Pengertian PSD Beserta Kelebihan dan Kekurangan PSD Yang Perlu Anda Ketahui

Di era perkembangan digital yang semakin canggih seperti saat ini sudah pasti anda tidak asing lagi degan photoshop terlebih lagi generasi milenial. Yup, editor software ini sangat banyak di minati oleh generasi milenial untuk membuat hasil jepretan foto terlihat lebih menarik.

Berbicara mengeni photoshop, apakah anda tahu file ekstensi apa yang di gunakan oleh photoshop? Sebenarnya file ekstensi penyimpanan photoshop ada banyak seperti png, jpg, gif dan lain-lain, namun sama halnya seperti software lainnya photoshop memiliki ekstensi default yaitu PSD. Lalu apa itu PSD?

Nah untuk lebih jelasnya simak ulasan mengenai pengertian PSD dibawah ini yuk.

Pengertian PSD

PSD (Photoshop Document) secara umum adalah file format asli dokumen yang di hasilkan oleh Adobe Photoshop. Sedangkan PSD secara bahasa merupakan salah satu dari beberapa jenis file yang sepenuhnya mendukung semua fitur canggih yang Photoshop memberi kita, seperti lapisan, lapisan pelindung, lapisan penyesuaian, saluran, jalan, dan sebagainya. Hal ini juga berfungsi sebagai file Anda bekerja.

Ketika kita membuka gambar di Photoshop, terlepas dari jenis file gambar itu awalnya menggunakan, Photoshop sementara mengubahnya menjadi sebuah file PSD belakang layar sehingga kita dapat bekerja di atasnya dengan semua, Photoshop perintah perangkat dan fitur yang kita miliki.

pengertian PSD adalah

PSD adalah format file yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks,  channel warna,opacity, clipping paths , mask, blend mode, channel alpha, , dan setting duotone. Kepopuleran photoshop menjadikan format penyimpanan file yang satu ini banyak digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar yang lainnya menambahkan kemampuannya untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka. Pada dasarnya format PSD ini memang dibuat khusus untuk photoshop, maka wajar jika tidak semua program gambar bisa membuka dan menggunakannya. Tujuan penyimpanan dalam format PSD yaitu agar file yang kita buat bisa diedit kembali di lain hari.

File PSD adalah pilihan terbaik untuk melayani sebagai file master dan untuk pengarsipan ke CD, DVD atau hard drive eksternal untuk menjaga aman. Jika Anda sudah melakukan apapun mengedit pekerjaan pada gambar dan bahkan ada kesempatan sedikit pun Anda harus kembali ke sini lagi di beberapa titik di masa depan, menyimpan pekerjaan Anda sebagai file PSD Photoshop. Tidak peduli berapa kali Anda membuka kembali dan re-save PSD hal tidak menyebabkan adanya kerugian dalam kualitas gambar, dan semua lapisan Anda, lapisan pelindung, lapisan penyesuaian dan sebagainya akan disimpan sebagai bagian dari file, yang memungkinkan Anda untuk kembali setiap saat dan membuat perubahan pada gambar atau melanjutkan bekerja dari mana Anda tinggalkan.

Anda dapat dengan mudah mencetak foto Anda di rumah dengan Photoshop langsung dari file PSD, dan printer komersial banyak sekarang dapat menerima PSDS juga, meskipun beberapa masih mungkin memerlukan versi EPS atau TIFF file sebaliknya, jadi selalu yang terbaik untuk memeriksa dengan printer Anda untuk memastikan anda memberi mereka format yang mereka butuhkan.

Salah satu keuntungan baru dengan file PSD adalah bahwa mereka sekarang dapat diimpor langsung ke Adobe InDesign, memberikan anda akses lengkap untuk lapisan individu dalam file saat anda sedang merancang tata letak halaman anda. Selain itu anda bahkan dapat membuka kembali file PSD di Photoshop langsung dari InDesign, membuat perubahan pada file tersebut, disimpan, dan memiliki perubahan segera update dalam tata letak penyimpanan anda. Format file PSD dapat dibuka oleh beberapa program Adobe dan program editing gambar lainnya bersaing. File tersebut dapat diedit dalam program baru dan disimpan dalam format lain.

Kerugian yang nyata hanya untuk file PSD adalah bahwa ukuran file bisa sangat besar, terutama jika anda bekerja pada gambar dengan ratusan atau bahkan ribuan lapisan. Tapi dengan hard drive komputer dan memori yang sangat murah hari ini, itu adalah harga kecil untuk membayar untuk kebebasan kreatif yang Photoshop dan format file asli PSD yang memberi kita. Bottom line, file PSD anda adalah file yang paling penting yang dapat anda miliki, jadi pastikan untuk menyelamatkan diri salinan master pekerjaan anda sebagai file PSD sehingga anda selalu bisa kembali ke dalam Photoshop ketika anda membutuhkannya.

Kelebihan dan Kekurangan PSD

Kelebihan dan Kekurangan PSD

Kelebihan PSD

PSD memiliki beragam kelebihan yang dapat anda nikamti, yaitu:

  1. Format file PSD merupakan format file terbaik sebagai file master atau dengan kata lain jika anda ingin melakukan pengarsipan ke CD atau hard drive eksternal, file ini cenderung aman dan stabil.
  2. Format file PSD dapat di buka dan di edit kembali di waktu yang lain. Tidak peduli berapa kali anda membuka dan menyimpan file PSD, hasil editan anda tidak akan hilang dari segi layer maupun bentuk lain seperti tambahan teks dan opacity. Sehingga dengan adanya hal ini memungkinkan anda bekerja secara bertahap tanpa perlu mengulangi kembali dari awal pada setiap sesi kerja.
  3. Jika anda ingin mencetak foto pada dokumen PSD, anda bisa secara langsung melakukannya dari photoshop. Namun jangan lupa untuk memastikan bahwa printer yang anda gunakan sudah mendukung format PSD.
  4. PSD memudahkan anda untuk membuka melalui InDesign. Anda dapat melakukan perubahan dan mengupdate susunan gambar ataupun mengubah tata letak dengan lebih mudah kemudian menyimpannya kembali.

Kekurangan PSD

Sebagai salah satu format file terbaik, PSD tetap mempunyai kekurangan. Diantaranya :

  1. Format file PSD mempunyai ukuran yang sangat besar
  2. Karena format filenya sangat besar hal ini menimbulkan masalah karena anda harus membuat ratusan lapisan untuk gambar tertentu. Namun anda masih bisa menangani masalah ini degan mengakomodasi file-file dokumen photoshop yang dibutuhkan.

Nah bagaimana? Sudah tau apa itu PSD? Semoga dengan adanya artikel ini anda lebih memahami mengenai PSD. Terimakasih 🙂

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend