Face ID di Apple Mac

Beta macOS Big Sur Bocorkan Hadirnya Face ID di Apple Mac

NESABAMEDIA.COM – Face ID sepertinya bukan hanya akan menjadi fitur pengaman iPhone maupun iPad saja. Perusahaan tersebut disinyalir siap mengembangkan penggunaan Face ID di Apple Mac. Ini terlihat dari bocoran fitur yang ada di versi beta macOS Big Sur.

Sebelumnya, pengguna Mac memang masih menggunakan metode konvensional dengan pin atau password untuk membuka akses. Beberapa seri terbaru laptop high end ini juga sudah mulai disisipkan Touch ID. Memberikan pilihan untuk pengguna membuka akses laptop dengan sidik jari.

Kali ini disadur dari by 9to5Mac, sebuah kode tertentu ditemukan pada versi beta macOS Big Sur. Disinyalir kode ini menjadi petunjuk akan adanya fitur keamanan Face ID di Apple Mac.

Kode tersebut, berdasarkan dari 9to5Mac, memiliki kaitan dengan codename TrueDepth kamera dari Apple. Menariknya, TrueDepth kamera inilah yang mengaktifkan fitur Face ID pada gadget seperti iPhone 11 dan iPad Pro. Mac rilisan sampai saat ini diungkapkan tidak memiliki TrueDepth.

Selain itu kode di beta macOS Big Sur juga menyebut mengenai “FaceDetect” dan “BioCapture.” Semakin menekankan adanya fitur biometric facial recognition Face ID untuk Mac di masa depan.

Memang bukan sepenuhnya tidak mungkin bagi Apple menyertakan fitur keamanan Face ID di Mac. Terutama dengan semakin ditingkatnya fitur keamanan untuk seri laptop terbaru tersebut. Seperti diungkap di atas, Apple sudah mulai menyertakan Touch ID untuk Mac.

Bukan hanya untuk unlock di Mac saja. Teknologi augmented reality yang digadang-gadang akan disertakan juga akan membawa perubahan untuk beberapa fitur lain. Terutama dengan tren panggilan atau konferensi melalui video saat ini. Mungkin saja kan di masa depan, Zoom akan memberi fitur Masks selain Background yang bisa dikustomisasi?

Face ID di Apple Mac juga disebut-sebut akan bekerja maksimal bila menggunakan versi terbaru Safari. Dimana nantinya akan diberikan untuk iOS 14 dan macOS Big Sur. Salah satu fitur keamanan di Safari nanti mengijinkan untuk login ke situs tanpa perlu password. Mungkin bisa hanya dengan Touch ID atau Face ID.

Leave a Reply

Send this to a friend