Pengertian Control Panel dan Fungsinya Beserta Komponen Control Panel di Windows

Pengguna Windows pasti sudah tidak asing dengan pengaturan utama di sistemnya, yaitu Control Panel. Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian control panel, fungsi control panel beserta komponen control panel. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Control Panel

Dalam komputer yang menggunakan Windows sebagai sistem operasinya, terdapat suatu pengaturan yang sangat penting yakni Control Panel. Apa itu control panel ?

Pengertian control panel merupakan bagian dari Microsoft Windows sebagai alat manajemen (management tools) yang memungkinkan pengguna untuk mengelola tugas dan memodifikasi pengaturan pada perangkat keras atau perangkat lunak yang ada didalamnya. Beberapa contoh control panel perangkat keras seperti pengaturan display, pengaturan fungsi mouse, keyboard ataupun printer. Untuk control panel perangkat lunak adalah pengaturan format tanggal dan waktu, menambah dan menghapus program, opsi daya, font serta pengaturan pengguna (user).Pengertian Control Panel adalah

Control panel telah menjadi bagian Microsoft Windows sejak versi Windows 2.0. Setiap versi terus memberikan tampilan applet baru didalamnya. Awalnya, seluruh pengaturan sistem terletak dibagian control panel. Namun sejak dirilisnya Windows 8, Microsoft telah memisahkan pengaturan sistem menjadi dua, yaitu pengaturan control panel klasik yang sudah ada dari awal perkembangannya dan PC Settings dengan tampilan yang lebih modern.

Secara default, Anda dapat mengakses control panel melalui menu Start yang terletak di sudut kiri bawah. Pada versi Windows 95, 98, 2000, XP, Vista, dan Windows 7 telah menyediakan bagian khusus untuk memudahkan Anda dalam menemukan control panel. Sedangkan pada versi Windows 8 dan 10, Anda dapat mengakses control panel melalui fitur Search yang sudah disediakan.

Fungsi Control Panel

Control panel terdiri dari berbagai fitur yang dilengkapi dengan fungsinya masing-masing. Di Windows 10, control panel mengelompokkan fitur-fitur tersebut kedalam beberapa kategori, seperti System and SecurityNetwork and InternetHardware and SoundProgramsUser AccountsAppearance and PersonalizationClock and Region, dan Ease of Access.

Secara umum, control panel berfungsi untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses dan melakukan pengaturan khusus terhadap sistem operasi Windows. Sebagai contoh, untuk mengatur format tanggal dan waktu dapat diakses melalui kategori Clock and Region di control panel. clock and region

Selain itu, masih ada beberapa fungsi control panel lainnya yang akan dijelaskan berdasarkan komponen-komponen yang ada didalamnya.

Komponen Control Panel

Dari setiap komponen yang terdapat di control panel memiliki fungsinya masing-masing. Dibawah ini merupakan penjelasan lengkap dari setiap komponen yang disusun berdasarkan kategori.

1. System and Security

Kategori yang satu ini memiliki peran dalam menjaga kinerja sistem, administrasi dan lainnya yang berkaitan dengan keamanan komputer. Dalam kategori ini juga terdapat beberapa komponen dengan fungsi yang berbeda pula.

  • Security and Maintenance – Melihat pengaturan keamanan sistem, seperti perlindungan virus, pengaturan jaringan dan mengontrol akses pengguna (User Account Control). Selain itu, Anda dapat melakukan recovery ketika Windows mengalami masalah.
  • Windows Defender Firewall – Membantu pengguna melakukan proteksi dalam meningkatkan keamanan komputer dari berbagai serangan.
  • System – Melihat informasi mengenai spesifikasi komputer yang Anda miliki, seperti jenis prosesor, jumlah RAM, serta aktivasi Windows.
  • Power Options – Membantu Anda dalam mengelola opsi daya perangkat komputer.
  • File History – Menunjukkan drive eksternal dari file history.
  • Backup and Restore – Membuka cadangan atau mengembalikan pengaturan komputer seperti yang sudah dicadangkan.
  • BitLocker Drive Encryption – Mengaktifkan dan menonaktifkan drive pada partisi hardisk di komputer Anda dan mencegah agar orang lain tidak dapat mengambil file dari drive tersebut.
  • Storage Spaces – Mengelola ruang penyimpanan pada komputer Anda dan melindungi komputer jika mengalami kegagalan drive.
  • Work Folders – Mengelola folder kerja yang mungkin akan diakses oleh perangkat lain.
  • Administrative Tools – Memberikan Anda izin untuk mengakses pengaturan penting dalam administrasi sistem.

2. Network and Internet

Sesuai dengan namanya, sudah jelas kategori ini berkaitan dengan pengaturan koneksi jaringan dan internet. Ada beberapa komponen yang terdapat dalam kategori ini.

  • Network and Sharing Center – Melihat status dari jaringan yang tersedia, mengatur jaringan baru, melihat perangkat yang digunakan dalam jaringan dan memperbaiki masalah jaringan.
  • Home Group – Membantu pengguna dalam membangun jaringan peer to peer.
  • Internet Options – Menyesuaikan pengaturan browser Internet Explorer.

3. Hardware and Sound

Kategori ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan terhadap perangkat keras (hardware) pada komputer, seperti printer, pengeras suara ataupun lainnya.

  • Device and Printers – Melihat perangkat keras yang terhubung dengan komputer Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambah atau menghapus printer atau perangkat multimedia lainnya.
  • AutoPlay – Mengonfigurasi apa yang ingin ditampilkan secara otomatis, seperti gambar, video atau konten lainnya.
  • Sound – Melakukan pengaturan terhadap pengeras suara yang terdeteksi di komputer Anda.
  • Infrared – Mengatur perangkat inframerah terhadap komputer Anda.

4. Programs

Kategori programs memungkinkan Anda untuk dapat melihat daftar aplikasi yang terpasang didalam komputer Anda.

  • Programs and Features – Menambah, memperbaiki atau menghapus instalan aplikasi yang pernah terpasang di komputer Anda.
  • Default Programs – Mengembalikan aplikasi default pada komputer Anda.

5. User Accounts

User Account ini memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai pengaturan terhadap akun Anda. Mulai dari pengaturan identitas user sampai keamanan perangkat tersebut.

  • User Accounts – Melakukan perubahan terhadap akun Anda.
  • Credential Manager – Memudahkan pengguna menyimpan username dan password yang digunakan untuk mengakses server.

6. Appearance and Personalization

Kategori ini memungkinkan untuk mengubah tampilan (display) Windows. Mulai dari tema, screensaver, wallpaper hingga taskbar. Dibawah ini merupakan komponen yang ada di kategori Appearance and Personalization.

Pengertian Control Panel dan Fungsi Control Panel adalah

  • Taskbar and Navigation – Memungkinkan Anda untuk mengatur tampilan taskbar, lokasinya, icon dan sebagainya.
  • Ease of Access Center – Memberikan Anda akses ke pengaturan Windows agar lebih mudah untuk digunakan.
  • File Explorer Options – Membantu Anda unuk melihat dan mencari file yang ada di komputer Anda.
  • Fonts – Menunjukkan kepada Anda daftar huruf yang terpasang di komputer Anda.

7. Clock and Region

Melalui kategori ini, Anda dapat melakukan pengaturan yang berkaitan dengan jam, bahasa, wilayah, mata uang dan lainnya.

  • Date and Time – Memudahkan Anda untuk mengatur tampilan format tanggal, waktu, zona waktu dan lainnya.
  • Region – Melakukan pengaturan tentang wilayah Anda.

8. Ease of Access

Ease of Access memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan yang berkaitan dengan indera penglihatan, pendengaran ataupun mobilitas. Speech Recognition merupakan komponen yang ada didalamnya. Melalui komponen ini Anda dapat mengatur pengenalan suara yang bisa digunakan untuk mengoperasikan perintah di komputer.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian control panel, fungsinya beserta komponen yang ada didalamnya. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan Anda dan terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend