• Our Partners:

Rekomendasi Aplikasi Pengganti File Explorer Windows 10

10 Rekomendasi Aplikasi Pengganti File Explorer Windows 10 Terbaik

File Manager pasti menyediakan cara yang mudah untuk para penggunanya untuk bekerja dan melakukan operasi pada file dan folder, misalnya seperti membuat, menyunting, mengubah nama, menghapus, menyalin, dan lain sebagainya.

Sementara file manager pada windows alias Windows Explorer hanya memberikan kegiatan manajemen file yang cukup sederhana. Padahal seorang profesional bisa saja membutuhkan fitur bookmarks, tampilan banyak tab, history, dan lain sebagainya. Tapi fitur tersebut belum dimiliki oleh Windows Explorer.

Aplikasi Pengganti File Explorer Windows 10

Jika Anda merupakan seseorang yang membutuhkan banyak fitur pada file mangaer Anda, maka Anda membutuhkan sebuah aplikasi tambahan atau aplikasi pengganti windows explorer  untuk mendukung dan memudahkan pekerjaan Anda. Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak aplikasi file manager yang bisa Anda unduh untuk menggantikan file explorer.

Berikut ini 10 aplikasi pengganti file explorer untuk windows 10. Langsung saja silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. XYplorer

XYplorer

XYplorer merupakan aplikasi terbaik pengganti file explorer windows 10. Mengapa? Alasan pertama, karena aplikasi XYplorer ini bersifat portabel. Itu artinya Anda tidak perlu lagi khawatir jika aplikasi ini tidak tersedia pada PC atau laptop lainnya yang Anda ingin gunakan. Anda tetap bisa menggunakan aplikasi ini hanya dengan menggunakan USB stick atau flashdik yang sudah Anda simpan aplikasi XYplorer didalamnya.

Alasan kedua, karena aplikasi ini mempunyai set fitur yang cukup mengesankan sehingga akan terlihat menarik bagi pengguna biasa dan geek hardcore. Misalnya seperti, penjelajah memiliki tab penjelajahan. Tab ini berfungsi sebagai tab peramban web, Anda juga bisa menyusun ulang, menyeret file di antara file lainnya, dan melakukan pra-konfigurasi.

Aplikasi XYplorer ini juga memberikan penawaran dukungan untuk skrip khusus, font serta warna yang bisa Anda sesuaikan dan penyortiran sekunder. Aplikasi XYplorer ini mempunyai dua versi yaitu versi gratis dan berbayar. Jika Anda ingin menggunakannya untuk seumur hidup maka Anda harus membayarnya sekitar $39,95.

2. Directory Opus

Aplikasi Pengganti File Explorer Windows 10

Directory Opus merupakan aplikasi pengganti windows explorer yang bisa dikatakan mempunyai kurva belajar yang lebih curam dibandingkan aplikasi XYplorer sebelumnya. Jika aplikasi sebelumnya mengambil banyak antrian desainnya dari windows file explorer, aplikasi Directory Opus ini mengenalkan lebih banyak keputusan dengan gayanya sendiri.

Fitur yang dimiliki aplikasi Directory Opus ini diantaranya adalah Anda dapat menyinkronkan file serta dapat menemukan duplikat pada file Anda, mampu melakukan scripting, memiliki grafik yang memungkinkan Anda untuk menandai dan memeriksa file Anda, serta terdapat bilah status yang bisa Anda sesuaikan.

Sayangnya aplikasi ini tidaklah gratis, Anda bisa menggunakan secara gratis hanya selama 60 hari saja. Jika ingin melanjutkannya, Anda harus membelinya yang mana versi lite berharga sekitar $40 dan versi full atau lengkap sekitar $70.

3. Fman

Fman

Fman merupakan aplikasi pengganti windows explorer yang sampai saat ini dibilang paling mirip. Aplikasi ini mengambarkan diri sebagai “Go to on steroid”. Salah satu hal terbaik yang dimiliki aplikasi ini adalah dukungan lintas platformnya. Bukan hanya dapat digunakan di Windows, tapi aplikasi ini juga mendukung platform Mac OS dan Linux.

Jika Anda menggunakan ketiga sistem operasi tersebut, mungkin aplikasi ini akan sangat cocok bagi Anda karena akan memberikan rasa kontinuitas dalam pekerjaan Anda. Tapi, meskipun begitu aplikasi ini belum terlalu cocok untuk seorang pemula. Karena aplikasi Fman ini lebih ditujukan untuk para pegembang perangkat lunak dan profesional yang mengerti tentang teknologi.

Dari segi fitur, aplikasi ini akan menampilkan isi dari dua direktori agar dapat memindahkan dan menyalin file dengan mudah. Aplikasi ini juga mempunyai daftar plugin yang cukup luas untuk fungsionalitas tambahan dan juga mempunyai pintasan keyboard. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis dengan lisensi yang diperbarui dengan biaya $12.

4. Free Commander

Free Commander

Free Commander merupakan aplikasi gratis yang sepenuhnya dapat Anda gunakan untuk mengganti windows explorer. Anda tidak perlu membeli atau membayar aplikasi ini. Aplikasi ini  cukup sederhana sebagai aplikasi alternatif untuk memperbaiki beberapa kelalaian yang dimiliki aplikasi windows aslinya.

Aplikasi Free Commander ini tidak memberikan kebingungan bagi para penggunanya. Aplikasi ini akan menawarkan interface atau antarmuka tab, dua panel untuk memberikan kemudahan drag and drop, dukungan bawaan untuk file arsip (ZIP), sinkronisasi folder, pintasan yang bisa Anda tentukan sendiri, hingga baris perintah DOS.

5. Explorer++

Aplikasi Pengganti File Explorer Windows

Explorer++ merupakan aplikasi pengganti file explorer windows 10 yang bersifat open source. Itu artinya Anda atau komunitas – komunitas bisa terus mengerjakannya selama yang diinginkan karena aplikasi ini tidak akan mengikat Anda.

Salah satu yang menarik dari aplikasi ini adalah kemiripannya dengan file explorer aslinya. Aplikasi ini terlihat paling mirip dibandingkan aplikasi pengganti lainnya dan memberikan penawaran peningkatan yang paling sedikit.

Meskipun peningkatannya hanya sedikit, tapi mampu memberikan pengguna ke tingkat produktivitas yang baru. Anda bisa menikmati penjelajahan dengan tab, menmbagi dan mengabungkan file, serta jendela tampilan untuk pratinjau file.

6. Altap Salamander

Altap Salamander

Altap Salamander merupakan aplikasi pengganti Windows File Explorer pertama yang membuat sebuah dorongan besar untuk memberikan penawran alat jaringan yang luas. Adapaun protokol jaringannya seperti FTP, FTPS, SCP, dan SFTP. Sehingga akan memudahkan Anda untuk mentransfer file melalui internet.

Aplikasi Altap Salamander ini juga mendukung banyak jenis file arsip dibandingkan para pesaingnya. Bebrapa jenis file arsip yang mendukung adalah RAR, ZIP, 7-ZIP, gambar UDF, dan gambar ISO.

Aplikasi ini juga memiliki fitur unik yaitu pengelola kata sandi bawaan. Itu artinya Anda bisa melindungi file pribadi dengan menggunakan teknik enkripsi yang aman. Sayangnya aplikasi ini tidak gratis, Anda harus membayarnya sekitar $27 untuk menikmati aplikasi Altap Salamander ini.

7. TagSpaces

TagSpaces

TagSpaces merupakan aplikasi pengganti windows explorer yang bersifat open source. Aplikasi ini lebih ditujukan untuk para pengguna ringan dan orang – orang yang ingin menata file tanpa menggunakan manager file yang terlalu lengkap.

Anda daapt menambahkan tag pada semua file yang Anda miliki. Contohnya seperti, Anda bingin menandai sesuatu sebagai “Video”, “Resep”, “Sekolah”, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa memberikan warna pada tag Anda, dan mengaturnya secara tematis ke dalam grup suapaya gampang diingat. Aplikasi TagSpaces ini mendukung lintas platform yaitu Windows, Linux, Mac OS, dan Android. Dan aplikasi ini juga menawarkan dukungan Chromecast.

8. Master Commander

Master Commander

Master Commander merupakan aplikasi pengganti windows explorer yang dapat memberikan kesenangan untuk para pengguna awam. Aplikasi ini cukup sederhana, itu terlihat dari penyeseuaiannya yang tidak terlalu banyak.

Aplikasi ini memiliki interface tab dengan tampilan “tree” yang merupakan sebuah pilihan. Aplikasi ini juga memiliki history dan bookmark manager yang berfungsi untuk mengelola file dan tugas dengan mudah. Dan juga ada pintasan keyboard untuk operasi file dasar. Aplikasi Master Commander juga menyertakan process manager, burner CD-DVD, dan download manager.

9. MultiCommander

MultiCommander

MultiCommander merupakan aplikasi file manager yang cukup besar bagi para “power user”. Anda bisa memilih beberapa profil pengaturan “look and feel” untuk keyboard, mouse, dan warna. Aplikasi ini juga menyediakan beberapa tips untuk memudahkan Anda memahami fitur dan fungsi dari aplikasi ini.

MultiCommander mempunyai fitur yang cukup luas, misalnya seperti fitur multi view yang memungkinkan Anda untuk melihat isi folder dalam satu panel dan isi folder berada di sisi lainnya. Bahkan Anda juga bisa mengkonfigurasi editor, viewer, dan launcher yang digunakan untuk file yang berbeda.

10. Unreal Commander

Unreal Commander

Unreal Commander merupakan aplikasi pengganti windows explorer dengan 3 gaya tampilan yang berbeda yaitu, List, Details dan Thumbnails.

Aplikasi Unreal Commander juga mempunyai sistem folder untuk menyaring item yang ingin Anda lihat. Anda bisa mengatur paner secara horizontal atau vertikal dan juga terdapat quick view panel. Aplikasi Unreal Commander mendukung perubahan background.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi pengganti file explorer windows 10. Silahkan Anda pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat meembantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend