Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Proyektor. Sudah tahu?

Di era yang sudah canggih seperti sekarang ini semakin banyak peralatan teknologi terbaru yang dapat membantu dalam meringankan pekerjaan sehari-hari. Sebagai contoh ialah Proyektor , salah satu peratalatan teknologi yang satu ini banyak digunakan oleh manusia terutama di perusahaan, universitas, sekolah dan tempat-tempat lainnya.

Alat ini memang sudah tidak asing lagi bagi kita karena dengan adanya alat ini proses belajar mengajar serta presentasi menjadi lebih mudah.

Sekarang ini hampir semua universitas dan perusahaan menggunakan proyektor sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar dan presentasi. Untuk mengenal lebih jauh mengani pengertian Proyektor, fungsi Proyektor, jenis-jenis Proyektor dan cara kerja Proyektor. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Proyektor

Pengertian Proyektor adalah

Apa itu Proyektor? Proyektor adalah perangkat yang digunakan untuk memproyeksikan teks, gambar atau video ke layar/ dinding dan membuatnya terlihat menjadi lebih besar atau dengan kata lain proyektor adalah sebuah alat yang dapat membantu menampilan teks, gambar, video dari laptop atau komputer ke sebuah layar (putih) atau dapat juga di tampilkan pada dinding.

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa proyektor dapat membantu dalam presentasi karena proyektor dapat menampilkan teks,gambar dan video ke sebuah layar sehingga audience(peserta) lebih mudah dalam memahami apa yang kita sampaikan.

Fungsi Proyektor

Fungsi proyektor dapat di ambil melalui acuan pada pengertianannya yaitu untuk menampilkan teks,gambar atau video dari laptop atau komputer ke layar(putih) atau dinding dalam bentuk atau ukuran yang lebih besar. Namun berdasarkan penggunaannya fungsi proyektor terbagi atas 3, yaitu:

  1. Media Informasi

Seperti yang diketahu bahawa fungsi proyektor yaitu untuk menampilkan teks,gambar dan video ke dalam bentuk ukuran yang lebih besar, nah maka dari itu dikatakan proyektor sangat efisien dan efektif sebagai media informasi.

  1. Alat presentasi

Dengan adanya proyektor dapat membuat presentasi menjadi lebih mudah dan suasananya menjadi lebih hidup karena proyektor dapat menampilkan teks, gambar (bergerak maupun tidak bergerak), atau video sehingga para audience atau penonton menjadi paham dan tertarik untuk melihat presentasi yang kita bawakan.

  1. Hiburan

Keuntungan memiliki proyektor di rumah yaitu dapat di gunakan untuk menonton film seperti di bioskop. Karena proyektor dapat menampilkan video atau film yang kita miliki di laptop menjadi lebih besar sehingga seperti di bioskop.

Jenis-Jenis Proyektor

A. Proyektor Elektronik

Proyektor Elektronik terbagi menjadi 5 jenis, yaitu:

  1. Proyektor Digital

Proyektor digita merupakan peralatan teknologi modern yang dapat mengkonversi data dalam bentuk gambar secara langsung dari laptop atau komputer ke layar melalui sistem lensa. Proyektor digital memainkan peranan penting dalam pembentukan sistem home theater. Empat teknologi yang digunakan dalam proyektor digital :

  1. Intensitas tinggi CRT.
  2. LCD Proyektor LCD menggunakan gerbang cahaya.
  3. Texas Instruments ‘teknologi DLP

2. Proyektor LCDproyektor LCD

Proyektor LCD merupakan perangkat alat bantu yang digunakan sebagai media preseantasi karena mampu manampilkan teks, gambar, dna video dalam ukuran lebih besar. Proyektor jenis ini dapat bekerja jika dilengkapi dengan peralatan tambahan yaitu:

  1. Kabel Data
  2. Power supply
  3. Penghubung LCD Proyektor dengan sumber listrik yaitu adaptor dan kabel penhubung tegangan.
  1. Proyektor CRTproyektor CRT

Proyektor CRT atau yang disebut juga dengan Katoda Ray Tube adalah proyektor yang proyektor kuno tabung yang digunakan pada TV Konvensional selama beberapa dekade terakhir.

  1. Proyektor DLPproyektor DLP

DLP atau Digital Light Processing merupakan teknologi yang digunakan dalam projector dan televisi projeksi. Dalam projektor DLP, gambar diciptakan oleh kaca kecil mikroskopis yang disusun ke dalam sebuah matrix di atas chip semikonduktor yang dikenal sebagai Digital Micromirror Device.

  1. Proyektor LCOSproyektor LCOS

Proyektor jenis ini merupakan pembaruan dari teknologi sebelumnya yaitu LCD dan DLP namun pada LCOS lebih mudah di produksi dan lebih ringan serta resolusi yang dihasilkan juga lebih baik dari teknologi sebelumnya.

B. Proyektor Transparan

Proyektor Transparan terbagi menjadi 5 jenis, yaitu:

  1. Proyektor Filmproyektor film

Frame berturut-turut objek dari kumparan untuk membuat gambar bergerak.

  1. Proyektor Slideproyektor slide

Proyektor slide merupakan alat yang berfungsi menampilkan bayangan gambar yang dapat di tembus cahaya.

  1. Proyektor Overheatproyektor overheat

Proyektor Overheat atau OHP merupakan jenis perangkat keras sederhana yang terdiri dari kotak dimana bagian atasnya merupakan landasan yang luas yang digunakan untuk meletakkan transparasi. Cahaya  terang dari lampu proyektor menyorot dari dalam kotak yang kemudian dibisakan oleh lensa khusus.

  1. Magic Lanternproyektor magic lantern

Proyektor mulai berkembang saat di temukannya Magic Lantern. Alat ini menggunakan mesin untuk memutar bagian-bagian gambar dengan menyorotkan cahaya ke layer.

  1. Enlargerproyektor enlarger

Enlarger adalah proyektor transparansi khusus yang digunakan untuk memproduksi hasil fotografi dari film atau kaca negative yang menggunakan proses gelatin silver atau transparasi.

Cara Kerja Proyektor

Berdasarkan pengertian proyektor dimana fungsinya untuk menampilkan teks, gambar dan video dari laptop atau komputer ke layar, maka secara singkat cara kerja proyektor yaitu berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yaitu dimana cahaya tersebut dapat dihasilkan melalui 3 panel LCD yang dipisahkan berdasarkan 3 warna dasar seperti Red, Green dan Blue. Sehingga pancaran cahaya yang keluar dari sebuah proyektor merupakan hasil dari pembiasan ketiga panel.

Nah sekumpulan cahaya yang melalui panel tadi akan dipadukan melalui prisma di dalam perangkat proyektor, kemudian perpaduan cahaya tersebut akan di pancarkan melalui lensa pada layar / media pantul lain sehingga saat kita melihat gambar tersebut akan terlihat sama seperti yang ada pada layar komputer atau device lainnya.

Itulah penjelasan tentang pengertian proyektor, fungsi proyektor, jenis proyektor serta cara kerja proyektor. Semoga dengan adanya ulasan di atas kamu akan paham lebih dalam mengenai proyektor dan dapat mengenali jenis-jenisnya lebih jauh. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend