Pengertian Kebudayaan Beserta Fungsi, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenis Kebudayaan

Pengertian Kebudayaan

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan kebudayaan ? Pengertian Kebudayaan secara umum sebenarnya ada beberapa macam, tetapi dapat disimpulkan menjadi satu pengertian yaitu kebudayaan adalah suatu cara hidup yang dipunyai oleh beberapa kelompok masyarakat tertentu secara bersama-sama.

Kebudayaan juga dibentuk dengan banyaknya unsur dan juga menyeluruh. Selain itu, aturan dari kebudayaan juga tidak dituliskan, biasanya budaya memiliki sifat ang memaksa dan juga harus memberikan pedoman kepada yang lainnya untuk dapat berperilaku dengan baik agar kehidupan kedepannya akan lebih bermartabat serta bersahaja.

Definisi kebudayaan lainnya juga adalah hasik dari karya cipta, rasa dan juga karsa manusia. Ruang lingkup dari kebudayaan tersebut yaitu mencakup banyaknya aspek dalam kehidupan kita sehari-hari seperti keyakinan, hukum, adat istiadat, seni, moral, susila, serta keahlian. Hadirnya kebudayaan juga dapat mempengaruhi wawasan seseorang, ide, dan gagasan walaupun budaya tersebut berwujud abstrak.

Pengertian Kebudayaan Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Kebudayaan adalah

Selain adanya pengertian kebudayaan secara umum, ada juga pengertian kebudayaan menurut para ahli. Beberapa para ahli tersebut juga memiliki pandangannya sendiri mengenai pengertian kebudayaan. Dengan adanya pengertian kebudayaan menurut beberapa ahli dibawah ini, Anda dapat lebih mudah untuk memahami apa yang dimaksud dari kebudayaan :

1. Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara beranggapan bahwa pengertian dari kebudayaan yaitu sebagai suatu buah budi dari manusia, yang mana hal tersebut dapat diartikan sebuah hasil dari dua pengaruh yang besar, yaitu alam dan juga kodrat dari masyarakat.

Menurut Ki Hajar Dewantara juga definisi dari kebudayaan yaitu sebagai sebuah bukti dari kejayaan kehidupan manusia untuk bisa mengatasi kesulitan yang terjadi dalam hidupnya dan supaya kebahagiaan dan juga keselamatan bisa dicapai dengan baik. Sehingga dengan adanya kebudayaan tersebut sifat tertib dan juga damai akan lahir dari sini.

2. Drs. Muhammad Hatta

Drs. Muhammad Hatta beranggapan bahwa pengertian dari kebudayaan yaitu merupakan suatu ciptaan hidup dari sebuah bangsa.

3. Haji Agus Salim

Haji Agus Salim beranggapan bahwa pengertian dari kebudayaan yaitu merupakan suatu persatuan dari kata budi dan juga daya agar dapat menjadi makna dari satu jiwa yang tidak bisa dipisahkan lagi.

4. Harjoso

Harjoso beranggapan bahwa pengertian dari kebudayaan yaitu dapat diuraikan dalam beberapa poin, seperti dibawah ini :

  • Suatu kebudayaan mempunyai sifat dinamis
  • Suatu kebudayaan dapat diteruskan atau dapat diajarkan kepada orang lain
  • Suatu kebudayaan bisa dirincikan menjadi beberapa komponen seperti psikologis, sosiologis, biologis dari kehadiran manusia
  • Suatu kebudayaan mempunyai beberapa struktur dan juga cara tertentu
  • Nilai dari suatu kebudayaan yaitu memiliki sifat yang cenderung relatif, seperti dari satu kelompok manusia ke kelompok yang lain bisa berbeda-beda.
  • Suatu kebudayaan dapat dibagikan dalam beberapa aspek-aspek sosial maupun psikologis
  • Suatu kebudayaan yang ada di masyarakat mempunyai perbedaan kebudayaan dari satu ke yang lainnya.

5. Koentjaraningrat

Koetjaraningrat beranggapan bahwa pengertian dari kebudayaan yaitu adalah seluruh dari perilaku manusia dan juga hasil yang  diperoleh dan juga telah melewati proses pembelajaran dan seluruhnya telah disusun dalam suatu kehidupan bermasyarakat.

Fungsi Kebudayaan

Fungsi Kebudayaan

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dari kebudayaan, maka Anda juga perlu mengetahui apa fungsi dari kebudayaan, yang mana kebudayaan merupakan ciri khas dari sekelompok orang di suatu daerah tertentu. Dan berikut adalah fungsi kebudayaan :

1. Untuk dapat memenuhi kebutuhan sekelompok masyarakat

Kebudayaan tidak hanya mempersoalkan adat istiadat, tetapi pola perilaku masyarakat juga sangatlah penting. Hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana sekelompok masyarakat bisa tetap bertahan hidup dengan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.

Contoh masyarakat dapat bertahan hidup dengan memenuhi kebutuhannya yaitu dengan cara berkebun, biasanya masyarakat yang tinggal didaerah pegunungan memilih untuk berkebun dan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai memilih untuk mencari ikan. Nah, kedua hal tersebut adalah cara msyarakat untuk dapat bertahan hidup sesuai dengan kebudayaan dan caranya masing-masing, yang mana memiliki fungsi untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

2. Untuk dapat mendorong perubahan pada masyarakat

Fungsi kedua dari kebudayaan yaitu bisa digunakan untuk merubah masyarakat. Hal tersebut juga dapat berlaku pada kebudayaan baru yang akan mulai masuk pada lingkungan masyarakat tertentu. Misalnya yaitu pada masyarakat yang berbudaya Korea dan masuk ke wilayah Indonesia.

Hal tersebut sedikit banyaknya akan merubah pola perilaku dari masyarakat yang juga menyukai kebudayaan tersebut. Kebudayaan itu pun dapat diwujudkan pada gaya hidup, kesenian maupun bahasanya.

3. Untuk menjadi pedoman hubungan di masyarakat

Kelompok masyarakat tertentu bisa berjalan dengan satu tujuan dan satu arah dikarenakan memiliki kebudayaan yang juga sama. Misalnya yaitu pada masyarakat Yogyakarta yang memiliki kebudayaan Grebeg Mauud pada saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dan seluruh masyarakat Yogyakarta setuju dengan kebudayaan tersebut yang dikatakan sebagai budaya yang telah hadir sejak dahulu, memiliki tujuan yang jelas, serta dikatakan sebagai suatu budaya yang dapat mempersatukan masyarakat.

Ciri-Ciri Kebudayaan

Ciri-Ciri Kebudayaan

Sama seperti yang lainnya, kebudayaan juga memiliki ciri-ciri. Ciri-ciri tersebut juga dapat dijadikan suatu jati diri dari suatu kebudayaan tertentu. Ciri-ciri dari kebudayaan pun dapat dibagi menjadi 3 hal, yaitu ciri-ciri kebudayaan secara umum, ciri-ciri kebudayaan daerah dan ciri-ciri kebudayaan nasional. Berikut penjelasan ketiga ciri-ciri kebudayaan tersebut :

1. Ciri-ciri kebudayaan secara umum

Dibawah ini adalah ciri-ciri kebudayaan secara umum :

  • Kebudayaan bisa diturunkan
  • Kebudayaan bisa dipelajari
  • Kebudayaan memiliki sifat yang terintegrasi
  • Kebudayaan bisa berubah sewaktu-waktu
  • Kebudayaan selalu hidup dan berkembang didalam kehidupan masyarakat.

2. Ciri-ciri kebudayaan daerah

Dibawah ini adalah ciri-ciri kebudayaan daerah :

  • Kebudayaan pada suatu daerah tertentu memiliki peninggalan sejarahnya
  • Kebudayaan pada suatu daerah tertentu terdapat unsur kepercayaan
  • Kebudayaan pada suatu daerah tertentu terdapat seni dan bahasa dari daerah tersebut
  • Kebudayaan pada suatu daerah tertentu diikuti oleh masyarakat yang ada di daerah tersebut
  • Kebudayaan pada suatu daerah tertentu juga memiliki unsur kebudayaan tradisional dan kebudayaan aslinya
  • Kebudayaan pada suatu daerah tertentu mempunyai adat istiadat
  • Kebudayaan pada suatu daerah tertentu memiliki sifat kedaerahan

3. Ciri-ciri kebudayaan Nasional

Dibawah ini adalah ciri-ciri kebudayaan Nasional :

  • Kebudayaan Nasional memiliki unsur-unsur yang dapat menyatukan suatu bangsa
  • Kebudayaan Nasional dapat dijadikan cerminan dari kehidupan bangsa
  • Kebudayaan Nasional merupakan suatu kebanggaan dari seluruh rakyat bangsanya
  • Kebudayaan Nasional memiliki unsur budaya daerah yang telah siakui secara Nasional

Jenis-jenis Kebudayaan

Jenis-jenis Kebudayaan

Kebudayaan pada suatu daerah tertentu dapat dibagi menjadi 3 macam dan dapat dilihat pada keadaan jenis-jenisnya. Berikut adalah jenis-jenis kebudayaan :

  • Hidup kebatinan manusia, dimana hal tersebut dapat diartikan sebagai suatu yang bisa menimbulkan ketertiban maupun damainya hidup ditengah masyarakat dengan adanya adat istiadat, pemerintahan negeri, agama atau ilmu kebatinan.
  • Angan-angan manusia, dimana hal tersebut dapat diartikan sebagai suatu hal yang bisa menimbulkan kesusasteraan, kesusilaan dan keluhuran bahasa
  • Kepandaian manusia, dimana hal tersebut dapat diartikan sebagai suatu hal yang bisa menimbulkan bermacam-macam kepandaian mengenai perusahaan tanah, kerajinan, hubungan lalu lintas, pelayaran, kesenian yang memiliki banyak jenis dan memiliki sifat yang indah.

Demikianlah pembahasan mengenai kebudayaan, semoga dengan artikel ini Anda dapat lebih memahami apa yang dimaksud dengan kebudayaan dan hal-hal yang penting di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat memperluas wawasan Anda.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend