Download Cdex 2.19

Download Cdex Terbaru Developer: Cdex
OS: Windows
Lisensi: Open Source
Ukuran: 21MB


Teknologi penyimpanan audio sekarang ini sudah jauh berbeda daripada yang dulu. Sekarang anda tidak perlu lagi membawa walkman dengan beberapa kaset untuk mendengarkan musik sambil beraktivitas di luar rumah. Anda juga tidak perlu lagi direpotkan dengan pita kaset yang mendadak kusut. Cukup dengan berbekal sebuah smartphone, anda bisa mendengarkan lagu MP3 sebanyak mungkin sampai baterai smartphone habis.

Lagu-lagu MP3 itu sendiri bisa diunduh dari internet atau diambil dari CD audio. Dengan menggunakan teknik ripping yang juga dikenal dengan istilah digital extraction, semua lagu di dalam CD audio dapat dipindah dan disimpan dalam format MP3 di PC, laptop, tablet dan smartphone. Sedangkan untuk melakukan ripping anda bisa menggunakan software yang bernama Cdex.

Fitur dan Keunggulan Cdex

Download Cdex Terbaru

Tampilan Cdex Terbaru

Cdex adalah freeware yang dikembangkan khusus untuk ripping CD audio. Format yang didukungnya tidak hanya sebatas pada MP3 saja. Format lainnya seperti WAV, Forbis, Ogg Vorbis, AAC, FLAC, APE, dan WMA juga didukung oleh Cdex. Berbagai encoder pun turut disertakan. Software ini dapat anda gunakan pada komputer berbasis Windows XP hingga Windows 10.

Begitu anda memasukkan CD audio, Cdex akan mendeteksi lagu-lagu yang ada di dalam CD tersebut dan menampilkannya di dalam daftar track. Di dalam daftar itu anda bisa melihat beberapa informasi seperti judul lagu, start time, play time, size dan status. Judul setiap track juga dapat dirubah secara manual dengan menekan tombol F2 pada keyboard.

Di sisi sebelah kanan, terdapat sebuah sidebar yang memuat beberapa opsi untuk ekstrak track ke WAV, ekstrak CD ke file audio selain WAV, ekstrak sebagian isi CD ke WAV atau format lainnya, konversi WAV ke file audio lainnya, konversi file audio ke WAV, dan yang terakhir adalah opsi untuk mengunduh informasi album dari freedb.

Cdex bisa diatur lebih lanjut melalui menu Configure. Misalnya, mengubah prioritas thread dari normal menjadi above normal atau highest untuk mempercepat proses encoding, memilih encoder, menentukan nilai minimal dan maksimal untuk bitrate, memilih kualitas VBR (Variable Bit Rate), mengatur format nama file, dan normalisasi volume audio.

Download Cdex Terbaru

Semuat fitur Cdex yang sudah disebutkan di atas disertai pula dengan sebuah audio player. Kemampuan audio player ini terbatas karena hanya ditujukan untuk meninjau file-file audio yang ada di dalam daftar track. Anda hanya bisa play, pause, stop, fast forward, fast rewind, serta skip (meloncat) ke track sebelumnya atau selanjutnya.

Sedangkan untuk proses ripping itu sendiri sebenarnya sangat sederhana. Pada dasarnya ada tiga langkah utama yang perlu dilalui. Memasukkan CD audio, memilih opsi ekstrak CD ke MP3, dan kemudian menjalankan proses ekstrak. Pada intinya, Cdex menyediakan cara yang cukup praktis untuk mengekstrak semua lagu anda dari CD audio. Download Cdex terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend