• Our Partners:

Contoh Surat Tanda Terima

15+ Contoh Surat Tanda Terima Barang, Uang, DP Rumah dan Lain-lain

Dalam menjalankan segala tugas ataupun aktifitas yang terkait dengan pengiriman atau penerimaa barang, dokumen atau benda lainnya sangat diperlukan surat tanda terima. Hal ini dapat meminimalisir adanya kekeliruan dalam mengirimkan barang tersebut.

Sehingga segala hal dapat diketahui dengan jelas dan seksama siapa yang mengantarkan dan yang menerima barang tersebut. oleh karena itu, surat tanda terima ini menjadi salah satu hal yang penting untuk dimiliki setiap akan mengirimkan barang.

Kumpulan Contoh Surat Tanda Terima

Surat tanda terima yang digunakan dalam kehidupan sangat beragam dan berbagai macam jenisnya. Karena fungsi dan tujuan masing-masing surat akan berbeda. Berikut merupakan beberapa contoh surat tanda terima yang dibedakan sesuai dengan fungsi dari masing-masing surat:

1. Contoh Surat Tanda Terima Barang

Surat tanda terima barang digunakan sebagai barang bukti bahwa barang yang dikirimkan sudah diterima oleh konsumen atau penerima yang bersangkutan atau yang mewakili.

Sehingga dengan adanya surat ini dapat menjadi bukti sah bahwa barang sudah dikirimkan dengan benar. Apabila suatu saat terdapat permasalahan terkait penerimaan barang, dengan adanya surat tanda terima barang ini bisa dijadikan bukti sah. Contoh surat tanda terima barang sebagai berikut:

Contoh Surat Tanda Terima Barang

2. Contoh Surat Tanda Terima Uang

Surat tanda terima uang digunakan sebagai tanda bukti bahwa seseorang telah menerima sejumlah uang dari pihak lain. Pada surat tanda terima uang tersebut terdapat data-data personal seperti nama, alamat dan KTP penerima uang. Contoh surat tanda terima uang sebagai berikut:

STT TERIMA UANG

3. Contoh Surat Tanda Terima Dokumen

Surat tanda terima dokumen digunakan sebagai tanda bukti bahwa dokumen telah dikirimkan. Sehingga bukti ini dapat digunakan untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan seperti dokumen hilang, belum diterima atau hal-hal lainnya. Contoh surat tanda terima dokumen sebagai berikut:

STT Dokumen

4. Contoh Surat Tanda Terima DP Rumah

Surat tanda terima DP rumah digunakan sebagai tanda bukti pembayaran uang muka pembelian suatu rumah. Sehingga pemilik rumah dapat dikategorikan sudah memesan rumah yang mereka inginkan dengan jaminan uang muka yang sudah dibayarkan.

Surat tanda terima DP rumah ini bisa menjadi bukti yang kuat bahwa pembeli sudah melakukan pembayaran DP untuk rumah yang mereka inginkan. Contoh surat tanda terima DP rumah sebagai berikut:

Contoh Surat Tanda Terima DP Rumah

5. Contoh Surat Tanda Terima Surat

Surat tanda terima surat digunakan sebagai tanda bukti pengiriman surat sudah dilakukan dan diterima oleh penerima surat baik yang bersangkutan sendiri yang menerima atau diwakilkan. Sehingga dengan adanya surat tanda terima ini dapat digunakan sebagai bukti yang sah dan dapat digunakan untuk meminimalisir adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Contoh surat tanda terima surat sebagai berikut:

STT surat

6. Contoh Surat Tanda Terima Proposal

Surat tanda terima proposal digunakan sebagai tanda bukti bahwa proposal sudah diberikan atau disampaikan kepada yang bersangkutan. Sehingga dengan adanya surat ini, dapat digunakan untuk bukti menanyakan kembali terkait kelanjutan proposal yang dikirimkan.

Surat ini juga berguna untuk mengetahui siapa yang menerima proposal dan contact person yang bisa dihubungi untuk menanyakan kelanjutan proposal. Contoh surat tanda terima proposal sebagai berikut:

STT Proposal

7. Contoh Surat Tanda Terima Setifikat

Surat tanda terima sertifikat digunakan sebagai tanda bukti penyerahan dan penerimaan sertifikat barang atau benda yang berharga, seperti aset tanah, rumah, dan sebagainya. Surat tanda terima ini dapat digunakan untuk meminimalisir adanya penipuan atau kejadian lain yang tidak diinginkan. Contoh surat tanda terima sertifikat sebagai berikut:

STT sertifikat

8. Contoh Surat Tanda Terima BPKB

Surat tanda terima BPKB digunakan sebagai tanda bukti atau tanda terima bahwa BPKB dari kendaraan yang dimaskud sudah diambil oleh yang bersangkutan yang namanya tertera dalam surat tanda terima.

Menimbang bahwa BPKB adalah dokumen yang penting dan dapat disalahgunakan. Surat tanda terima ini digunakan agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan. Contoh surat tanda terima BPKB sebagai berikut:

Contoh Surat Tanda Terima BPKB

9. Contoh Surat Tanda Terima Kendaraan

Surat tanda terima kendaraan digunakan sebagai tanda bukti bahwa kendaraan yang dimaksudkan sudah diterima oleh konsumen. Dengan adanya bukti surat ini, konsumen yang dimaksud dapat mengklaim bahwa kendaraan telah diterima dalam kondisi yang baik dan tidak ada cacat. Contoh surat tanda terima kendaraan sebagai berikut:

STT Kendaraan

10. Contoh Surat Tanda Terima Pekerjaan

Surat tanda terima pekerjaan digunakan sebagai tanda bukti mulai bekerja atau pemutusan pekerjaan sesuai dengan aturan yang berlaku dan alasan yang konkrit.

Surat ini dapat digunakan sebagai bahan rekomendasi untuk mendapatkan pekerjaan baru (jika surat tanda terimanya adalah pemutusan pekerjaan), dan dapat digunakan sebagai bukti kerja (jika surat tanda terimanya adalah pemulaian pekerjaan). Contoh surat tanda terima pekerjaan sebagai berikut:

STT pekerjaan

11. Contoh Surat Tanda Terima Jabatan

Surat tanda terima jabatan digunakan sebagai tanda bukti serah terima jabatan yang dimaksudkan. Dengan adanya surat ini, yang bersangkutan untuk menerima jabatan telah sah dapat menjalankan pekerjaan atas jabatan yang dimaksudkan dalam surat tersebut. sehingga jabatan yang diamanahkan sudah sah secara legal dan tertulis dapat segera dilaksanakan. Contoh surat tanda terima jabatan sebagai berikut:

STT jabatan

12. Contoh Surat Tanda Terima Pelunasan Hutang

Surat tanda terima pelunasan hutang digunakan sebagai tanda bukti bahwa yang bersangkutan telah melakukan pelunasan sebesar jumlah yang dimaksudkan dalam surat.

Surat ini dapat digunakan sebagai bukti agar tidak ada kasus penipuan atau kejadian lainnya yang tidak diinginkan. Sehingga kedua pihak yang bersangkutan saling mengetahui jika hutang yang dimaksudkan sudah dilunasi. Contoh surat tanda terima pelunasan hutang sebagai berikut:

STT pelunasan hutang

13. Contoh Surat Tanda Terima Aset

Surat tanda terima aset digunakan sebagai tanda bukti penerimaan aset yang berharga seperti bangunan, rumah, tanah, dan lain sebagainya. Tanda terima ini menyatakan bahwa yng bersangkutan resmi menjadi pemilik aset yang dituliskan. Sehingga adanya surat ini dapat digunakan sebagai bukti bahwa aset sudah diberikan dan diterima oleh yang bersangkutan. Contoh surat tanda terima aset sebagai berikut:

Contoh Surat Tanda Terima Aset

14. Contoh Surat Tanda Terima Rumah

Surat tanda terima rumah digunakan sebagai tanda bukti serah terima bangunan rumah. Surat ini menjelaskan bahwa rumah yang dimaksudkan telah diberikan dan diterima oleh yang bersangkutan. Sehingga jika dikemudian hari terdapat hal-hal yang tidak diinginkan, surat ini dapat dijadikan sebagai bukti yang sah. Contoh surat tanda terima rumah sebagai berikut:

STT rumah

15. Contoh Surat Tanda Terima Hibah

Surat tanda terima hibah digunakan sebagai tanda bukti serah terima barang atau apapun yang dihibahkan. Dalam surat ini menjelaskan bahwa barang yang dimaksud telah dihibahkan kepada yang bersangkutan menerima barang hibah ini. Sehingga barang hibah dapat digunakan sebagaimana mestinya. Contoh surat tanda terima hibah sebagai berikut:

STT hibah

Dengan adanya pembahasan mengenai contoh surat tanda terima ini diharapkan dapat membantu anda dalam mempermudah proses belajar dan memahami setiap fungsi surat tanda terima. Sehingga pemahaman mengenai contoh surat tanda terima ini dapat dipelajari dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend