Pengertian DOS Beserta Fungsi dan Sejarah Diciptakannya DOS, Lengkap!

Disk Operating System atau lebih dikenal dengan singkatan DOS adalah sebuah perangkat lunak dalam kategori sistem operasi ringan, Sekarang mungkin kita lebih mengenal istilah DOS dengan melihat program aplikasi command promt yang ada di sistem operasi windows, jika memang demikian, kira-kira begitulah sistem operasi DOS berjalan. Namun secara keseluruhan DOS dahulu ketika pertama kali digunakan tidaklah seperti tampilan command promt pada sistem operasi wondows, tetapi seluruh layar benar-benar hanya menampilkan layar hitam dengan pointer yang siap untuk di beri perintah.

Bagi pengguna komputer zaman dahulu ketika sistem operasi windows 95 belum ditemukan, pengguna harus bersusah payah untuk lepas pasang disket guna menjalankan sistm operasi dan berbagai macam programnya, tidak seperti sekarang sistem operasi dan program aplikasi sudah menempel permanen di harddisk. Seiring berkembangnya waktu pihak microsoft mengambangkan sistem operasi DOS dengan menjadi windows 95, yang sampai sekarang sudah windows 10. Dari banyaknya pekembang inovasi tersebut, ternyata microsoft tidak menghilangkan DOS dari produknya, terbukti kita masih bisa menggunakan Command Promt.

Pengertian DOS

Pengertian DOS

Disk Operating System merupakan sebuah program perangkat lunak yang masuk dalam kategori sistem operasi dengan berbasis teks. Artinya seluruh perintah untuk menjalankan berbagai macam fungsi harus diketika dengan teks secara manual, berbeda dengan Graphich User Interface yang tersaji secara grafis sehingga memudahkan pengguna dalam menjalankan komputer, pengguna DOS harus memiliki kemampuan dan daya ingat yang luar biasa, karena harus menghafalkan berbagai macam perintah untuk menjalankan fungsi program.

Sistem operasi windows adalah sistem pendahuluan dari windows dengan PC-DOS yang dibuat oleh IBM Corp, yang merupakan sistem operasi berbasis 16 bit yang paling terkenal dengan menyingkirkan popularitas dari pendahulunya yaitu sistem operasi Control Program Monitor yang menggunakan basis sistem operasi 8 bit. Dan DOS terus dikembangkan sampai saat ini yang terus menempel pada sistem operasi windows produk dari microsoft yang diberi nama dengan MS-DOS. Secara prinsip perintah-perintah yang ada pada DOS dibedakan manjadi dua bagian yang pertama adalah perintah internal dan yang kedua adalah perintah eksternal.

Sejarah DOS

Sejarah diciptakannya DOS dimulai pada tahun 1980-an dimana ketika itu sebuah tim yang bernama Paterson yang berasal dari Seattle Computer menulis sebuah program sistem bernama Quick and Dirty Operating System atau disingkat dengan QDOS. Kemudian Paterson memasarkan sistem buatanya itu dengan nama 86-DOS karena memang dikhususkan untuk komputer Intel. Setelah itu ternyata yang membeli QDOS adalah Bill Gates (Pendiri Microsoft). Tidak tanggung-tanggung yang dibeli oleh bill gates adalah licensinya, sehingga bill gates bisa memasarkan sendiri.

Pengertian DOS adalah

Disk Operating System

Pemasaran yang dilakukan oleh Bill Gates ternyata tertuju kepada perusahaan raksasa pada waktu itu yang bernama IBM. Kemudia Bill Gates menjual QDOS ke IBM. Lalu IBM dengan basis dari QDOS meluncurkan kembali sebuah sistem operasi bernama PC-DOS yang dibeli dari microsoft. Setelah sukses menjual QDOS ke IBM, kemudia microsoft terus melakukan pengembangan sendiri dari licensi yang dia punya.

Akhirnya pada tahun yang sama microsoft untuk pertama kalinya menjual sebuah sistem operasi yang mereka beri nama MS-DOS yang terus dikembangkan sampai sekarang menjadi Windows 10. Dalam perjalananya MS-DOS terus melakukan persaingan terutama dengan Apple yang meluncurkan Machintosh dengan fitur yang sangat luar biasa pada waktu itu karena sudah menggunakan konsep Grafik User Interface yang mendukung penggunaan Mouse. Tidak mau kalah, microsoft juga meluncurkan sistem operasi terbarunya yang diberi nama dengan MS-DOS v3.0 yang mendukung penggunaan Harddisk dengan kapasitas luar biasa pada waktu itu yaitu 10 MB.

Fungsi DOS

Dahulu fungsi DOS adalah untuk menghubungkan pengguna komputer dengan perangkat komputernya, karena DOS merupakan sistem operasi yang sangat rumit pada waktu itu, dan tergolong sederhana jika kita melihat di zaman sekarang. DOS berfungsi untuk menjalankan berbagai macam program aplikasi yang tersedia, dan yang paling populer saat itu adalah sistem operasi sejenis word, atau pengolah kata, namun untuk menggunakannya harus menguasai berbagai macam kode program untuk menyeting struktur dari dokumen yang ingin di cetak, dan program aplikasi tidak terpasang secara permanen.

Fungsi DOS dan Sejarah DOS

Disk Operating System

Saat ini DOS juga masih ada, dan bisa kita temui di sistem operasi windows dengan nama MS-DOS, saat ini kita bisa menggunakan MS-DOS untuk berbagai macam keperluan layaknya kita menggunakan sistem operasi windows berbasis Grafik User Interface. Dengan menjalankan program aplikasi atau menjalankan perintah menggunakan MS-DOS proses perintah akan lebih cepat dan ringan karena tidak perlu menampilkan grafis yang tinggi seperti menjalanakan Grafik User Interface. Dengan menggunakan MS-DOS juga pengembang menjadi lebih mudah dalam mengembangkan sistem operasi dari pihak Microsoft. Bagi pihak pengembang lepas juga bisa lebih nyaman dengan menggunakan MS-DOS karena lebih menghemat sumber daya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian DOS yang dilengkapi dengan sejaran dan berbagai macam fungsinya. Semoga dengan adanya artikel yang membahas pengertian DOS ini bisa menjadi pengetahuan tambahan bagi anda mengenai sejarah sistem operasi dan bagaimana proses perkembangan sistem operasi dari zaman ke zaman. Selain itu anda juga bisa mengetahui bagaimana awal mula persaingan antara microsoft dengan Apple serta IBM yang ceritanya cukup terkenal itu. Sehingga anda mejadi lebih tahu bagaimana microsoft menciptakan sistem operasi ketika pertama yang ternyata bukanlah buatan dari Bill Gates sendiri, tetapi beli dari Paterson, dan sekarang anda tahu, bahwa Bill Gates bukanlah ahli komputer tetapu ahli dalam berbisnis.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend