Pengertian Notebook Beserta Fungsi, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Notebook

Istilah Notebook mungkin saat ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Jika di survey mungkin sebagian orang di dunia ini memiliki notebook. Lalu apakah perbedaan Notebook dan laptop?

Selama ini banyak yang salah dengan hal ini, banyak yang mengira bahwa jika layar portabel 17” maka itu disebut Laptop sedangkan jika ukuran layar portabel 10” maka disebut notebook. Jika anda beranggapan seperti ini maka anda telah selama ini. Sebab laptop dan Notebook adalah sama.

Baiklah untuk lebih detailnya, yuk simak ulasan dibawah ini agar anda memahami lebih dalam mengenai pengertian Notebook.

Pengertian Notebook

Pengertian Notebook

Secara singkat pengertian Notebook adalah sebuah komputer pribadi dalam bentuk portabel yang dapat di bawa kemana-mana. Secara istilah notebook adalah seperangkat komputer jinjing yang secara portable bisa berpindah yang mempunyai batrei untuk menyimpan daya dan menghidupkan perangkat notebook dimana saja dan kapan saja, kalau dilihat dari ukurannya lebih kecil dari laptop karena notebook tidak memiliki CD maupun DVD room.

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa sebenarnya laptop dan notebook itu sama. Laptop hanyalah sebuah penamaan karena cara pemakaiannya (laptop di gunakan diatas pangkuan) sedangkan notebook adalah nama merek dagangnya. Sebuah komputer laptop atau biasanya disebut komputer notebook oleh produsen adalah komputer personal berbaterai atau AC-powered yang pada umumnya lebih kecil dari koper dan dengan mudah dapat diangkut atau mudah di bawa kemana-mana dan mudah digunakan dalam ruang sementara seperti di pesawat terbang, di perpustakaan, kantor-kantor dan pertemuan dan lainnya.

Seiring dengan berjalannya waktu perubahan sangat besar terjadi pada notebook. Saat ini teknologi dan kinerja notebook sudah sangat maju dan kelas notebook yang tadinya dikelaskan berdasarkan besar layar LCD-nya mulai terbagi lagi berdasarkan kegunaanya. Komputer portabel jenis ini dilengkapi dengan fitur lengkap, perbedaan utama dibandingkan dengan versi desktop adalah desain yang portabel.

Fungsi yang sama terdiri dari komponen pengisi, tetapi ini biasanya lebih kecil, lebih ringan dan menghasilkan lebih sedikit panas yang mengkonsumsi energi kurang dari PC desktop. Ini adalah bagian yang lebih maju, mengingat portabilitas desain dan teknologi. Notebook menjalankan software yang sama seperti pada desktop, seperti Windows, aplikasi MacOS, atau Linux. Komputer portabel kini hampir secara eksklusif dilengkapi dengan baterai isi ulang yang dapat dibeli, yang berarti beberapa jam dapat beroperasi tanpa jaringan listrik.

Fungsi Notebook

Fungsi Notebook

Fungsi notebook yaitu memberikan kemudahan kepada pengguna komputer untuk menjalankan atau mengerjakan pekerjaan dimana saja dan kapan saja, juga memberikan kemudahan dalam memindahkan perangkat ini karena ukurannya diperkecil dari ukuran komputer desktop pada umumnya sehingga lebih efisien ketika ada pekerjaan di luar ruangan atau di tempat terbuka.

Kelebihan dan Kekurangan Notebook

1. Kelebihan Notebook

Kelebihan Notebook saat ini dapat dilihat melalui kinerja notebook. Notebook yang ada saat ini ataupun notebook terbaru dapat menjalankan aplikasi office,menonton film dengan resolusi tinggi bahkan memainkan game 3D terbaru.

Selain itu notebook juga memiliki berbagai spesifikasi. Mulai banyak spesifikasi- spesifikasi yang ditawarkan, sehingga kadang- kadang malah membuat bingung bila anda berminat ingin membelinya.

2. Kelemahan Notebook

Secanggih apapun suatu peralatan teknologi tetap saja memiliki kekurangan. Dengan Kinerja yang tinggi, untuk pemakaian diluar ruangan notebook sangat haus daya yang mengakibatkan daya tahan baterai kurang maksimal.

Seperti halnya pada smartphone, baterai pada notebook pun membutuhkan energi listrik dengan di charge ketika digunakan apalagi digunakan dengan kinerja yang tinggi.

Bila hanya mengandalkan baterai standar kemungkinan notebook hanya dapat bertahan sekitar 1 atau 2 jam. Dan juga notebook tidak memliki tempat untuk meletakkan CD ROOM seperti pada laptop.

Jenis-jenis Notebook

Jenis-jenis Notebook

Pada umumnya notebook hampir sama dengan PC yaitu tidak memiliki jenis -jenis khusus, desain dan teknologinya. Namun, ada tipe notebook dengan model setengah PC yang disebut dengan desknote (dekstop notebook). Deksnote tidak menggunakan baterai internal seperti halnya notebook, tetapi menggunakan baterai external sebagai media penyeimbang daya saat tidak tersambung ke arus listrik melalui changer. Deksnote masih menggunakan tipe RAM seperti halnya RAM PC.

Jenis notebook bisa dibedakan berdasarkan penggunaannya, dan masing-masing manufaktur terkenal sudah menyertakan fasilitas-fasilitas yang cukup untuk mendukung pekerjaan user-nya, semuanya akan kita bahas sebagai berikut :

1. Multimedia

Notebook jenis ini biasanya digunakan oleh kalangan musisi, pencipta, editor video, pengaransemen lagu, grafis desainer, serta desain grafis yang sangat dianjurkan untuk memakai notebook yang mempunyai keunggulan pada kapasitas VGA, RAM dan Processor yang handal.

2. Operasi Perkantoran

Jenis notebook yang satu ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang bekerja di kantor atau perusahaan yang tidak memerlukan notebook jenis tertentu. Hal terpenting bagi kalangan ini yaitu notebook dapat menunjang kinerja mereka dalam hal kecepatan memproses data, koneksi ke internet, ataupun presentasi.

Dilihat dari pemanfaatan dan bentuknya, kalangan ini dapat memilih notebook dengan ukuran layar 14″, 15″ dan 17 inche karena lebih dipakai untuk keperluan bisnis. Kelengkapan port juga sangat dibutuhkan untuk mengkoneksikan ke berbagai peralatan output/periferal lainnya, seperti LCD proyektor, printer, dan handphone.

3. Lifestyle dan Travelling

Note book untuk jenis ini umumnya lebih cocok untuk anak muda yang menyukai desain yang stylish dan keren, dengan spesifikasi yang tinggi untuk aplikasi game.

Sedangkan orang-orang yang sering berpergian lebih menyukai notebook yang simpel, ringan, layar yang kecil dengan kisaran ukuran 11″ dan 12″ Inche, sehingga mudah untuk dibawa untuk dimasukkan kedalam tas atau diantara tumpukan pakaiaan tanpa harus menggunakan tas tambahan yang tentu sangat merepotkan user. 

Nah itulah ulasan mengenai pengertian notebook, fungsi notebook, kelemahan serta kekurangan notebook. Semoga dengan ulasan di atas anda dapat memahami mengenai notebook lebih dalam lagi. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend