• Our Partners:

Contoh Surat Referensi Kerja Yang Baik dan Benar

10 Contoh Surat Referensi Kerja Yang Baik dan Benar, Yuk Simak!

Zaman sekarang mendapat pekerjaan yang sesuai dengan angan-angan adalah impian setiap orang. Untuk mempermudah mencari kerja, biasanya orang membutuhkan surat referensi kerja.

Surat referensi kerja merupakan surat yang berisi pengalaman kerja. Surat referensi kerja ini dikeluarkan oleh tempat seseorang sebelumnya bekerja.

Surat referensi kerja berisi tentang semua kemampuan atau kebaikan si pekerja dalam perusahaan sebelumnya. Dengan adanya surat referensi kerja ini, keahlian yang dimiliki akan diperhitungkan, sehingga perusahaan akan mempertimbangkan untuk menerima lamaran dari pencari kerja. Lalu bagaimana isi surat referensi kerja tersebut?

Kumpulan Contoh Surat Referensi Kerja

Berikut beberapa contoh surat referensi kerja yang bisa dibuat untuk mempermudah melamar pekerjaan.

1. Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Karyawan Forging

Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Karyawan Forging

Surat referensi kerja ini berisi pengalaman kerja seseorang ketika menjadi karyawan pada seksi forging. Forging sendiri adalah proses penempaan benda dengan cara ditekan. Tekanan ini dilakukan dengan berangsur-angsur atau dengan tekanan kejut. Proses ini dilakukan untuk menghasilkan bentuk benda kerja yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

Pekerjaan ini tidaklah mudah dan tergolong berat karena harus dijalankan dalam suhu yang tinggi. Dengan adanya surat referensi ini, tentu membuktikan bahwa Anda adalah seorang yang pekerja keras dan bisa bekerja di bawah tekanan. Apalagi banyak perusahaan industri membutuhkan karyawan dalam bidang ini untuk memproduksi produknya. Perusahaan akan memperhitungkan untuk merekrut Anda.

2. Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Bidan

Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Bidan

Surat referensi kerja yang satu ini berisi tentang pengalaman kerja seseorang yang bekerja sebagai bidan. Biasanya surat referensi kerja ini digunakan ketika akan melamar pekerjaan di suatu rumah sakit, klinik, atau usaha kesehatan lainnya. Dengan adanya pengalaman kerja sebagai bidan sebelumnya, tentu membuat pihak perusahaan yang akan dilamar memperhitungkan Anda.

3. Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Guru

Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Guru

Surat referensi berikutnya adalah pengalaman seseorang menjadi guru. Surat ini dibutuhkan ketika Anda ingin melamar pekerjaan di lembaga atau perusahaan bidang pendidikan.

Biasanya pengalaman mengajar sangat diutamakan dalam melamar pekerjaan di bidang pendidikan berbagai jenjang. Oleh karena itu, carilah pengalaman mengajar sebanyak mungkin.

Dalam mencari pengalaman mengajar dapat Anda memulainya dengan menjadi guru di sebuah bimbingan belajar. Seseorang pasti membutuhkan ketrampilan tertentu dalam mengajar. Memang terlihat sepele, namun menjadi guru di tempat kecil sekalipun tidaklah mudah. Hal ini akan membantu Anda dalam merintis karier dalam bidang pendidikan.

4. Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Karyawan Bank

Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Karyawan Bank

Surat referensi kerja ini berisi pengalaman seseorang ketika bekerja di lembaga keuangan atau bank. Surat referensi ini sangat diperlukan untuk melamar pekerjaan pada lembaga keuangan.

Dengan keahlian yang ditunjukkan melalui surat referensi ini, perusahaan pasti akan mempertimbangkan untuk merekrut Anda. Karena biasanya beberapa perusahaan lebih mengutamakan seseorang yang tahan banting kerasnya dunia kerja dari pada yang tidak.

5. Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Asisten

Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Asisten

Surat referensi kerja yang satu ini berisi pengalaman kerja ketika bekerja menjadi asisten. Posisi ini tidak hanya terbatas pada perusahaan besar saja. Posisi ini sangat bervariasi. Mulai dari asisten pribadi, asisten rumah tangga, asisten koordinator, asisten manager, asisten editor, asisten supervisor dan sebagainya.

Pekerjaan asisten membutuhkan ketrampilan yang tinggi. Biasanya ada tes atau pelatihan untuk menjadi asisten yang handal. Dengan adanya surat referensi ini sudah pasti menunjukkan kemampuan Anda. Oleh karena itu,  pengalaman kerja mennjadi asisten tentu akan sangat dipertimbangkan.

6. Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Sopir

Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Sopir

Berikutnya surat referensi kerja sebagai sopir. Untuk pekerjaan yang satu ini sudah pasti  pengalaman kerja akan menjadi keutamaan ketika melamar pekerjaan. Karena tidak semua orang bisa menjadi sopir yang handal. Surat referensi kerja ketika bekerja sebagai sopir akan sangat membantu untuk mendapatkan pekerjaan mengemudi selanjutnya.

Biasanya ketika melamar pekerjaan sebagai sopir, selalu dibarengi dengan lampiran surat izin mengemudi atau sertifikat lainnnya. Walaupun sudah memiliki sertifikat atau lisensi sebagai sopir, seoranng sopir dengan surat pengalaman kerja akan dinilai memiliki kemampuan yang lebih dipercaya. Hal ini dikarenakan bekerja sebagai sopir harus disertai keahlian yang mumpuni.

7. Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Karyawan Hotel

Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Karyawan Hotel

Surat referensi kali ini didapat ketika seseorang menggeluti pekerjaan di bidang hotel. Berkecimpung dalam pekerjaan perhotelan tentu harus memiliki keahlian dan ketrampilan tersendiri. Seseorang yang tidak memiliki sertifikat tentang perhotelan, biasanya tidak bisa bekerja di bidang ini.

Apabila ada seseorang yang bekerja di hotel namun karena alasan tertentu dirnya harus mengundurkan diri, sebaiknya jangan sampai lupa untuk meminta surat referensi kerja. Karena dengan pengalaman bekerja di bidang hotel, seseorang tersebut nantinya akan sangat mudah dalam memperoleh posisi kembali di hotel lainnya. Apalagi jika disertai kinerja yang baik, pasti bisa memperoleh kerja kembali dengan cepat.

8. Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Manajer

Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Manajer

Surat referensi ini diperoleh seseorang jika bekerja sebagai manajer di sebuah perusahaan.  Menjadi seorang manajer dalam sebuah perusahaan, bukanlah sesuatu yang mudah. Tidak semua orang bisa mendapatkan posisi tersebut. Hal ini dikarenakan banyaknya kemampuan yang harus dimiliki ketika menjadi seorang manajer.

Apabila sekarang ini Anda menjadi seorang manajer dan sedang berniat mengundurkan diri, sebaiknya jangan lupa untuk meminta surat pengalaman kerja resmi dari perusahaan. Hal ini akan sangat membantu dalam memperoleh posisi yang baik pada pekerjaan selanjutnya.

Karena seorang manajer membutuhkan ketrampilan yang tinggi, tentu pengalaman menjadi manajer akan sangat dipertimbangkan jika ingin melamar pekerjaan. Surat referensi kerja ini akan sangat berguna dalam pekerjaan berikutnya.

9. Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Karyawan Kontrak

Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Karyawan Kontrak

Surat referensi ini bisa diperoleh jika seseorang bekerja sebagai karyawan kontrak dalam jangka waktu tertentu. Walaupun Anda bekerja dengan rentang waktu yang sudah ditentukan  atau kontrak, sebaiknya Anda tetap meminta surat referensi kerja. Hal ini akan lebih memudahkan Anda mencari kerja di masa yang akan datang.

Apapun posisi Anda dalam kontrak yang sudah ditetapkan, pengalaman kerja tersebut akan sangat berguna nantinya. Pengalaman kerja meski hanya sebagai karyawan kontrak dalam waktu tertentu tetap akan menjadi pertimbangan dari pada tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali.

10. Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Staff IT

Contoh Surat Referensi Kerja sebagai Staff IT

Surat referensi kerja ini berisi pengalaman kerja dalam bidang IT. Bekerja sebagai staff IT bukanlah pekerjaan yang mudah. Pekerjaan ini harus dilakukan dengan keahlian yang sangat tinggi, sehingga tidak banyak orang yang dapat melakukannya.

Banyak perusahaan yang mewajibkan pengalaman yang memadai ketika akan mencari calon karyawan sebagai staff  IT mereka. Karena untuk saat ini ahli IT sangat diperlukan di setiap perusahaan untuk mengembangkan perusahaan yang sesuai dengan tuntutan zaman. Pengalaman kerja dalam bidang ini akan sangat dipertimbangkan nantinya.

Itu dia 10 contoh surat referensi kerja yang bisa Anda contoh. Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments