Contoh Kutipan Langsung dan Tidak langsung

Kumpulan Contoh Kutipan Langsung dan Tidak langsung yang Benar

Dalam mempelajari bahasa indonesia tentu akan ada banyak materi mengenai kalimat dan kutipan. Sehingga perlu diperhatikan dengan seksama ketika sedang mempelajari hal tersebut.

Belajar bahasa Indonesia akan lebih mudah jika menggunakan contoh-contoh yang mudah dimengerti. Pembelajaran mengenai bahasa Indonesia yang diajarkan di sekolah akan menjadi mudah dipahami jika dianalogikan dengan kalimat-kalimat yang mudah.

Berikut merupakan beberapa contoh mengenai kutipan yang dibedakan menjadi 2 yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung:

Kutipan Langsung

Contoh Kutipan Langsung

Kutipan langsung merupakan jenis kalimat yang ditulis kembali oleh penulis, dimana kalimat yang dituliskan adalah kalimat yang sama persis dengan kalimat aslinya. Sehingga peran penulis hanya menuliskan kembali apa yang disampaikan oleh penulis kutipan asli. Kutipan langsung bisa disebut dengan kutipan asli dari penulis pertama, hal ini dikarenakan kelimat yang dikutip adalah kalimat yang asli tanpa pengurangan dan penambahan kalimat pada kutipan tersebut.

Ciri-Ciri Kutipan Langsung

Dalam bahasa indonesia, kutipan langsung memiliki ciri-ciri yang bisa dibedakan dengan mudah. Berikut merupakan ciri-ciri kutipan langsung:

  • Teks yang dikutip adalah teks asli, tidak ada penambahan atau pengurangan kalimat
  • Titik tiga berspasi menunjukkan adanya kata-kata asli yang dihilangkan
  • Menuliskan catatan kaki (footnote) sebagai penanda sumber referensi kutipan
  • Menggunakan style APA (American Psychological Association) atau MLA (Modern Language Association). APA style adalah jenis style kutipan yang digunakan ketika teks yang akan dikutip melebihi 40 kata. Sedangkan MLA style adalah jenis style kutipan yang digunakan jika teks yang akan dikutip melebihi 4 baris. Dengan adanya kedua jenis style kutipan tersebut dapat membantu anda mempermudah melakukan pengutipan teks dari sumber manapun.

Contoh Kutipan Langsung

Untuk mempermudah pemahaman mengenai kutipan langsung, berikut terdapat beberapa contoh kutipan langsung:

  • Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara (Keraf, 1983: 3)
  • Menurut teorema Noether, bahwa hukum kekekalan energi adalah akibat daripada hukum fisika tidak dapat berubah terhadap waktu.1

1Lofts, G; O’Keeffe D; et al. (2004). “11 — Mechanical Interactions”. Jacaranda Physics 1 (edisi ke-2). Milton, Queensland, Australia: John Willey & Sons Australia Ltd. hlm. 286

  • Dikutip dari Wold Wide Consortium 2008, Web adalah kumpulan dokumen yang saling berhubungan (halaman web) dan sumber daya web lainnya, dihubungkan oleh hyperlink dan URL.
  • Dikutip dari webopedia.com bahwa HTTP adalah bahasa yang digunakan di Web untuk transfer informasi, namun itu hanyalah salah satu dari banyak bahasa atau protokol yang dapat digunakan untuk komunikasi di Internet.2

2“The Difference Between the Internet and the World Wide Web”. Webopedia.com. QuinStreet Inc. 2010-06-24.

Kutipan Tidak langsung

Contoh Kutipan Tidak Langsung

Kutipan tidak langsung merupakan jenis kalimat yang ditulis kembali yang disesuaikan dengan bahasa sendiri. Sehingga teks yang dikutip mungkin akan terlihat berbeda dengan teks aslinya, karena penulis melakukan parafrase pada teks tersebut.

Pengutipan secara tidak langsung banyak digunakan untuk menghindari plagiarisme. Sehingga banyak penulis menulis kutipan secara tidak langsung dan menambahkan sumber referensi dari teks yang dikutip.

Ciri-Ciri Kutipan Tidak Langsung

Dalam bahasa indonesia, kutipan tidak langsung memiliki ciri-ciri yang bisa dibedakan dengan mudah. Berikut merupakan ciri-ciri kutipan tidak langsung:

  • Teks yang dikutip tidak akan sama persis dengan teks asli (Penulis melakukan parafrase pada teks yang akan dikutip)
  • Pendapat yang disampaikan di teks asli tetap sama artinya dengan teks kutipan
  • Teks yang dikutip akan disampaikan dengan bahasa dan gaya penulisan sendiri sesuai dengan masing-masing penulisnya
  • Selalu dicantumkan sumber referensi untuk setiap kutipan tidak langsung yang dibuat

Contoh Kutipan Tidak Langsung

Untuk mempermudah pemahaman mengenai kutipan tidak langsung, berikut terdapat beberapa contoh kutipan tidak langsung:

  • Tombol navigasi merupakan jenis tombol yang dapat digunakan pembaca blog untuk menemukan informasi yang dibutuhkan pembaca dari sebuah blog. 1 Sehingga dengan adanya tombol navigasi, pencarian informasi dapat ditemukan dengan mudah dan cepat.

1Wahyu Sya’ban, Build Your Blogger XML Template, (Yogyakarta, ANDI, 2010), hlm 197.

  • Menurut Lipsey (1998), berpendapat bahwa ilmu ekonomi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari masyarakat baik itu kelompok atau individu dalam membuat keputusan menggunakan sumber daya yang terbatas seperti materi dan uang untuk memenuhi kebutuhan mereka yang tak terbatas.
  • Keraf (1983) berpendapat bahwa argumentasi merupakan pendapat yang disampaikan secara lisan ataupun tertulis untuk meyakinkan pendapat yang diutarakan dan dapat mempengaruhi keyakinan orang lain.

Perbedaan Kutipan Langsung dan Tidak Langsung

Kutipan langsung dan tidak langsung memiliki perbedaan yang signifikan. Meskipun jenis kutipan hampir mirip, namun penyampaiannya akan berbeda. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kutipan langsung dan tidak langsung:

Gaya bahasa penulisan

Kutipan langsung harus ditulis sama persis dengan teks asli. Sedangkan pada kutipan tidak langsung, teks yang dikutip boleh ditulis sesuai dengan gaya bahasa penulis, namun masih memiliki arti teks yang sama.

Sumber referensi

Kutipan langsung ditulis dengan mencantumkan sumber referensi pada akhir atau juga bisa diletakkan setelah nama penulis asli. Sedangkan untuk kutipan tidak langsung, sumber referensi dicantumkan diakhir kalimat menggunakan angka kecil dibagian atas (supperscript).

Pengunaan tanda (….)

Kutipan langsung diperbolehkan menambahkan tanda (. . .) untuk menunjukkan adanya kata yang dihilangkan dari teks asli. Sedangkan pada kutipan tidak langsung tidak perlu menggunakan tanda tersebut.

Dengan adanya pengetahuan mengenai kutipan langsung dan kutipan tidak langsung ini akan mempermudah anda dalam mempelajari bahasa Indonesia dengan mudah. Belajar kalimat akan menjadi lebih menyenangkan karena dilakukan dengan contoh-contoh yang mudah dipahami dan dimengerti. Pembelajaran bahasa indonesia ini menjadi lebih detil dan lengkap sehingga dapat mempersingkat waktu pemahaman karena semua tersedia dalam satu artikel saja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend