Contoh Latar Belakang

10+ Contoh Latar Belakang Makalah, Skripsi, Laporan Dll (Baik dan Benar)

Pembuatan latar belakang terkadang menjadi masalah yang serius. Karena sebagain besar tidak memahami bagaimana alur pembuatan latar belakang.

Pada penulisan laporan, proposal dan lain sebagainya yang membutuhkan latar belakang, harus disusun atau diatur sehingga alur latar belakang menjadi berkesinambungan. Tidak ada latar belakang yang tiba-tiba ada.

Penulisan di latar belakang menjadi kunci pada laporan atau proposal yang ditulis. Sehingga perlu diperhatikan baik-baik jika sedang melakukan penulisan latar belakang. Berikut merupakan beberapa contoh latar belakang yang terdapat pada laporan, proposal dan lain sebagainya:

1. Contoh Latar Belakang Makalah

Makalah digunakan sebagai salah satu bentuk tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dalam mata pelajaran tertentu. Sehingga ada atau tidaknya tugas makalah tergantung dari tugas yang diberikan oleh guru pada masing-masing pelajaran.

Sehingga tidak semua mata pelajaran harus membuat makalah sebagai bentuk tugas. Dalam membuat makalah tentu terdapat latar belakang yang menggambarkan topik pembahasan makalah. Berikut merupakan contoh latar belakang makalah:

Contoh Latar belakang makalah

Dengan adanya tugas makalah ini, siswa dapat memahami dengan mudah dan jelas mengenai topik tertentu. Sehingga hal ini dapat meningkatkan pemahaman dan analisis setiap siswa. Dengan adanya contoh latar belakang ini juga dapat membantu siswa untuk lebih mudah dalam penyusunan tugas makalah.

2. Contoh Latar Belakang Skripsi

Skripsi menjadi salah satu bentuk tugas besar menjelang kelulusan. Sehingga salah satu prasyarat kelulusan mahasiswa akan ditentukan dari ujian skripsi. Topik yang diteliti pada skripsi tentu berbeda antar mahasiswa.

Skripsi sebagai salah satu tugas yang harus dikerjakan secara individu. Penulisan latar belakang pada skripsi akan menjelaskan topik yang sedang atau akan diteliti. Sehingga latar belakang harus disusun dengan seksama dan mengandung berbagai sumber referensi. Berikut merupakan contoh latar belakang skripsi:

Latar belakang skripsi

Dengan adanya tugas skripsi ini, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman melakukan penelitian. Sehingga skripsi ini dapat dijadikan bukti dokumentasi pengerjaan penelitian dan salah satu syarat untuk dapat lulus. Oleh karena itu, penulisan skripsi tidak boleh dikerjakan secara asal-asalan.

Baca juga: Contoh Daftar Isi Skripsi

3. Contoh Latar Belakang Proposal Kegiatan

Setiap kegiatan yang akan diselenggarakan diharuskan memiliki proposal kegiatan sehingga dapat diajukan kepada pihak-pihak yang terkait. Agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Proposal kegiatan yang disusun memiliki bagian latar belakang yang ditulis untuk menjelaskan rincian permasalahan dan apa yang akan dilakukan dengan kegiatan tersebut serta dampak dari terselenggaranya kegiatan tersebut. Berikut merupakan contoh latar belakang proposal kegiatan:

Contoh Latar belakang proposal kegiatan

Dengan adanya contoh latar belakang proposal kegiatan ini, akan memudahkan kita sebagai panitia kegiatan dalam penyusunan proposal kegiatan. Sehingga penulisan proposal kegiatan dapat dilakukan dengan rinci dan mudah dipahami. Karena output dari proposal kegiatan akan diberikan kepada pihak-pihak yang akan mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut.

4. Contoh Latar Belakang Proposal Usaha

Segala bentuk usaha yang dilakukan tentu akan memiliki tujuan masing-masing. Misalnya saja akan mengembangkan usaha dalam bidang fashion, maka kita memerlukan pihak-pihak yang berkaitan dengan bidang tersebut untuk melakukan kerjasama.

Sehingga usaha yang akan dikembangkan dapat terealisasi dengan baik dan sukses. Salah satunya melakukan kerjasama dengan menawarkan proposal usaha yang menarik dan jelas.

Dalam pembuatan proposal usaha, pada bagian latar belakang harus dijelaskan mengenai hal-hal yang mendasari adanya usaha tersebut, hingga apa yang akan diperoleh ketika usaha berjalan dengan lancar dan tereksekusi dengan baik. Berikut merupakan contoh latar belakang proposal usaha:

Latar belakang proposal usaha 2

Dengan adanya contoh latar belakang proposal usaha ini, akan memudahkan para pelaku usaha dalam proses penyusunan proposal usaha. Proposal usaha harus dibuat dengan semaksimal mungkin, karena untuk meyakinkan para pelaku bisnis atau tim lain agar dapat mendukung usaha yang akan dikembangkan.

Baca juga: Contoh Daftar Isi Laporan

5. Contoh Latar Belakang Karya Ilmiah

Penulisan karya ilmiah akan sangat bergantung pada latar belakang yang diuraikan. Sehingga penulisannya tidak boleh asal-asalan, karena harus mengandung berbagai sumber fakta dan permasahan yang konkrit dan dampak dari topik karya ilmiah.

Sehingga karya ilmiah yang dihasilkan lebih bernilai dan mengandung banyak hal penting untuk dipelajari. Untuk itu, pembuatan latar belakang yang baik pada karya ilmiah akan membantu membuat hasil karya ilmiah tersebut menjadi lebih mudah dipahami. Berikut merupakan contoh latar belakang karya ilmiah:

Latar belakang karya ilmiah

Dengan adanya contoh latar belakang karya ilmiah ini, dapat dijadikan sebagai salah satu sumber referensi untuk penyusunan karya ilmiah. Penulisan karya ilmiah ini harus dihasilkan dari berbagai sumber referensi sehingga dapat memperkaya ulasan karya ilmiah.

6. Contoh Latar Belakang Penelitian

Penelitian dilakukan untuk mengetahui suatu kebenaran dari topik penelitian. Dimana rangkaian penelitian dilakukan secara sistematis. Sehingga benar-benar terstruktur dengan baik. Pada pembuatan penelitian, dalam bagian latar belakang akan menjelaskan detil namun dengan bahasa yang ringkas, jelas, dan mudah dipahami oleh banyak khalayak. Berikut merupakan contoh latar belakang penelitian:

Contoh Latar belakang penelitian

Dengan adanya contoh latar belakang pada penelitian ini, akan membuat anda menjadi lebih mudah dalam menyusun latar belakang pada penelitian anda. Sehingga artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk penulisan latar belakang pada penelitian anda, dan disesuaikan dengan topik penelitian anda.

7. Contoh Latar Belakang Laporan PKL

Latar belakang pada penulisan laporan PKL sangat dibutuhkan karena mencakup pembahasan penting yang singkat namun jelas dan mudah dipahami. Pada latar belakang ini dituliskan hal-hal yang mendasari kita melakukan topik atua tugas PKL. Sehingga pihak perusahaan atau instansi dapat menilai kemampuan yang kita miliki selama mengerjakan PKL disana. Berikut merupakan contoh latar belakang PKL:

Latar belakang laporan PKL

Penulisan latar belakang ini diharapkan secara singkat, namun jelas dan mudah dipahami. Karena umumnya, perusahaan atau instansi tidak memiliki waktu yang sangat banyak untuk mereview masing-masing laporan PKL setiap peserta PKL. Sehingga akan lebih baik jika laporan PKL yang dihasilkan sesuai dengan ketentuan perusahaan atau instansi.

8. Contoh Latar Belakang Laporan Praktikum

Penulisan latar belakang pada laporan praktikum merupakan hal penting yang harus dilakukan. Latar belakang laporan praktikum ini berisi penjelasan mengenai topik praktikum dan penelitian sebelumnya yang memiliki topik sama. Selain itu, latar belakang ini juga berisi ringkasan hasil praktikum dengan bahasa yang jelas dan singkat. Berikut merupakan contoh latar belakang praktikum:

Latar belakang laporan praktikum

Dengan adanya contoh latar belakang laporan praktikum ini, dapat digunakan sebagai salah satu referensi anda dalam menyusun laporan praktikum. Setiap praktikum tentu akan memiliki pembahasan latar belakang yang berbeda sesuai dengan topik praktikum.

9. Contoh Latar Belakang Laporan Magang

Penulisan latar belakang pada laporan magang berisikan hal-hal yang mendasari pentingnya topik yang digunakan dalam program magang atau tugas magang. Sehingga dapat dihasilkan ringkasan yang jelas, singkat dan mudah dipahami mengenai apa saja tugas dan dampak yang dihasilkan dalam menjalankan program magang. Berikut merupakan contoh latar belakang magang:Latar belakang laporan magang

Dengan adanya contoh latar belakang laporan magang ini, dapat membantu pembaca untuk memahami isi dari tugas magang yang telah dilaksanakan. Hal ini dapat menjadi salah satu referensi anda dalam penulisan latar belakang laporan magang. Tentunya harus disesuaikan dengan topik dan perusahaan atau instansi tempat anda melakukan magang.

Baca juga: Unsur-Unsur Proposal

10. Contoh Latar Belakang Perusahaan

Penulisan latar belakang perusahaan digunakan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai perusahan tersebut. sehingga pada latar belakang ini bisa dijelaskan mengenai sejarah singkat dan hal-hal yang mendasari perusahaan tersebut.

Penulisan latar belakang ini dapat disesuaikan kembali dengan jenis dokumen apa yang akan dihasilkan. Sehingga masing-masing dokumen perusahaan memiliki jenis latar belakang yang berbeda. Berikut merupakan contoh latar belakang perusahaan:

Contoh Latar belakang perusahaan

Dengan adanya informasi ini akan mempermudah anda dalam mencari referensi untuk menulis latar belakang pada dokumen anda. Penulisan latar belakang akan menjadi lebih mudah dilakukan. Latar belakang yang ditulis juga dapat dibaca dan dipahami dengan mudah karena alur sudah terstruktur dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Percayalah bahwa apa yang kamu impikan, suatu saat dapat tercapai meskipun jalan yang ditempuh tidak seindah yang kamu kira. So, believe yourself “you can do it”.

Leave a Reply

Send this to a friend