Kumpulan Contoh Surat Pribadi

5+ Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat, Guru, Ayah, Ibu dan Kakak

Pada era digital seperti saat ini, bidang telekomunikasi dan juga informasi sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan juga canggih. Karena dahulu semua orang untuk mengirimkan sebuah pesan maupun kabar menggunakan suatu surat pribadi, tetapi sekarang ini semua orang bisa dengan mudah untuk melakukan bertukar kabar dan menjalin komunikasi yang baik menggunakan media elektronik contohnya seperti chatting, video call maupun pesan singkat.

Tahukah kamu bagaimana bentuk dari surat pribadi dan cara menuliskannya ?Apakah masyarakat di zaman modern ini masih menggunakan surat pribadi ? Surat pribadi dapat Anda kirimkan ke kerabat dekat Anda seperti teman, sahabat, maupun keluarga yang sudah lama dan jarang bertemu.

Tetapi menuliskan dan mengirimkan surat pribadi ini sudah jarang digunakan karena teknologi sekarang sudah semakin mempermudah kita untuk mengirimkan kabar.

Dan menulis sebuah surat dianggap merepotkan dan kuno. Dan biasanya surat digunakan untuk kepentingan yang resmi-resmi saja seperti dikirimkan untuk lembaga, instansi, pemerintahan dan juga perusahaan.

Kumpulan Contoh Surat Pribadi

Surat merupakan suatu sarana komunikasi yang berguna untuk menyampaikan suatu informasi secara tertulis dari satu pihak kepihak yang lainnya. Dan surat pribadi merupakan surat yang sering digunakan untuk kepentingan pribadi dan memiliki sifat yang tidak resmi, bahkan surat pribadi tak terpaku kepada aturan-aturan tulisan yang berbahasa baku.

Surat pribadi tersebut dapat Anda gunakan menjadi media untuk bertukar kabar, pesan, maupun informasi dan ditujukan ke sahabat, teman, dan juga orangtua. Ciri-ciri dari surat pribadi yaitu tidak memerlukan kop surat, nomor surat dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa contoh dari surat pribadi yang dapat Anda kirimkan ke beberapa orang :

1. Contoh Surat Pribati untuk Sahabat

Contoh Surat Pribati untuk Sahabat

Sahabat merupakan teman terdekat kita yang mengerti kita selama suka maupun duka, untuk itu mengirimkan kabar kepada sahabat adalah hal yang sangat penting untuk menjaga silahturahmi antara kita dengan mereka. Apalagi jika kita berada diluar kota dari tempat ia berada. Untuk itu, Anda dapat mengirimkan kabar Anda kepada sahabat Anda melalui surat.

Contoh surat pribadi untuk sahabat dapat Anda lihat pada gambar diatas. Pada gambar tersebut si pengirim menuliskan surat untuk sahabatnya yang berada di Yogyakarta, sementara ia berada di Lampung. Didalam suratnya ia memberikan kabar mengenai liburannya kepada sahabatnya. Anda juga dapat mengirimkan surat kepada sahabat Anda dengan tema yang Anda ingin ceritakan.

2. Contoh Surat Pribadi untuk Guru

guru

 

Biasanya, surat yang dikirimkan dan diperuntukkan untuk guru yaitu surat sakit maupun surat izin untuk tak menghadiri kegiatan belajar mengajar. Tetapi Anda dapat mengirimkan surat pribadi kepada guru Anda untuk menjalin silaturahmi dengan guru Anda.

Tetapi apabila Anda dapat berkunuung langsung ke rumah guru Anda, itu akan lebih baik lagi. Dan jika tidak, maka Anda dapat mengirimkan surat kepadanya dan Anda wajib menggunakan bahasa yang sopan ketika menuliskan suratnya. Karena dengan begitu, Anda menghargai dan juga menghormati guru Anda.

3. Surat Pribadi untuk Ayah

Surat Pribadi untuk Ayah

Bagi Anda yang tengah merantau ataupun sedang berpisah dengan orang tua Anda, maka Anda dapat mengirimkan surat kepada Ayah Anda dengan pedoman tulisan seperti contoh diatas ini.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menuliskan surat untuk Ayah Anda senagai ucapan atas kenaikan pangkat pekerjaan, ulang tahun, dan apapun itu yang bersifat untuk dirayakan. Seperti pada contoh surat untuk ayah diatas ini, si pengirim memberikan surat untuk ayahnya yang sedang menjalankan tugas pekerjaan ke luar kota. Dan ia juga meminta untuk didoakan agar ujiannya dpaat berjalan dengan lancar.

Ketika akan menuliskan surat untuk Ayah, Anda juga harus menggunakan bahasa yang sopan dan membuat Ayah Anda terkesan. Dengan begitu, maka Ayah Anda akan merasa senang dan bahagia ketika membaca surat dari Anda.

4. Surat Pribadi untuk Ibu

surat

Untuk Anda yang ini mengirimkan surat kepada ibu, Anda dapat berpedoman kepada contoh surat pribadi untuk ibu diatas ini. Anda dapat mengungkapkan rasa terimakasih Anda kepada Ibu Anda melalui surat, dengan begitu Ibu Anda dapat membaca surat Anda penuh dengan penghayatan.

Momen yang sering digunakan orang-orang untuk memberikan surat kepada ibu yaitu ketika memperingati hari ibu yang bertepatan dengan tanggal 22 Desember. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memberikan surat kepada Ibu Anda ketika Ibu Anda berulang tahun.

Karena dimomen seperti itu adalah momen-momen penting untuk Ibu Anda, dan Anda dapat memberikan surat pribadi Anda kepada Ibu Anda. Pasti Ibu Anda akan senang dan bahagia dengan surat serta kado yang akan Anda berikan.

Untuk penulisan surat pribadi untuk Ibu, Anda juga harus menggunakan bahasa yang sopan dan ungkapkan rasa terimakasih Anda kepada Ibu Anda melalui surat tersebut.

5. Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Anda juga bisa mengirimkan surat untuk kakak Anda yang sedang berada diluar kota maupun diluar negeri. Seperti contohnya pada surat pribadi untuk kakak diatas, si pengirim mengirimkan surat kepada kakaknya yang berada di Yunani. Dimana kakaknya yang berada di Yunani sedang menempuh pendidikannya.

Si pengirim juga memberikan kabar tentang keluarganya yang berada dirumah kepada kakaknya yang berada jauh dari tempatnya. Anda dapat mengirimkan surat kepada kakak Anda dengan kabar yang ingin Anda kirimkan kepadanya. Jangan lupa untuk menggunakan kata yang sopan.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh surat pribadi untuk sahabat, ayah, ibu, kakak dan guru. Semoga dengan contoh surat diatas Anda dapat terinspirasi untuk mengirimkan dan menulis surat untuk kerabat-kerabat terdekat Anda.

Sarifah Farrah Fadillah

Hanya seseorang yang suka menulis dan tertarik di bidang Teknologi. Dan orang yang selalu percaya akan kata-kata ‘Usaha tidak akan mengkhianati Hasil’.

Leave a Reply

Send this to a friend