Kenali Jenis-Jenis Artikel Beserta Langkah-Langkah Penyusunannya

Pernahkah Anda mendengar tentang apa itu artikel? Artikel adalah sebuah tulisan yang dibentuk oleh penulis yang berisi tentang fakta. Ada banyak sekali tujuan artikel. Ada artikel yang dibuat untuk menghibur pembacanya.

Ada juga artikel yang dibentuk untuk memberikan informasi. Agar lebih jelas dan Anda lebih mengerti tentang apa itu artikel, maka berikut ini akan dipaparkan apa saja jenis artikel.

Jenis-Jenis Artikel

Secara umum, ada empat jenis artikel yang bisa Anda ketahui. Berikut ini adalah empat jenis artikel, diantaranya:

1. Artikel Eksposisi

Artikel Eksposisi

Artikel jenis eksposisi adalah sebuah tulisan yang akan menjelaskan atau memberikan informasi kepada pembaca tentang sebuah topik tertentu. Tujuan dari dibuatnya teks artikel eksposisi ini adalah untuk memberikan ilmu atau pengerahuan tambahan. Tidak jarang sebuah teks eksposisi akan dilengkapi oleh data pendukung. Data pendukung dalam teks eksposisi tentu diperlukan, karena teks ini akan memberikan Anda informasi yang nyata atau sebenar-benarnya.

Beberapa teks eksposisi akan menjelaskan urutan pelaksanaan atau langkah-langkah. Biasanya, orang akan menyebut langkah-langkah pelaksanaan ini sebagai sebuah paparan proses.

Paparan proses ini bisa menjadi langkah yang wajib dan bisa juga tidak. Apabila informasi yang akan diberikan adalah tentang cara membuat atau melakukan sesuatu, maka wajib ada paparan proses dalam sebuah artikel. Tapi kalau tidak tentang cara membuat, maka tidak diperlukan paparan proses.

Langkah Menyusun Artikel Eksposisi

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat sebuah laporan teks eksposisi yang baik, yakni :

1. Menentukan tema

Tema adalah hal pokok yang perlu disampaikan oleh penulis dalam sebuah teks. Sebelum melakukan hal lain, biasanya penulis teks akan menentukan temanya terlebih dahulu.

2. Menentukan tujuan

Tentukan apa tujuan yang ingin Anda capai dengan membuat teks eksposisi ini. Contoh tujuan yang bisa Anda gunakan adalah memberikan informasi mengenai cara membuat teks.

3. Mengumpulkan data

Teks eksposisi akan menjelaskan tentang kejadian faktual atau nyata, sehingga dibutuhkan data tambahan untuk mendukung artikel Anda. Tidak perlu banyak, yang penting kuat dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

4. Menyusun kerangka

Ada tiga kerangka teks eksposisi yang harus Anda jelaskan secara rinci. Kerangka dari teks eksposisi adalah tesis, argumentasi dan penegasan ulang.

5. Mengembangkan kerangka

Tesis memiliki isi sudut pandang penulis tentang masalah yang diangkat menjadi tema. Bagian kedua adalah argumentasi. Bagian argumentasi akan menguatkan pendapat penulis yang sudah dituliskan dalam tesis.

Argumentasi juga bisa digunakan untuk menolak pernyataan. Bagian terakhir adalah penegasan ulang. Bagian ini berisi tentang kesimpulan dan penegasan kembali pandangan penulis terhadap masalah.

2. Artikel Narasi

Artikel Narasi

Berbeda dengan teks eksposisi, artikel narasi adalah sebuah tulisan yang akan menjelaskan sebuah rangkaian peristiwa secara sederhana dan berurutan.

Artikel narasi haruslah memiliki tokoh, yang perannya untuk mengatasi masalah dan konflik yang terjadi. Ada dua jenis artikel narasi, yakni narasi fakta dan narasi fiktif. Novel dan cerpen adalah contoh dari artikel narasi yang fiktif. Sedangkan biografi dan autobiografi adalah contoh artikel narasi yang fakta.

Langkah Menyusun Artikel Narasi

Sama seperti teks eksposisi, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat sebuah artikel narasi, yakni:

1. Menentukan setting

Sebelum memulai, tentukan terlebih dahulu dimana setting atau latar yang akan Anda gunakan. Tentukan latar suasana dan latar tempat yang akan Anda gunakan. Sesuaikan dengan jenis artikel narasi yang Anda pilih.

2. Menentukan subjek

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harus ada subjek yang akan menyelesaikan masalah dan konflik dalam teks. Menentukan subjek adalah langkah kedua yang harus Anda lakukan.

3. Menentukan masalah

Tentukanlah apa masalah yang ingin Anda ‘berikan’ kepada subjek artikel narasi.

4. Menentukan waktu

Waktu ini sangat penting, karena berperan untuk memainkan emosi pembaca dalam sebuah artikel narasi.

5. Menentukan alasan

Tentukan alasan mengapa semua konflik tersebut bisa terjadi. Jika tidak, maka pembaca akan berspekulasi dan bisa membuat teks narasi Anda rumpang.

6. Menentukan cara penjelasan

Mulai pikirkan apa yang akan menjadi ‘solusi’ untuk semua masalah yang dialami oleh subjek narasi. Ini bisa diletakkan di bagian terakhir atau penutup.

3. Artikel Deskripsi

Artikel Deskripsi

Yang dimaksud dengan artikel deskripsi adalah sebuah tulisan yang menggambarkan hal-hal tertentu. Pembaca diharapkan bisa ikut merasakan apa yang dirasakan emosi penulis. Biasanya, artikel deskripsi ini tidak menggunakan subjek manusia.

Langkah Menyusun Teks Artikel Deskripsi

Sama seperti dua jenis artikel sebelumnya, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membentuk sebuah teks deskripsi, yakni:

1. Menentukan tema

Menentukan tema sangatlah penting, karena tanpa tema maka artikel tersebut akan terasa kosong dan tidak memiliki arti.

2. Menentukan tujuan

Hampir semua teks artikel membutuhkan tujuan, termasuk teks deskripsi. Anda harus menentukan apa tujuan Anda membuat teks artikel ini.

3. Menentukan aspek

Anda bisa menentukan aspek ini melalui pengamatan. Memang perlu waktu yang cukup lama untuk bisa menentukan aspek ini.

4. Mengurutkan aspek

Urutkan aspek yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Anda bisa mengurutkannya sesuai dengan kepentingan, berbentuk piramida.

5. Mengembangkan kerangka

Apabila Anda sudah memiliki kerangka artikel deskripsi, maka Anda bisa langsung mengembangkannya. Apabila tidak ada kerangka, maka akan cukup sulit untuk mengembangkan artikel deskripsi.

4. Artikel Persuasif 

Artikel Persuasif

Artikel persuasif adalah sebuah teks yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk setuju bersama dengan penulis. Pembaca cenderung untuk mengikuti atau mengiyakan apa yang dipaparkan oleh penulis dalam artikel persuasif.

Langkah Menyusun Artikel Persuasif

Hal-hal atau langkah yang harus Anda lakukan apabila ingin menyusun artikel persuasif ini adalah:

1. Menentukan tema

Tentukan apa tema yang akan Anda gunakan. Tema sangat penting, karena kalau Anda mengetahui apa tema yang digunakan, maka Anda bisa menentukan jenis persuasi apa yang bisa dimanfaatkan.

2. Menentukan tujuan

Tentukan tujuan Anda membuat artikel persuasi ini. Tidak semua orang bisa dipersuasi menggunakan kata-kata. Tapi bisa saja mereka dipersuasi dengan tujuan yang jelas dan bisa dimengerti.

3. Mengumpulkan data

Sama seperti teks eksposisi, Anda membutuhkan data. Anda perlu untuk dipercaya oleh pembaca, sehingga Anda membutuhkan data yang bisa mendukung argumen Anda. Semakin cocok data yang Anda gunakan, maka orang akan semakin percaya.

4. Menyusun kerangka

Biasanya, kerangka akan dibentuk sesuai dengan urutan sebab akibat. Di bagian akibat inilah Anda bisa mengajak pembaca untuk setuju dengan pendapat Anda atau melakukan apa yang Anda inginkan.

5. Mengembangkan kerangka

Jika sudah memiliki kerangka sebat akibat yang akan digunakan, maka langsung saja kembangkan. Isi paragraf dengan kalimat-kalimat persuasif yang sekiranya akan diterima oleh semua orang.

Itu dia 4 jenis artikel yang perlu Anda ketahui. Semua jenis artikel ini tentu diperlukan, sesuai dengan tujuannya masing-masing. Anda bisa membuat sendiri artikel ini sesuai dengan kebutuhan. Tidak diperlukan keahlian khusus, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya saja.

Leave a Reply

Send this to a friend