Pengertian Artikel Beserta Struktur, Ciri-Ciri Beserta Jenis-Jenis Artikel. Sudah Tahu?

Pengertian Artikel

Apa yang dimaksud dengan artikel? Pengertian artikel merupakan suatu karya tulis yang berisikan opini seseorang terhadap masalah yang bersifat aktual guna mempengaruhi orang lain. Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), artikel merupakan karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya.

pengertian artikel adalah

Biasanya, suatu artikel memiliki isi yang berbagai macam sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Contohnya, artikel yang berisi pengalaman seseorang, informasi sejarah, argumentasi tentang isu hangat, tutorial atau pembelajaran dan masih banyak lagi. Artikel itu sendiri akan dipublikasikan melalui media cetak atau online dengan tujuan yang beraneka ragam, seperti menyampaikan informasi, memberitahu, mendidik, membujuk, meyakinkan serta menghibur masyarakat umum.

Struktur Artikel

Walaupun artikel berisikan opini seseorang terhadap suatu kasus, bukan berarti tidak memliki aturan dalam penulisannya. Suatu tulisan dapat dikatakan sebagai artikel apabila memenuhi standar penulisan artikel yang baik dan benar.

Jika salah satu standar tidak dipenuhi, maka informasi yang disampaikan menjadi kurang tepat dan sulit dipahami oleh pembaca. Lalu, bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar ? Struktur penulisan artikel dibuat berdasarkan jenis artikel yang diinginkan. Berikut ini merupakan struktur penulisan suatu artikel umum yang terorganisir dengan baik.

pengertian artikel dan contoh struktur artikel

1. Judul Artikel

Pada umumnya, kebanyakan orang akan tertarik untuk membaca suatu artikel dengan melihat judul dari artikel itu sendiri. Sebab, judul artikel menjadi hal yang pertama kali diperhatikan oleh pembaca. Bagaimana cara membuat judul artikel yang menarik perhatian pembaca ?

Biasanya, judul dibuat berdasarkan keseluruhan dari isi artikel. Menentukan judul bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada beberapa penulis yang menentukan judul ketika sudah menyelesaikan konten artikel tersebut. Judul itu ibarat umpan yang digunakan untuk memancing. Jadi, ada baiknya Anda membaca isi artikel hingga beberapa kali sebelum menentukan judul. Melalui judul artikel, Anda dapat memengaruhi keputusan seseorang. Apakah orang itu akan membaca dan mendalami isi artikel atau menganggapnya sebagai hal yang tidak penting.

2. Pembukaan Artikel (Lead)

Artikel tersusun dari beberapa paragraf, dimana paragraf pertama merupakan pembukaan pada artikel. Biasanya, pembukaan artikel berisikan suatu uraian atau rangkaian kejadian yang sifatnya aktual yang digunakan sebagai dasar artikel. Selain itu, dalam pembukaan artikel Anda juga dapat menyertakan kalimat tanya ataupun kalimat sapaan kepada pembaca. Dengan begitu, pembaca semakin tertarik untuk melanjutkan ke bagian isi artikel.

Ada dua teknik dalam menulis pembukaan artikel, yaitu deduktif dan induktif. Menulis pembukaan dengan cara deduktif berarti memulainya dari hal yang bersifat umum, yang kemudian akan mengarah kepada hal yang khusus, seperti membuat kalimat tanya dan jawaban. Sedangkan induktif berarti memulainya dengan hal yang bersifat khusus, yang kemudian akan menggambarkan dengan hal yang bersifat umum.

3. Leher Artikel (Bridge)

Setelah paragraf pembuka, biasanya ada suatu uraian yang menjadi penghubung antara kalimat pembuka dengan bagian isi artikel. Bagian itu disebut dengan leher artikel, dimana bagian tersebut menyampaikan suatu uraian yang langsung berkaitan dengan isi artikel. Anda juga dapat menjadikan leher artikel untuk membahas antara permasalahan yang satu dengan permasalahan lain.

4. Isi Artikel (Body)

Bagian ini merupakan bagian yang paling penting dalam suatu artikel. Atau sering disebut juga dengan bagian eksplanasi. Tujuannya adalah untuk memaparkan semua permasalahan secara rinci. Namun, dalam menguraikan permasalahannya tidak boleh menyebar ke topik lain yang tidak relevan dengan topik yang Anda bahas.

5. Penutup

Bagian penutup ini juga sangat diperlukan dalam penulisan artikel. DIbagian inilah penulis menyampaikan kesimpulan dari permasalahan yang sudah diuraikan. Melalui penutup ini pula pembaca dapat menilai bagaimana sikap penulis terhadap masalah yang dijelaskannya.

Ciri-ciri Artikel

Suatu karya tulis dapat dikatakan sebagai artikel apabila memenuhi karakteristik dari artikel. Mulai dari gaya bahasa, struktur penulisan, perolehan sumber, ragam kalimat dan sebagainya. Dibawah ini merupakan ciri-ciri yang menjadi karakteristik artikel secara umum.

  • Umumnya, artikel dibuat secara ringkas, padat dan jelas.
  • Suatu artikel diperoleh berdasarkan data dan fakta, bukan fiksi atau mitos yang kebenarannya masih diragukan.
  • Metode penulisan artikel harus tepat dan sistematis agar mudah dipahami oleh pembaca.
  • Artikel ditulis dengan menggunakan ragam bahasa baku dan resmi.
  • Struktur kalimat artikel harus logis, lugas, denotatif dan efektif.
  • Artikel dapat berupa opini seseorang, namun harus berdasarkan teori dan data yang valid sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Jenis-Jenis Artikel

Secara umum, terdapat beberapa jenis artikel yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dibawah ini merupakan penjelasan dari 5 jenis artikel tersebut.pengertian artikel dan jenis-jenis artikel

1. Deskripsi

Deskripsi merupakan jenis artikel yang berisi tentang gambaran suatu hal atau keadaan kepada pembacanya. Dengan begitu, pembaca seolah-olah dapat merasakan dan membayangkan apa yang diuraikan dalam artikel tersebut. Ada beberapa langkah-langkah untuk membuat artikel deskripsi.

  1. Menentukan objek (produk, jasa, keadaan, konsep dan sebagainya).
  2. Menentukan tujuan penulisan artikel, bersifat tersirat.
  3. Menentukan rumusan ide pokok, bersifat tersirat.
  4. Setiap paragraf ditulis dengan sistematis.
  5. Menyimpulkan objek yang dideskripsikan di akhir paragraf.

2. Narasi

Narasi merupakan jenis artikel yang menceritakan tentang suatu hal atau kejadian yang disusun berdasarkan urutan waktu. Biasanya, dalam artikel narasi ini terdapat beberapa unsur seperti tokoh, latar hingga puncak masalah (klimaks). Beberapa langkah-langkah dalam menulis artikel narasi akan dijelaskan berikut ini.

  1. Menentukan tema.
  2. Menentukan tujuan penulisan artikel, bersifat tersirat.
  3. Menentukan rumusan ide pokok, bersifat tersirat.
  4. Setiap paragraf ditulis berdasarkan alur cerita : awal – tengah – akhir. Bagian awal biasanya berisi tentang pengenalan tokoh. Bagian tengah berisi tentang kemunculan konflik hingga mencapai klimaksnya. Sedangkan dibagian akhir menceritakan akhir dari cerita.

3. Eksposisi

Eksposisi merupakan artikel yang berisi karangan yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi sehingga dapat menambah wawasan pembaca. Artikel jenis eksposisi ini ditulis secara singkat, tepat dan padat. Koran menjadi salah satu contoh dari artikel eksposisi. Cara penulisan artikel eksposisi adalah sebagai berikut.

  1. Menentukan tema.
  2. Menentukan tujuan penulisan artikel, bersifat tersurat.
  3. Menentukan rumusan ide pokok, bersifat tersurat.
  4. Membuat kerangka karangan.
  5. Mengembangkan kerangka karangan berdasarkan data dan fakta yang valid. Atau dapat menyertakan grafik, gambar atau informasi pendukung lainnya.

4. Argumentasi

Argumentasi merupakan artikel yang berisikan tentang opini (seseorang, organisasi atau lembaga) terhadap suatu hal. Tujuannya adalah untuk membuktikan kebenaran dari pendapat yang disertai dengan data dan fakta yang valid. Cara penulisan artikel argumentasi adalah sebagai berikut.

  1. Menentukan tema atau masalah.
  2. Menentukan tujuan penulisan artikel, bersifat tersurat.
  3. Menentukan rumusan masalah, bersifat tersurat.
  4. Membuat dan mengembangkan kerangka karangan dengan menyajikan data dan fakta sehingga dapat mendukung pendapat tersebut.
  5. Membuat kesimpulan.

5. Persuasi

Artikel persuasi dapat disebut dengan artikel motivasi. Sebab, penulisan artikel persuasi ini berusaha untuk memengaruhi pembacanya, baik itu mengikuti dan melakukan sesuatu atau justru meninggalkan sesuatu. Cara penulisan artikel persuasi adalah sebagai berikut.

  1. Menentukan tema atau masalah.
  2. Menentukan tujuan penulisan artikel, bersifat tersurat.
  3. Menentukan rumusan ide pokok, bersifat tersurat.
  4. Membuat dan mengembangkan kerangka karangan dengan menyajikan data dan fakta sehingga dapat memengaruhi pembaca.
  5. Membuat kesimpulan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengertian artikel, struktur, ciri-ciri beserta jenis-jenis artikel. Semoga uraian diatas bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Tetap kunjungi Nesabamedia untuk memperoleh informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Send this to a friend