10+ Contoh Surat Dinas Resmi, Undangan, Pemerintahan, Sekolah Dll

Pasti Anda sering mendengar macam-macam surat dinas, bukan ? Ya, surat dinas merupakan surat resmi yang diperuntukkan untuk kedinasan, surat tersebut dapat berupa surat izin, surat kegiatan, dan lain sebagainya. Maka dari itu, untuk lebih formal dan menghargai Anda harus membuat surat dinas dengan baik dan benar.

Surat dinas tersebut juga diperlukan untuk kegiatan yang formal dalam suatu pekerjaan, organisasi maupun instansi resmi yang lainnya. Maka dari itu, Anda dapat menuliskan surat dinas tersebut dengan berpedoman kepada beberapa surat dinas dibawah ini.

Jangan lupa Anda juga harus menggunakan bahasa yang baku untuk membuat surat kedinasan tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh surat dinas yang dapat Anda lihat dibawah ini :

Kumpulan Contoh Surat Dinas

Sebelum masuk ke beberapa contoh surat dinas, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan surat dinas. Surat dinas merupakan jenis surat yang termasuk di dalam surat resmi. Yang menjadi perbedaan diantara surat dinas dengan surat resmi yang lainnya yaitu terdapat pada statur kedudukan dari surat dinas yang sangat tinggi, dimana surat tersebut mewakili sebuah organisasi, dan diwakilkan oleh pemimpin maupun kepalanya.

Surat dinas ini sibut untuk menjadi suatu media komunikasi yang resmi diantara lembaga maupun organisasi. Surat dinas juga memberikan keterangan untuk seseorang yang tengah bertugas didalam kapasitasnya untuk mewakili suatu lembaga yang menaunginya.

Untuk menuliskan surat dinas, Anda harus memperhatikan penulisan pada surat tersebut. Dan surat tersebut harus menggunakan bahasa yang resmi atau baku, jelas dan juga harus sesuai dengan EYD. Tidak hanya itu apabila Anda ingin membuat surat dinas, maka didalam surat tersebut terdapat tanda tangan maupun stempel oleh pembuat surat tersebut.

Format penulisan pada surat dinas yang wajib Anda perhatikan yaitu, sebagai berikut :

  • Kop surat atau kepala surat
  • No surat
  • Hal atau perihal
  • Lampiran
  • Tanggal surat
  • Alamat yang akan dituju
  • Salam pembuka dan penutup

Dibawah ini akan menjelaskan beberapa contoh dari surat dinas yang dapat Anda contoh cara penulisan dan format dari penulisannya.

1. Contoh Surat Dinas Resmi

Contoh Surat Dinas Resmi

Contoh surat dinas yang pertama yaitu surat dinas resmi. Surat dinas ini dapat dibuat langsung oleh instansi atau pemerintah dinas didalam memberikan pemberitahuan. Dengan begitu, maka dapat dihasilkannya keputusan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Anda dapat melihat cara penulisan maupun format pada surat dinas resmi tersebut. Disarankan Anda juga harus menggunakan kalimat yang baku dan memenuhi format utama dalam penulisan surat dinas seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

2. Contoh Surat Dinas Undangan

undangan

Surat dinas undangan sering kita jumpai sehari-hari, karena surat jenis ini sangat sering digunakan untuk kebutuhan pemberitahuan maupun undangan. Pasti sewaktu sekolah Anda pernah mendapatkan surat undangan dari sekolah untuk orang tua Anda, bukan ? Nah, itu merupakan slaah satu contoh dari surat dinas undangan.

Surat dinas undangan ini dapat Anda kirimkan untuk mengirimkan informasi seperti pemberitahuan maupun undangan kepada seseorang maupun pemerintah dinas.

3. Contoh Surat Dinas Pemerintahan

Contoh Surat Dinas Pemerintahan

Surat dinas pemerintahan selanjutnya yaitu surat dinas pemerintahan. Dimana surat dinas pemerintahan tersebut merupakan surat yang dikeluarkan oleh pemerintah kepada masyarakat maupun yang lainnya.

Surat ini merupaakan surat dinas yang resmi, maka dari itu sangat perlu memperhatikan cara penulisan dari surat dinas pemerintahan tersebut.

4. Contoh Surat Dinas Sekolah

sekolah

Surat dinas sekolah yaitu surat dinas yang dikeluarkan oleh sekolah untuk berbagai kalangan seperti pegawai, guru, siswa dan siswi serta orang tua murid. Biasanya surat ini dimanfaatkan untuk memberitahukan bahwasanya orang-orang yang ditujukan untuk menghadiri rapat, pengambilan rapor, dan lain sebagainya.

5. Contoh Surat Dinas Perusahaan

Contoh Surat Dinas Perusahaan

Surat dinas perusahaan merupakan surat dinas yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk keperluan pekerjaan maupun keperluan yang lainnya. Surat ini juga bertujuan agar apa yang ingin dilakukan dan diberitahukan lebih mudah untuk diakuin dan dipercayai oleh orang-orang yang diberitahukan.

6. Contoh Surat Dinas Kesehatan

keseharan

Surat dinas kesehatan merupakan surat dinas yang dikeluarkan oleh instansi kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit dan juga posyandu. Suatu dinas kesehatan harus memberikan secara langsung pengumuman mengenai apa yang ingin ia beritahukan kepada masyarakat. Hal tersebut sangat penting karna dapat berguna agar memberikan informasi tersebut berdasarkan dari sumber yang memang valid.

7. Contoh Surat Dinas OSIS

Contoh Surat Dinas OSIS

Surat dinas Osis merupakan surat dinas yang dikeluarkan oleh organisasi terbesar di sekolah, yakni OSIS. DImana surat ini dapat berupa bentuk pemberitahuan pelaksanaan kegiatan, acara kesenian, olimpiade, dan lain sebagainya yang berkenaan dengan program kerja OSIS itu sendiri.

8. Contoh Surat Dinas Pendidikan

pendidikan

Surat dinas pendidikan merupakan surat dinas yang dikeluarkan oleh instansi pemerintahan yang berkenaan atau berkaitan dengan pendidikan, contohnya dari dinas pendidikan, kementrian pendidikan dan kebudayaan, sekolah, dan lain sebagainya.

Surat ini berupa surat yang didalamnya membahas mengenai rapat siswa, pemindahan kepala sekolah, surat kerja guru, dan lain sebagainya.

9. Contoh Surat Dinas Permohonan Izin

izin

Surat dinas permohonan izin merupakan surat yang dikeluarkan oleh instansi terkait untuk melakukan permohonan perizinan. Dimana didalam hal ini permohonan izin tersebut dapat berupa izin kegiatan, izin tenaga pengajar, izin sekolah, izin tempat, dan lain sebagainya.

10. Contoh Surat Dinas Pemberitahuan

Contoh Surat Dinas Pemberitahuan

Surat dinas pemberitahuan merupakan surat yang dikeluarkan oleh instansi yang berkenaan atau berkaitan dengan pemberitahuan. Contohnya yaitu surat pemberitahuan untuk pembagian rapor, pemberitahuan study tour, pemberitahuan pembatalan kegiatan, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh dari surat dinas yang dapat Anda lihat contohnya pada artikel diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend