tim juga harus mengenakan ban kapten sebagai penanda.

Untuk penjaga gawang sendiri memiliki atribut yang berbeda. Penjaga gawang perlu mengenakan jersey dengan pola berbeda dari jersey pemain lainnya dan sarung tangan pelindung. Penjaga gawang juga diperbolehkan menggunakan jersey berlengan panjang dan celana panjang.

Peraturan Sepak Bola 5 : Wasit

Wasit

Wasit adalah seorang pengadil yang bertugas secara netral untuk mengatur dan mengadili jalannya permainan. Berikut ini merupakan tugas wasit saat pertandingan :

  • Bersama asisten wasit mengendalikan jalannya pertandingan
  • Memastikan bola sudah sesuai aturan
  • Memastikan pemain sudah mengenakan atribut yang sesuai
  • Mengatur waktu saat pertandingan berjalan
  • Menentukan kapan pertandingan perlu ditunda, dihentikan, dan diakhiri
  • Mengadili apabila telah terjadi pelanggaran

Peraturan Sepak Bola 6 : Asisten Wasit

Dalam pertandingan sepak bola, seorang wasit juga dibantu oleh dua orang asisten pembawa bendera. Asisten wasit atau yang biasa disebut linesman akan membantu wasit mengawasi jalannya pertandingan. Bendera yang dimiliki asisten wasit berfungsi sebagai penanda jika terjadi bola keluar, offside, atau tendangan sudut.

Peraturan Sepak Bola 7 : Durasi Pertandingan

Pertandingan sepak bola terdiri dari dua babak, yang masing-masing babak berdurasi 45 menit. Selama pertandingan, waktu akan berjalan terus meskipun telah terjadi pelanggaran, pergantian pemain, bola keluar, dan lainnya.

Namun saat akhir pertandingan, wasit berhak memberikan waktu tambahan sebagai pengganti waktu yang hilang. Di antara dua babak, terdapat waktu 10-15 menit istirahat sebelum lanjut ke babak lainnya.

Peraturan Sepak Bola 8 : Awal dan Pelanjutan Ulang Pertandingan

Awal dan Pelanjutan Ulang Pertandingan

Umumnya, tanda awal dan pelanjutan ulang pertandingan ditandai dengan kick off atau tendangan awal yang dilakukan di tengah lapangan. Kick off dilakukan untuk memulai pertandingan,  melanjutkan pertandingan setelah terjadi gol, dan mengawali permainan setelah istirahat atau setelah adanya ekstra time akibat adanya insiden.

Tim yang akan memainkan kick off  ditentukan oleh hasil undian koin yang dilakukan oleh kedua kapten, dengan seorang wasit sebagai pengawas. Saat pemain melakukan kick off, kedua tim harus berada di sisi lapangan masing-masing.

Peraturan Sepak Bola 9 : Bola Masuk dan Keluar dari Area Lapangan

Bola masuk adalah keadaan dimana bola tersebut masih dapat dimainkan. Sedangkan bola keluar merupakan keadaan dimana bola tersebut tidak dapat dimainkan. Bola dikatakan aktif selama bola terus di lapangan, meskipun bola terpental ke tiang gawang, mistar gawang, atau lainnya.

Selama bola kembali lagi ke lapangan setelah terpental, maka bola dapat dikatakan masih aktif. Sedangkan bola tidak aktif terjadi ketika bola meninggalkan lapangan melintasi garis gawang atau garis dalam, terjadi insiden, pelanggaran, dan sebagainya.

Peraturan Sepak Bola 10 : Metode Gol

Metode Gol

Gol yang dilakukan pemain dapat bersifat legal maupun ilegal. Gol dikatakan legal atau sah apabila bola melintasi garis gawang tim yang dihadapi. Sedangkan gol dikatakan ilegal apabila pemain dari tim yang melakukan gol telah melakukan pelanggaran sebelumnya atau pemain lawan melakukan pelanggaran sebelum bola melewati garis gawang.

Peraturan Sepak Bola 11 : Tendangan Bebas Langsung dan Tendangan Bebas Tidak Langsung

Tendangan bebas langsung merupakan tendangan yang diberikan setelah terjadi pelanggaran dari tim lawan. Tendangan bebas langsung digunakan karena memungkinkan pemain untuk mencetak gol. Untuk mengurangi laju bola, pemain lawan boleh membentuk tembok untuk membendung bola. Sedangkan tendangan bebas tidak langsung adalah tendangan yang diberikan setelah terjadinya offside.

Peraturan Sepak Bola 12 : Lemparan ke Dalam

Lemparan ke dalam dilakukan ketika bola keluar dari dari lapangan. Lemparan ke dalam hanya boleh dilakukan menggunakan kedua tangan, tidak boleh menggunakan kaki maupun sundulan.

Peraturan Sepak Bola 13 : Tendangan Gawang

Peraturan Sepak Bola 13 : Tendangan Gawang

Tendangan gawang merupakan jenis tendangan yang dilakukan di area pinalti. Tendangan ini dilakukan karena adanya kontak terakhir pada pemain lawan sebelum melewati garis gawang luar.

Peraturan Sepak Bola 14 : Tendangan Sudut

Sesuai dengan namanya, tendangan sudut adalah tendangan yang dilakukan di sudut lapangan. Tendangan sudut atau corner kick diberikan kepada tim penyerang setelah bola keluar lapangan akibat adanya kontak dengan tim lawan. Selain tendangan penalti dan tendangan bebas langsung, tendangan sudut juga merupakan salah satu jenis tendangan yang berpotensi besar untuk mencetak gol.

Peraturan Sepak Bola 15 : Penyimpangan dan Pelanggaran

Peraturan Sepak Bola 15 : Penyimpangan dan Pelanggaran

Pelanggaran merupakan tindakan pemain yang dianggap tidak etis dan akan mendapatkan hukuman. Contoh pelanggaran diantaranya adalah menjegal lawan, handsball, mendorong lawan, menarik baju lawan, dan lain sebagainya. Setiap tim yang melakukan pelanggaran dapat diberi kartu kuning atau merah.

Pelanggaran atau penyimpangan serius akan diberikan kartu kuning, bisa berupa tendangan bebas langsung dari tim lawan. Sedangkan pelanggaran yang merusak permainan atau mempengaruhi hasil akhir akan diberikan kartu merah.

Peraturan Sepak Bola 16 : Offside

Offside bukan suatu bentuk pelanggaran dalam pertandingan sepak bola, melainkan suatu kondisi dimana seorang pemain menerima operan bola saat posisinya mendahului pemain lawan paling belakang.

Peraturan Sepak Bola 17 : Tendangan Penalti

Tendangan penalti merupakan tendangan yang diberikan apabila terjadi pelanggaran di area pinalti. Tendangan ini dilakukan sejauh 11 meter dari gawang lawan.

Tendangan penalti dianggap memiliki potensi besar untuk mencetak gol, sehingga tendangan ini paling populer dan diharapkan pemain. Selain diberikan akibat pelanggaran, tendangan pinalti juga bisa dilakukan untuk menentukan kemenangan pertandingan yang berakhir seimbang.

Leave a Reply

Send this to a friend