15 Contoh Notulen Rapat Desa, Dinas, Perusahaan, Sekolah, OSIS

Notulen menjadi salah satu hal yang wajib ada dalam setiap rapat atau diskusi. Dengan adanya notulen bisa dijadikan suatu bukti bahwa telah diadakan suatu rapat atau diskusi. Dengan notulen bisa diketahui hasil rapat, kapan rapat, dan lain-lain.

Notulen terdiri atas kepala notulen, isi notulen, bagian akhir notulen dan penandatanganan. Notulen rapat dibuat secara ringkas, padat dan jelas serta berurutan. Melalui notulen rapat, hasil rapat dijadikan sebagai bahan dokumentasi dapat dengan mudah diketahui.

Tugas dari notulen antara lain: mencatat topik masalah, mencatat waktu rapat, mendata jumlah peserta, menyimak dan menjaga ketenangan rapat, merangkum kesimpulan, membuat dokumentasi, bersifat objektif atau tidak memihak.

Kumpulan Contoh Notulen Rapat

Berikut ini adalah contoh-contoh notulen rapat dari berbagai kepentingan, antara lain:

1. Contoh Notulen Rapat Desa

Dalam rencana membangun desa yang tertib dan aman, rapat menjadi salah satu hal yang perlu diselenggarakan untuk dibahas. Ada banyak hal yang biasanya dibahas dalam rapat desa yang diselenggarakan.

Rapat desa selalu dilakukan setiap tahun dengan beberapa kali atau periode untuk mempaguyubkan kembali desa-desa yang semakin hari semakin kurang dekat dengan antar warga. Berikut adalah contoh dari notulen rapat desa, yaitu:

Contoh Notulen Rapat Desa

2. Contoh Notulen Rapat Kantor Pemerintahan

Kantor pemerintah merupakan instansi yang sering mengadakan berbagai kegiatan. Oleh karena itu, pembuatan notulen rapat sangat penting bagi instansi pemerintah. Berikut adalah contoh dari notulen rapat kantor pemerintahan, yaitu:

Notulen Rapat Kantor Pemerintahan

3. Contoh Notulen Rapat Dinas (Dinas Kesehatan)

Notulen rapat dibutuhkan oleh puskesmas untuk mengetahui hasil rapat yang diadakan di tempat tersebut. Rapat ini berkaitan dengan kesehatan yang masih terkendala khususnya di wilayah atau daerah sekitar puskesmas tersebut.

Selain itu juga membahas tentang program-program dari puskesmas yang akan dijalankan dan pastinya bermanfaat bagi masayarakat maupun pegawainya juga. Berikut adalah contoh dari notulen rapat dinas (dinas kesehatan), yaitu:

Notulen Rapat Dinas (Dinas Kesehatan)4. Contoh Notulen Rapat Perusahaan

Rapat juga diperlukan dalam sebuah perusahaan. Rapat tersebut bertujuan untuk membuat suasana di perusahaan menjadi kondusif dengan agenda-agenda baik untuk keperluan karyawan atau kemajuan perusahaan di masa depan.

Salah satu rapat yang bisa diselenggarakan adalah rapat untuk menyemarakkan agenda karyawan. Notulen rapat perusahaan merupakan dokumen penting untuk mencatat setiap hasil rapat yang diadakan oleh perusahaan tersebut. Berikut adalah contoh dari notulen rapat perusahaan, yaitu:

Notulen Rapat Perusahaan

5. Contoh Notulen Rapat Sekolah

Dalam penyelenggaraan kebutuhan sekolah, beberapa petugas sekolah sering mengadakan rapat. Sekolah juga sering mengadakan rapat terkait berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pihak sekolah dan salah satunya adalah rapat untuk menentukan tanggal diadakannya Ujian Akhir Semester Ganjil. Berikut adalah contoh dari notulen rapat sekolah, yaitu:

Notulen Rapat Sekolah6. Contoh Notulen Rapat OSIS

OSIS adalah organisasi dalam sekolah yang mengurusi berbagai kegiatan baik untuk dalam sekolah atau bahkan luar. Bisa dikatakan jika OSIS merupakan sarana belajar berorganisasi bagi para siswa.  Berbagai kegiatan yang dilaksanakan sekolah biasanya akan dibahas melalui rapat OSIS. Berikut adalah contoh dari rapat OSIS, yaitu:

Notulen Rapat OSIS

7. Contoh Notulen Rapat Koordinasi

Anda yang terjun dalam dunia organisasi tentu akan sangat familiar dengan koordinasi. Hampir setiap organisasi pasti melakukan koordinasi yang kemudian disebut dengan rapat koordinasi. Berikut adalah contoh dari notulen rapat koordinasi, yaitu:

Notulen Rapat Koordinasi8. Contoh Notulen Rapat Diskusi

Diskusi merupakan cara yang paling sering dilakukan dalam menyelesaikan berbagai persoalan dan salah satu contohnya adalah diskusi kelompok. Rapat diskusi tidak hanya untuk kalangan formal saja tetapi non formal juga bisa. Tergantung kepentingan. Berikut adalah contoh dari notulen rapat diskusi, yaitu:

Notulen Rapat Diskusi

9. Contoh Notulen Rapat Guru

Notulen rapat dibuat dengan maksud untuk pemecahan masalah atau  rapat untuk pengambilan keputusan dapat menjadi acuan bagi rapat selanjutnya. Rapat guru biasanya mencakup tentang program-program mengajar baik dalam hal media, model, dan penangan siswa dalam proses belajar dan mengajar. Berikut adalah contoh dari notulen rapat guru, yaitu:

Contoh Notulen Rapat Guru

10. Contoh Notulen Rapat Organisasi

Organisasi tersebut akan hidup dan memiliki visi serta rencana ke depan dari rapat yang diselenggarakan. Saat akan melakukan sebuah kegiatan, organisasi pasti akan mengadakan suatu rapat.

Dalam rapat itu banyak hal yang dibahas apalagi organisasi yang sudah mempunyai banyak acara dan pastinya terorganisir maka notulen perlu ada si setiap acara dan rapat. Berikut adalah contoh dari notulen rapat organisasi, yaitu:

Notulen Rapat Organisasi11. Contoh Notulen Rapat Pengembangan Kurikulum

Notulen ini dibuat untuk membahas pengembangan kurikulum yang ada dan akan dilaksanakan di sekolah. Pengembangan tersebut disesuaikan dengan pengembangan kurikulum di sekolah tanpa melanggar aturan yang ada. Berikut adalah contoh dari notulen rapat pengembangan kurikulum, yaitu:

Contoh Notulen Rapat Pengembangan Kurikulum

12. Contoh Notulen Rapat Karang Taruna

Dalam urusannya tentang agenda desa, terutama terkait remaja pemikiran para karang taruna sangat diperlukan agar tercipta remaja desa yang aktif dan berpengalaman. Tidak jarang jika struktur karang taruna dibuat dan mereka seringkali mengadakan rapat untuk membahas beragam agenda yang hendak diselenggarakan.

Organisasi pemuda yang biasa disebut dengan karang taruna merupakan salah satu organisasi yang selalu ada di setiap desa. Berikut adalah contoh dari notulen rapat karang taruna, yaitu:

13. Contoh Notulen Rapat Kenaikan Kelas

Setiap sekolah sebelum membagikan raport dan kenaikan kelas, pasti melakukan rapat terlebih dahulu baik dalam unsur struktural maupun ada evaluasi maupun pembinaan untuk seluruh guru, staff dan TU.

Rapat kenaikan kelas juga membahasa tentang kendala-kendala dari siswa yang bermasalah dan bagaimana penangannya. Berikut adalah contoh dari notulen rapat kenaikan kelas, yaitu:

Notulen Rapat Kenaikan Kelas

14. Contoh Notulen Rapat Komite Sekolah

Dalam acara ini diinformasikan oleh Kepala Sekolah antara lain tentang program-program yang baru di sekolah. Informasi-informasi tersebut untuk memberitahukan kepada orang tua agar update tentang kegiatan maupun program sekolah anaknya. Sehingga orang tua terdorong untuk mendukung anaknya. Berikut adalah contoh dari notulen rapat komite sekolah, yaitu:

15. Contoh Notulen Rapat Koperasi

Rapat Pengurus dan Pengawas Koperasi yang dihadiri oleh seluruh pengurus dan pengawas menyepakati beberapa hal dalam rangka peningkatan pelayanan. Pelayanan-pelayanan tersebut mencakup fasilitas dan cara mempertahankan eksistensi suatu koperasi.

Berikut adalah contoh dari notulen rapat koperasi, yaitu:

Ada beberapa fungsi dari adanya notulen rapat yang perlu pembaca ketahui, antara lain: untuk dokumentasi tertulis rapat, sebagai pengukur kesuksesan rapat, dan sebagai hasil keputusan rapat. Isi dari notulen antara lain: tujuan kegiatan rapat atau sidang, hal-hal yang akan dibahas, saran dan keputusan pelaksanaan acara, waktu pelaksanaan kegiatan, dan pihak-pihak yang terkait maupun hadir dalam acara.

Itulah macam-macam notulen yang bisa pembaca pahami dan dengan contohnya diharapkan pembaca akan tahu bagaimana isi dari setiap notulen. Karena setiap notulen mempunyai perbedaan masing-masing dalam beberapa maupun banyak hal. Semoga dengan tulisan ini menjadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi si pembaca. Tunggu artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Send this to a friend