15+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Auto Dilirik HRD!

Ketika akan membuat sebuah surat lamaran, pelamar biasanya juga menyertakan posisi atau jabatan yang dia inginkan di dalam surat lamaran terebut.

Pengetahuan masyarakat tentang format maupun bentuk dari surat lamaran kerja pada suatu lowongan pekerjaan yang khusus biasnaya sering dianggap lebih mudah, tetapi tidak sedikit orang yang malah gagal untuk mendapatkan pekerjaannya hanya dikarenakan paham dan cermatnya ketika membuat suatu surat lamarannya sedikit.

Padahal, dari sebuah surat lamaran saja seorang HRD yang sedang membuka lowongan suatu pekerjaan bisa melihat kualitas dari para calon pekerjanya tersebut. Dengan begitu, sebaiknya ketika akan membuat surat lamaran haruslah dibuat dengan benar dan juga harus menarik. Hal tersebut bisa menjadi sebuah pertimbangan untuk para HRD agar menerima Anda menjadi karyawannya.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Umum

Pada umumnya, kesalahan di dalam menulis surat-menyurat yang palng sering kali terjadi yaitu kesalahan para bahasa dan strukturnya. Maka dari itu, sangat penting untuk para pelamar atau pemohon agar bisa melihat kembali contoh dari surat lamaran pekerjaan yang baik dan juga benar seperti berikut ini.

Dengan begitu Anda tidak akan memikirkan lagi bagaimana struktur dari penulisan lamaran kerja dan juga bahasa yang cocok untuk digunakan. Anda hanya menyesuaikan dan juga menggantikan nama, identitas diri Anda yang sesuai, latar belakang pendidikan Anda, dan juga posisi jabatan yang Anda inginkan di dalam surat lamaran kerja tersebut.

1. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Rumah Sakit

rumah sakit

Diatas merupakan salah satu contoh dari surat lamaran kerja untuk di Rumah sakit. Dapat Anda lihat bahwasanya di dalam surat lamaran tersebut telah dicantumkan beberapa berkas berupa Curiculum Vitae (CV), pas foto terbaru, fotocopy KTP, fotocopy Ijazah, fotocopy Transkrip Nilai, fotocopy kartu kuning, fotocopy surat keterangan catatan kepolisian, fotokopi surat pengalaman kerja, dan fotocopy surat kempetensi.

Dan tidak lupa pula, Anda juga harus menyertakan kemampuan Anda di dalam surat lamaran tersebut, agar pihak yang membuka lowongan mengetahui kemampuan yang terdapat di dalam diri Anda.

Format struktur surat lamaran kerja diatas dapat Anda gunakan untuk melamar pekerjaan di rumah sakit mana saja. Anda hanya perlu untuk menggantikan nama, posisi jabatan yang diinginkan dan identitas diri Anda sendiri.

2. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Restoran

restoran

Contoh dari surat lamaran pekerjaan diatas merupakan surat lamaran pekerjaan untuk bekerja di Restoran. Apabila Anda ingin bekerja di Restoran, maka Anda harus menyertakan juga beberapa berkas contohnya seperti fotocopy ijazah terakhir, daftar riwayat hidup, fotocopy KTP dan KTM, pas foto ukuran 3 x 4 dua lembar.

Apabila Anda bukan mahasiswa, maka Anda tidak perlu untuk menyertakan forocopy KTM, cukup hanya fotocopy KTP saja. Dan apabila Anda ingin bekerja seharian, maka ganti kata Part Time menjadi Full Time. Karena bekerja secara Part Time biasanya di kerjakan oleh mahasiswa.

3. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Toko

toko

Untuk melamar pekerjaan sebagai pegawai sebuah took, Anda juga perlu untuk menyertakan beberapa berkas. Contoh berkas yang biasanya di sertakan yaitu fotocopy ijazah terakhir, daftar riwayat hidup, fotocopy KTP, fotocopy kartu keluarga, dan pas foto.

Sebisa mungkin Anda juga harus menyertakan kepribadian Anda yang baik di dalam surat lamaran kerja agar pihak pembuka lowongan pekerjaan dapat mempertimbangkan Anda untuk bekerja di toko mereka.

4. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Apotek

apotek

Apabila Anda ingin melamar pekerjaan sebagai apoteker di sebuah apotek, Anda harus menyertakan beberapa berkas. Seperti contoh yaitu daftar riwayat hidup, fotocopy ijazah terakhir, fotocopy transkrip nilai, fotocopy KTP, dan pas foto 4 x 6 berjumlah 1 lembar.

Apabila Anda ingin melamar pada posisi atau jabatan yang lain, Anda dapat mengganti posisi atau jabatan tersebut dengan yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

5. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Puskesmas

puskesmas

Diatas merupakan salah satu contoh dari surat lamaran kerja untuk di Puskesmas. Dapat Anda lihat bahwasanya di dalam contoh surat lamaran tersebut telah dicantumkan beberapa berkas berupa pas foto terbaru berlatar belakang merah 3 x 4 sejumlah 2 lembar, fotocopy KTP, fotocopy Ijazah.

Dan tidak lupa pula, Anda juga harus menyertakan kemampuan Anda di dalam surat lamaran tersebut, agar pihak yang membuka lowongan mengetahui kemampuan yang terdapat di dalam diri Anda.

Format struktur surat lamaran kerja diatas dapat Anda gunakan untuk melamar pekerjaan di puskesmas yang lainnya. Anda hanya perlu untuk menggantikan nama, posisi jabatan yang diinginkan dan identitas diri Anda sendiri.

6. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di PT atau Pabrik

pt

Untuk melamar pekerjaan di PT atau pabrik Anda harus menonjolkan kelebih di dalam diri Anda pada surat lamaran tersebut. Karena dengan begitu dapat membuat HRD dari PT atau pabrik tersebut mempertimbangkan Anda agar bekerja di pabriknya.

7. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Perusahaan

perusahaan

Jika Anda ingin melamar pekerjaan disebuah perusahaan, maka sebaiknya Anda juga harus menguasai Microsoft Office. Mengingat dalam pekerjaannya sering menggunakan Microsoft Office sebagai bantuan pekerjaannya.

Dan apabila Anda telah menguasai Microsoft office, maka Anda dapat menuliskan kelebihan Anda tersebut di dalam surat lamaran pekerjaan.

8. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Indomaret

indomaret

Contoh diatas merupakan contoh surat lamaran pekerjaan di Indomaret. Untuk melamar ke perusahaan Indomaret, maka Anda harus menyiapkan beberapa berkas seperti fotocopy ijazah, fotocopy KTP, fotocopy sertifikat kursus pelatihan, daftar riwayat hidup, dan pas foto terbaru sejumlah 4 lembar.

9. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Alfamart

alfamart

Anda dapat mengikuti contoh surat lamaran pekerjaan di atas apabila Anda ingin mengirimkan lamaran kerja ke perusahaan Alfamart. Berkas yang dapat Anda sertakan yaitu seperti CV, pas foto, fotocopy ijazah. Anda dapat menambahkan berkas lainnya apabila ada.

10. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Sekolah

sekolah

Untuk melamar pekerjaan di sebuah sekolah, Anda dapat mengikuti format dan struktur dari contoh surat lamaran pekerjaan di atas. Dan jangan lupa untuk menyertakan beberapa berkas yang mampu menunjang karir Anda.

11. Contoh Surat lamaran Pekerjaan di Hotel

hotel

Apabila Anda ingin melamar pekerjaan di sebuah Hotel sebagai resepsionis, maka Anda dapat mencantumkan kelebihan Anda di surat lamaran pekerjaan yang akan Anda buat. Contohnya seperti memahami dengan benar software perkantoran, seperti yang dibuat diatas.

12. Contoh Surat lamaran Pekerjaan di Bank

bank

Contoh diatas merupakan contoh surat lamaran pekerjaan di Bank. Untuk melamar pekerjaan di Bank, maka Anda harus menyiapkan beberapa berkas seperti CV, fotocopy transkrip nilai terakhir, fotocopy ijazah terakhir, surat pengalaman kerja, fotocopy SKCK, dan pas foto 3×4 yang terbaru.

13. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Instansi Pemerintahan

instansi pemerintahan

Anda dapat mengikuti format dan juga struktur diatas untuk melamar pekerjaan di suatu instansi pemerintahan. Dan jangan lupa untuk menyertakan sejumlah berkas seperti contoh diatas.

14. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Koperasi

koperasi

Untuk melamar pekerjaan di Koperasi. Anda harus menonjolkan kelebih di dalam diri Anda pada surat lamaran tersebut. Agar peluang Anda untuk diterima akan lebih besar.

15. Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Security

Jika Anda memiliki postur tubuh tegap, sehat dan tinggi yang ideal, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengajukan lamaran sebagai satpam / security ke suatu perusahaan atau instansi.

Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Security

Demikianlah penjelasan mengenai contoh surat lamaran kerja. Sebagai tambahan Anda dapat menyertakan berkas lainnya yang dapat menunjang karir Anda, agar peluang Anda di terima di suatu perusahaan lebih besar.

Overall
4.9

Summary

Kumpulan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk melamar di berbagai tempat seperti rumah sakit, restoran, pabrik (PT), toko, sekolah, hotel dan lain sebagainya. Dijamin surat lamaran diatas dilirik HRD!!

Leave a Reply

Send this to a friend