Kumpulan Contoh Surat Jual Beli Tanah

6 Contoh Surat Jual Beli Tanah Docx / PDF Beserta Link Download

NESABAMEDIA.COM – Tanah tempat manusia berpijak bukanlah milik siapa-siapa, namun seiring dengan berkembangnya pengetahuan manusia munculah suatu istilah yaitu “kepemilikan”. Setelah itu, manusia mulai mengakuisisi apa saja hal yang sekiranya bisa dimanfaatkan, dan salah satunya adalah tanah.

Tanah sudah berhasil menjadi harta atau aset yang berharga dan juga memiliki nilai yang tinggi. Sampai saat ini, tanah menjadi aset property yang sudah biasa diperjualbelikan di kalangan masyarakat. Aset ini juga diperkirakan akan terus menerus dibutuhkan sehinga harga jualnya pun akan semaki meningkat setiap tahunnya.

Contoh Surat Jual Beli Tanah (Link Download Dibawah)

Investasi tanah merupakan salah satu investasi yang tidak pernah dan tidak akan mungkin mengalami kerugian, karena harga jual tidak akan turun. Oleh karena itu semua hal yang berkaitan dengan jual beli tanah menjadi suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, misalnya bagian administrasi.

Salah satu bagian administrasi dari jual beli tanah adalah surat jual beli tanah. Surat tersebut menjadi bukti tertulis yang sah dan memiliki nilai di hadapan hukum. Jual beli tanah ini pun harus menyertakan sejumlah saksi didalamnya. Mengapa demikian? Saksi tersebut bertujuan agar kelak di kemudian hari nanti tidak terjadi keributan karena kedua belah pihak memiliki saksi.

Sudah banyak terjadi permasalahan atau pertengkaran yang terjadi akibat dari jual beli tanah ini. Maka dari itu surat jual beli tanah dan saksi sangat berperan penting dalam hal ini. Diatas adalah beberapa contoh dari surat jual beli tanah.

1. Contoh Surat Jual Beli Tanah

Contoh Surat Jual Beli Tanah

Diatas adalah contoh dari surat jual beli tanah yang ke 1 yaitu, surat jual beli tanah yang baik dan benar. Tanah merupakan suatu aset yang akan terus bertambah nilai harga nya dengan seiring bertambahnya tahun. Hal tersebut menyebabkan tanah dapat digunakan sebagai investasi dengan jangka panjang yang bagus.

Namun dalam proses jual belinya dibutuhkan surat perjanjian dengan kekuatan hukum dan juga bersifat resmi. Oleh sebab itu apabila Anda akan melakukan transaksi jual beli tanah maka jangan lupa harus disertai dengan surat jual beli tanah atau harus menyertakan surat jual beli tanah.

Diatas adalah contoh dari surat jual beli tanah yang baik dan benar yang bisa Anda tiru atau contoh sebagai acuan dalam membuat surat tersebut.

2. Contoh Surat Jual Beli Tanah Sawah

Contoh Surat Jual Beli Tanah Sawah

Diatas adalah salah contoh surat jual beli tanah yang ke 2 yaitu, surat jual beli tanah sawah. Sawah merupakan hal yang tidak lepas dari tanah. Oleh sebab itu tanah sawah juga bisa digunakan sebagai investasi. Harga dari sawah sendiri pun terus meningkat setiap harinya dan tidak pernah turun, karena sawah terus menerus dibutuhkan oleh masyarakat.

Tidak hanya petani bahkan pengusaha-pengusaha juga tertarik untuk membeli tanah sawah. Jika Anda tertarik dengan tanah sawah, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk banyak hal. Anda bisa mengalihfungsikan sawah tersebut untuk membangun ruko, kos-kosan, dan lain sebagainya sesuka Anda.

Namun sebelum melakukan transaksi, perlu apa yang namanya surat perjanjian jual beli tanah. Diatas merupakan salah satu contoh dari surat jual beli tanah sawah yang bisa Anda gunakan.

3. Contoh Surat Jual Beli Tanah Warisan

Contoh Surat Jual Beli Tanah Warisan

Diatas adalah contoh surat jual beli tanah yang berikutnya yaitu, surat jual beli tanah warisan. Tanah warisan juga biasa dijual oleh ahli warisnya, apalagi jika tanah tersebut posisinya berada di pinggir jalan besar atau jalan raya. Meskipun daerah pedesaan, Anda tetap bisa menjadikan tanah tersebut sebagai investasi.

Dalam beberapa tahun kedepan mungkin saja atau bisa saja daerah tersebut dibangun menjadi sebuah cabang dari universitas tertentu sehingga Anda dapa menggunakan tanah tersebut sebagai tempat kos-kosan suatu saat nanti. Hanya saja dalam proses jual belinya dibutuhkan beberapa saksi dan notaris.

Tak hanya itu sebagai bukti yang autentik, kedua belah pihak juga diharuskan untuk memegang surat jual beli tanah tersebut. Tentu Anda juga pernah mendengar adanya persengketaan tanah warisan.

Oleh sebab itu sebaiknya Anda harus mengetahui dengan benar status dari tanah yang akan Anda beli, sehingga nanti Anda tidak harus ikut terseret atau terlibat dalam persengketaan tanah warisan tersebut. Dibawah ini adalah contoh dari surat jual beli tanah warisan yang bisa Anda gunakan sebagai landasan dalam membuat surat jual beli tanah warisan yang baik dan benar.

4. Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun

Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun

Diatas adalah contoh surat jual beli tanah yang selanjutnya yaitu, surat jual beli tanah kebun. Kebun juga termasuk salah satu tanah yang sering dijual beli kan, yang dalam prosesnya notaris akan mengeluarkan 2 surat yang akan dipegang oleh pihak masing-masing.

Fungsi dari surat jual beli kebun ini bersifat sama dengan surat jual beli tanah pada umumnya yaitu sebagai bukti tertulis bahwa transaksi jual beli tanah tersebut telah disepakati oleh kedua pihak, sehingga nanti bisa dipertanggung jawabkan di hadapan hukum jika terdapat suatu masalah.

Tidak sembarang orang bisa membuat surat ini, maka dari itu dibawah adalah salah satu contoh dalam pembuatan surat jual beli tanah kebun yang suatu saat mungkin akan menjual atau membeli tanah.

5. Contoh Surat Jual Beli Tanah di Perkampungan

Contoh Surat Jual Beli Tanah di Perkampungan

Diatas adalah contoh dari surat jual beli tanah yang berikutnya yaitu, surat jual beli tanah di perkampungan. Dimanapun tanah itu berada ia pasti akan tetap berharga, meskipun tanah tersebut berada di daerah perkampungan. Meskipun memang jika dibandingkan dengan tanah di perkotaan harga jual tanah di perkampungan akan menjadi lebih murah.

Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa faktor tentunya, salah satunya yaitu karena di perkotaan jumlah tanahnya meyempit, dan populasi orang semakin padat. Terjadilah kenaikan harga yang gila-gilaan karena semakin banyaknya permintaan sedangkan barang yang diminta semakin langka.

Jadi sebaiknya jikalau Anda ingin membeli sebuah tanah sebagai rumah lebih baik beli tanah di perkampungan. Nah Diatas adalah contoh dari surat jual beli tanah di perkampungan yang bisa Anda gunakan sebagai acuan atau memudahkan Anda dalam pembuatan surat tersebut.

6. Contoh Surat Jual Beli Tanah (Kios)

Surat Jual Beli Tanah (Kios)

Diatas adalah contoh surat jual beli tanah yang ke 6 yaitu, surat jual beli tanah (kios). Tidak hanya rumah jika Anda berminat ingin membeli sebuah kios maka lebih baik membeli tanah yang berada di bawah bangunan tersebut sekaligus sehingga berbentuk ruko.

Hal ini bertujuan agar nantinya Anda tidak akan ribet ataupun mengalami masalah. Namun untuk mengantisipasi terjadinya suatu keributan yang tidak di inginkan, maka Anda wajib  membuat surat perjanjian jual beli tanah berupa kios.

Diatas adalah contoh dari surat jual beli tanah berupa kios yang bisa Anda gunakan sebagai referensi atau acuan jika Anda ingin membuat surat jual beli tanah berupa kios di kemudian hari.

[File Docx]

[File PDF]

Leave a Reply

Send this to a friend