Download Simplenote 1.9.1

Download Simplenote Terbaru Developer: Simperium
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 100MB


Kesederhanaan Simplenote dalam membuat catatan yang dapat disinkronisasi dengan berbagai perangkat membuat banyak pengguna jatuh hati dengan software gratis ini. Jumlah perangkat yang bisa dikoneksikan pun tidak dibatasi, tidak seperti Evernote yang membatasi hingga dua perangkat dalam versi gratisnya.

Faktor penyebab lainnya yang membuat Simplenote banyak digunakan adalah dukungannya terhadap format Markdown, backup otomatis dan tentunya juga karena harganya yang gratis. Ditambah pula dengan tersedianya dark theme sehingga pengguna tidak harus selalu berhadapan dengan layar putih yang terang benderang saat membuat catatan.

Fitur Simplenote

Download Simplenote Terbaru

Tampilan Simplenote Terbaru

Sinkronisasi catatan

Untuk menggunakan Simplenote dan menyinkronkan catatan, anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Proses pendaftarannya bisa dilakukan melalui web atau melalui jendela utama Simplenote. Masukkan email dan password, lalu klik tombol Sign Up. Setelah itu Simplenote dapat langsung digunakan tanpa harus membuka email untuk mengkonfirmasi pendaftaran akun.

Setelah membuat akun, proses sinkronisasi akan dijalankan secara otomatis setiap kali anda mengetik atau melakukan perubahan seperti misalnya mengganti tag. Dalam hal ini tidak ada opsi yang disediakan untuk mengatur sinkronisasi.

Sidebar yang dapat disembunyikan

Bagian utama Simplenote terdiri dari sidebar dan editor. Sidebar memuat judul catatan, sedangkan editor adalah tempat dimana anda membuat catatan. Agar lebih nyaman dalam mengetik, anda bisa menyembunyikan sidebar sehingga area editor menjadi lebih lapang.

Pengurutan catatan

Semua catatan diurutkan berdasarkan tanggal perubahan terbaru, tapi bisa juga diurutkan dengan menggunakan parameter lain seperti tanggal pembuatan atau berdasarkan abjad. Pengurutannya pun dapat dimulai dari awal hingga akhir (A – Z) atau sebaliknya (Z – A).

Pengurutan yang demikian tentunya memudahkan pengguna dalam menjelajahi semua catatan yang ada, tapi dari sekian banyaknya catatan, mungkin ada beberapa yang ingin selalu ditampilkan pada bagian paling atas. Untuk itulah fitur Pin to top disediakan. Fitur ini letaknya tersembunyi di dalam menu Info pada pojok kanan atas.

Penambahan tag

Tag berguna untuk mengelompokkan catatan berdasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, semua tugas kuliah diberi tag Tugas, catatan yang berisi daftar belanja diberi tag Shopping, sedangkan artikel-artikel dikelompokkan ke dalam tag Artikel. Untuk menampilkan semua tag yang ada, anda harus mengklik tombol menu yang terletak di pojok kiri atas.

Download Simplenote Terbaru

Untuk mengantisipasi terjadinya masalah saat proses sinkronisasi yang mungkin saja akan mengakibatkan hilangnya sebagian data, anda bisa backup secara manual dengan menggunakan fitur Export yang ada di dalam menu File. Semua catatan yang di backup akan dipak dalam format .zip.

Fitur Simplenote lainnya yaitu word count untuk menghitung jumlah kata dan karakter dalam sebuah catatan, pembuatan checklist, print, history untuk kembali ke versi catatan yang sebelumnya, serta fitur untuk mempublikasikan catatan sebagai halaman web dan membagikan catatan dengan pengguna lain untuk dikerjakan bersama. Download Simplenote terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...

Leave a Reply

Send this to a friend