Shopify PHK Massal Hingga 1.000 Karyawan

Shopify PHK Massal Hingga 1.000 Karyawan

NESABAMEDIA.COM – Shopify diketahui setidaknya telah memecat masal hingga 1.000 karyawan mereka. CEO dari Shopify menyatakan bahwa langkah yang diambil merupakan awal untuk mengelola kembali sumber daya, di mana akan ada pengurangan kapasitas SDM yang tidak dibutuhkan, Rabu (27/7).

Dilansir dari Wall Street Journal, informasi yang mereka dapat merupakan informasi dari sebuah Memo yang diunggah dalam situs website resmi perusahaan, Tobi Lutke selaku CEO menyatakan bahwa, perusahaan akan memilih mengatur kembali kinerja karyawan mereka. Pemberhentian ini didominasi oleh tenaga penjual, dukungan, dan mereka yang bekerja untuk merekrut karyawan baru.

Lutke juga menjelaskan bahwa, perusahaan mereka terlalu banyak karyawan yang tidak begitu dibutuhkan. Bahkan, beberapa profesi ternyata telah memiliki duplikat yang dirasa masih bisa dipertanggungjawabkan oleh satu orang, ini tentu akan berimbas dengan pengeluaran perusahaan yang tidak begitu penting jika dibiarkan.

Perusahaan juga memilih tindakan ini, guna meminimalisir pendanaan yang kurang begitu diinginkan. Terhitung dengan pandemi berlangsung, ada banyak perusahaan yang akhirnya harus memutar otak dalam menstabilkan saham dan pendapatan mereka. Pengurangan karyawan menjadi salah satu cara terbarik untuk saat ini, apalagi masih didukung dengan banyaknya SDM yang mumpuni.

Jika dilihat dari data, Shopify sendiri memang telah meningkatkan jumlah karyawan mereka dengan lebih pesat sejak pandemi. Pada 2016, perusahaan ini terhitung telah merekrut hingga 1.000 karyawan, kemudian melompat jauh hingga 10.000 karyawan di 2021. Jumlah ini rasanya terlalu banyak, bahkan perusahaan sendiri menemukan profesi yang sebenarnya telah ada yang mengisi.

Dalam Memo yang diunggah, Lutke juga meminta maaf atas permintaan perusahaan yang akhirnya harus memberhentikan jumlah karyawan yang terbilang besar. Dia meminta maaf atas keputusan yang telah diambil.

“Sekarang, kami harus menerima konsekuensi atas tindakan beberapa tahun sebelumnya, kami mengatakan selamat tinggal yang akan meninggalkan perusahaan ini, terima kasih atas kerja samanya selama ini.” Tulis CEO Shopify.

Lutke juga telah memberitahukan bahwa karyawan akan mendapatkan tunjangan, setidaknya akan diberlakukan selama 16 minggu ke depan. Shopify sendiri juga masih sering mengadakan sebuah pelatihan untuk mengembangkan karir karyawan mereka dan mantan karyawan.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend