Kumpulan Contoh Surat Pemberitahuan

Kumpulan Contoh Surat Pemberitahuan Berbagai Kegiatan, Yuk Disimak!

Pernahkah Anda mendengar tentang surat pemberitahuan? Surat pemberitahuan adalah sebuah surat yang memberitahukan sesuatu terhadap seseorang. Ada cukup banyak contoh surat pemberitahuan. Dibawah ini akan dijelaskan tentang beberapa contoh yang tentu harus Anda ketahui sebagai basicĀ atau dasar.

Kumpulan Contoh Surat Pemberitahuan

Berikut adalah contoh surat pemberitahuan beserta dengan gambar penjelasnya.

1. Surat Pemberitahuan Untuk Pembiayaan Ujian

Surat Pemberitahuan Untuk Pembiayaan Ujian

Berikut adalah contoh dari surat pemberitahuan yang pertama yaitu, surat pemberitahuan untuk pembiayaan ujian. Anda pasti pernah bersekolah dan di hari menjelang ujian pasti akan diberi surat untuk melunasi biaya sebagai syarat untuk mengikuti ujian.

Contoh dibawah ini merupakan salah satu contoh dari surat pemberitahuan yang diberikan kepada para siswa untuk diberikan ke orang tua masing-masing mengenai pelunasan biaya menjelang ujian, tujuan surat ini dibuat hanya sebagai pemberitahuan atau informasi yang ingin pihak sekolah sampaikan kepada wali murid untuk melunasi biaya-biaya sebagai syarat anak didik mengikuti ujian.

2. Surat Pemberitahuan Kunjungan Industri (SMK)

Surat Pemberitahuan Kunjungan Industri (SMK)

Berikut adalah contoh dari surat pemberitahuan yang kedua yaitu, surat pemberitahuan kunjungan industry. Bagi anak-anak SMK melakukan kunjungan industri-industri sudah menjadi agenda dari setiap sekolah SMK pada umumnya.

Tujuan dibuatnya surat ini adalah untuk memberitahukan kepada orang tua dari masing-masing siswa bahwa sekolah akan mengadakan acara kunjungan ke industry serta untuk meminta izin agar anak dari setiap orang tua/wali diperkenankan/diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Surat ini pun biasanya sudah menyertakan tanda tangan dari kepala sekolah yang menandakan bahwa acara tersebut memang resmi acara dari sekolah. Untuk membuat surat ini perlu menyertakan nama smk, dan lain sebagainya, seperti yg tertera pada contoh dibawah ini.

3. Surat Pemberitahuan Kegiatan Ekstrakurikuler

Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Ekstrakurikuler

Berikut adalah contoh surat pemberitahuan yang ketiga yaitu, surat pemberitahuan mengenai kegiatan ekstrakurikuler. Anda pasti pernah mengikuti kegiatan sekolah yaitu ekstrakurikuler selama Anda bersekolah, dan setiap kegiatan ekstrakurikuler pasti memiliki acara masing-masing yang diadakan setiap 1 periodenya.

Contohnya seperti dibawah ini, dibawah ini adalah contoh kegiatan ekstrakurikuler dari SMK MEMAJUKAN MASA DEPAN yang akan mengadakan kegiatan pengukuhan akbar, surat ini dibuat untuk memberitahukan kepada seluruh siswa akan kegiatan tersebut, sekaligus mengundang para siswa untuk hadir dan memberikan informasi kepada orang tua masing-masing bahwa anaknya akan mengikuti acara/kegiatan tersebut karena hal tersebut bersifat wajib dan sudah merupakan ketentuan dari sekolah.

4. Surat Pemberitahuan Perpisahan Sekolah

Surat Pemberitahuan Perpisahan Sekolah

Berikut adalah contoh surat pemberitahuan yang keempat yaitu, surat pemberitahuan perpisahan sekolah, di setiap sekolah pasti memiliki kegiatan perpisahan, mungkin Anda sudah tau gambaran dari acara ini.

Dibawah ini adalah contoh dalam pembuatan surat pemberitahuan kepada wali murid dan para siswa mengenai acara perpisahan tersebut, di surat tersebut tertera nama sekolah yang mengadakan, tanggal acara, kesepakatan-kesepakatan yang ada beserta tanda tangan dari ketua acara dan kepala sekolah untuk menjamin bahwa surat tersebut benar-benar dikeluarkan oleh sekolah sebagai bentuk pemberitahuan kepada wali murid dan siswa mengenai acara tersebut.

5. Surat Pemberitahuan Kegiatan untuk Guru

Surat Pemberitahuan Kegiatan untuk Guru

Berikut adalah contoh surat pemberitahuan yang kelima, yaitu surat pemberitahuan kegiatan untuk guru, tak hanya murid atau siswa saja yang memiliki kegiatan selama di sekolah, para guru pun juga memiliki kegiatan mereka masing-masing.

Dibawah ini adalah contoh surat pemberitahuan yang ditujukan kepada guru-guru disuatu sekolah tertentu untuk memberitahukan/menginfokan bahwa setiap guru akan mengikuti sebuah kegiatan yang sudah tertera beserta dengan surat tersebut.

Di surat itu terdapat tanda tangan dari kepala sekolah yang menandakan kegiatan itu benar adanya dan sudah disetujui oleh kepala sekolah dari setiap masing-masing sekolah yang akan mengadakan kegiatan tersebut.

6. Surat Pemberitahuan Kegiatan Ujian (Guru)

Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Ujian (Guru)

Berikut adalah contoh dari surat pemberitahuan yang keenam yaitu, surat pemberitahuan kegiatan ujian untuk guru. Mungkin Anda hanya tahu biasanya surat pemberitahuan ujian hanya diberikan kepada siswa yang akan menjalani ujian akhir semester atau ujian tengah semester, namun ternyata guru juga mendapatkan surat kegiatan ujian yang berisi seperti contoh yang ada dibawah ini seperti hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan dikumpulkan oleh guru menjelang hari ujian.

7. Surat Pemberitahuan Kegiatan 17 Agustus

Surat Pemberitahuan Kegiatan 17 Agustus

Berikut merupakan contoh surat pemberitahuan yang ketujuh yaitu, surat pemberitahuan kegiatan 17 Agustus. Anda pasti tahu kegiatan tahunan apa yang dilakukan rakyat Indonesia pada tanggal 17 Agustus, yaitu untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Setiap tahun negara Indonesia rutin mengadakan acara tersebut di setiap tanggal 17 Agustus. Maka dari itu setiap provinsi, kabupaten/kota, desa di seluruh Indonesia berhak untuk ikut merayakannya.

Dibawah ini merupakan contoh surat pemberitahuan yang dibuat oleh ketua karang taruna dari suatu desa dan ditujukan kepada seluruh warga mengenani perayaan hari ulang tahun kemerdekaan negara Indonesia. Disurat tersebut berisi mengenai undangan kepada seluruh warga untuk menghadiri acara tersebut serta hari dan tanggal acara seperti yang sudah tertera di surat tersebut.

8. Surat Pemberitahuan Kegiatan RT

Surat Pemberitahuan Kegiatan RT

Berikut adalah contoh surat pemberitahuan yang ke 8 yaitu, surat pemberitahuan kegiatan RT. Disetiap desa pasti mempunyai yang namanya RT, dan setiap RT di tiap-tiap desa pasti memiliki kegiatan masing-masing dan berbeda-beda, tidak selalu sama.

Dibawah ini merupakan salah satu contoh surat pemberitahuan dari ketua RT setempat untuk mengikuti salah satu kegiatan dari kelurahan, tujuan dibuatnya surat pemberitahuan ini adalah untuk menyampaikan kepada setiap warga yang ada di RT tersebut agar dapat berpartisipasi mengikuti kegiatan dari kelurahan tersebut bersama-sama sesuai dengan tanggal acara dan waktu dan tempat yang sudah tertera beserta dengan surat undangan tersebut.

9. Surat Pemberitahuan Gotong Royong

Surat Pemberitahuan Gotong Royong

Berikut merupakan contoh dari surat pemberitahuan yang kesembilan yaitu, surat pemberitahuan gotong royong. Kegiatan gotong royong ini sering dilakasakan oleh orang-orang dari desa, dalam rangka untuk membangun sebuah jembatan, atau mengecat ruas-ruas jalan, atau untuk membersihkan selokan untuk menghindari banjir demi kenyamanan bersama dan lain sebagainya.

Dibawah ini adalah contoh dari surat pemberitahuan kegiatan gotong royong, tujuan dibuatnya surat ini adalah sebagai pemberitahuan untuk warga yang berada di lingkungan RT/RW tersebut untuk bisa berpartisipasi atau mengikuti kegiatan tersebut sesuai dengan tanggal, waktu, dan tempat yang sudah tertulis pada surat tersebut.

Surat tersebut biasanya sudah beserta dengan tanda tangan dari ketua RT setempat, yang menandakan bahwa itu memang kegiatan Bersama yang harus atau wajib di ikuti kepada setiap warga di RT tersebut kecuali yang berhalangan hadir seperti sakit atau hal lainnya.

10. Surat Pemberitahuan Donor Darah

Contoh Surat Pemberitahuan Donor Darah

Berikut adalah contoh dari surat pemberitahuan yang kesepuluh, yaitu surat pemberitahuan donor darah. Donor darah merupakan kegiatan yang biasa diadakan oleh pihak puskesmas sebagai media untuk menolong sesame dari kita yang sedang mengalami kekurangan darah saat terjadi bencana alam.

Dibawah ini merupakan contoh dari surat pemberitahuan mengenai donor darah, biasanya donor darah di lakukan di lokasi didekat tempat berdirinya puskesmas tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend