Begini Cara Membuat Presentasi PowerPoint yang Menarik, Pernah Mencobanya?

Membuat presentasi adalah suatu skill yang sudah seharusnya dimiliki bagi tiap pribadi atau individu professional. Hal ini erat kaitannya dengan pekerjaan, terutama kemampuan anda untuk menjual, baik itu menjual produk, hasil kerja maupun skill dalam diri anda. Untuk membuat presentasi, tentu anda tidak boleh sembarangan. Jangan-jangan, bukannya tertarik, klien akan ilfeel dengan hasil kerja anda.

Dalam membuat presentasi, kita harus memperhitungkan beberapa hal agar hasil presentasi yang kita buat bisa lebih menarik dan meninggalkan kesan yang baik bagi audiens. Mungkin beberapa tips ini bisa membantu:

1. Hierarki Visual. Dalam suatu presentasi, anda akan lebih mudah memahami presentasi yang memiliki hierarki atau urutan secara visual. Misalkan Judul Topik diberi ukuran huruf lebih besar dan ditebalkan, kemudian sub-topik akan diberikan ukuran sedikit lebih kecil dan isi akan diberikan ukuran normal. Tambahkan juga gambar yang sesuai topik dalam slide sehingga slide anda akan menjadi lebih menarik.

2. Desain Tata Letak Slide. Pada saat anda membuat slide mengenai bahan ajar yang sangat membosankan temanya bagi para audiens sehingga sangat memungkinkan bagi mereka untuk tidak memperhatikan presentasi anda dan bahkan meninggalkan ruangan karena saking ngantuknya. Anda harus dapat membuat pembeda pada tiap pembahasan agar presentasi tidak terkesan membosankan. Tambahkan gambar atau animasi dalam tiap pembahasan. Percantik slide yang memuat kesimpulan, agar para audiens lebih mudah mencerna topik yang anda bawakan.

3. Ide utama dari poin ini adalah, tempatkan jenis font yang tepat pada topik yang tepat. Hindari mencampurkan font pada slide awal, karena akan sangat rentan bagi anda untuk mengacaukannya. Gunakan font tebal dengan ukuran besar (sekitar >30pt) untuk judul dan font normal dengan ukuran regular (18pt) untuk isi.

4. Warna dapat mengubah nuansa seluruh isi presentasi beserta mood audiens. Gunakan warna cerah untuk presentasi yang terkesan casual dan gelap untuk presentasi yang lebih terkesan serius.

5. Selain hal-hal di atas, anda juga sangat dianjurkan untuk memperhatikan detail. Beberapa diantaranya seperti penambahan transisi dan animasi, menambahkan file multimedia seperti file video, atau grafik dan tabel yang menarik, penambahan ikon dan juga gambar yang relevan dengan topik yang dibahas akan sangat membantu audiens dalam memahami topik dan tak jarang juga menjadi salah satu indikator penentu agar audiens betah di tempat duduknya menyimak penjelasan anda.

Cara Membuat Presentasi PowerPoint yang Menarik

Satu hal lain yang perlu diamati adalah template presentasi. Seringkali audiens sudah merasa bosan begitu melihat template presentasi yang itu-itu saja.

Ada baiknya anda mencoba untuk mencari alternatif dengan mencari template lain yang berasal dari internet. Kami akan tuliskan sedikit tips bagaimana cara menggunakan template gratis setelah di-download.

1. Pertama-tama silakan kunjungi situs yang menyediakan template presentasi gratis di internet. Salah satu yang dapat anda gunakan adalah situs https://www.free-power-point-templates.com/themes/. Silakan lihat-lihat dan download template presentasi yang cocok untuk topik yang akan anda sampaikan.

Cara Membuat Presentasi PowerPoint

2. Kemudian setelah diunduh atau download, buka folder tempat anda menyimpan file template tersebut, kemudian klik 2 kali sebagai tanda bahwa anda membuka file ppt atau presentasi.

Cara Membuat Presentasi PowerPoint

3. Selanjutnya aplikasi Microsoft Power Point atau aplikasi pengolah presentasi lain akan membuka file tersebut.

4. Anda pun dapat langsung mengedit hasil unduhan tersebut. Anda dapat merubah Font dan isi slide sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Cara Membuat PowerPoint

Membuat presentasi pada dasarnya bukanlah suatu hal yang susah dilakukan namun tidak bisa juga bila dikatakan mudah. Untuk membuatnya anda juga harus mengerti segmen pasar dan audiens yang akan melihat presentasi agar mereka bisa lebih memahami isi presentasi anda. Demikianlah artikel terkait tipe membuat presentasi menarik ini kami tuliskan. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua.

Leave a Reply

Send this to a friend